Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Fungsi Vitamin untuk Tubuh si Kecil, Mums Sudah Tahu?

Fungsi Vitamin untuk Tubuh si Kecil, Mums Sudah Tahu?

Vitamin memiliki fungsi yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Kekurangan nutrisi vitamin pada si Kecil bisa menjadi salah satu masalah yang menghambat tumbuh kembangnya. Sama seperti asupan nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, lemak, dan mineral, asupan nutrisi vitamin si Kecil perlu Mums penuhi dengan baik.

Pada dasarnya, si Kecil telah mendapatkan nutrisi yang cukup dari ASI. Melalui pemberian ASI, Mums telah mencukupi kebutuhan protein, lemak, karbohidrat, dan kalsium pada tubuh si Kecil. Namun ketika si Kecil memasuki usia 6 bulan, ia membutuhkan nutrisi tambahan untuk tumbuh kembangnya. Salah satu nutrisi tambahan tersebut adalah vitamin.

Artikel ini akan memberikan informasi yang penting untuk Mums ketahui mengenai berbagai jenis vitamin dan fungsinya untuk tubuh si Kecil. Selain itu, ada juga informasi tentang waktu yang tepat dalam memberikan vitamin untuk si Kecil. Tanpa berlama-lama lagi, simak uraian lengkapnya dalam beberapa poin berikut ini.

Jenis Vitamin

Fungsi Vitamin untuk Tubuh si Kecil, Mums Sudah Tahu?

Secara umum, vitamin dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu vitamin larut dalam air dan vitamin larut dalam lemak. Saat si Kecil mengonsumsi vitamin yang larut dalam air, tubuh tidak akan menyimpan vitamin yang berlebih di dalam tubuh, melainkan akan mengeluarkannya melalui urine. Contoh vitamin yang larut dalam air adalah Vitamin B dan C.

Sementar vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan lebih lama di dalam tubuh. Perlu Mums ketahui, terlalu banyak mengonsumsi vitamin yang larut dalam lemak akan mengakibatkan penumpukan vitamin di dalam tubuh sehingga dapat membahayakan tubuh si Kecil. Jadi, Mums harus membatasi takaran pemberian vitamin yang larut dalam lemak. Contoh vitamin jenis ini adalah Vitamin A, D, E, dan K.

Fungsi Berbagai Jenis Vitamin untuk si Kecil

Fungsi Vitamin untuk Tubuh si Kecil, Mums Sudah Tahu?

Setiap jenis vitamin tentu memiliki fungsinya masing-masing untuk tubuh si Kecil. Pastikan Mums memberikan berbagai jenis vitamin agar tumbuh kembang si Kecil semakin optimal. Berikut adalah fungsi berbagai jenis vitamin yang bermanfaat untuk tubuh si Kecil.

Vitamin A

Jenis vitamin ini memiliki fungsi penting untuk mendukung perkembangan fungsi organ penglihatan dan menjaga kesehatan kulit si Kecil. Vitamin A juga berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses pertumbuhan tulang serta jaringan tubuh. Jadi, jangan sampai absen memberikan asupan Vitamin A untuk si Kecil ya, Mums!

Perlu Mums ingat, pemberian Vitamin A pada si Kecil harus disesuaikan dengan usianya. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah efek keracunan Vitamin A. Umumnya,  dosis pemberian Vitamin A untuk si Kecil yang berusia di bawah 1 tahun adalah 400 mcg.

Vitamin B

Terdapat beragam jenis Vitamin B. Namun, salah satu Vitamin B yang berperan penting untuk tumbuh kembang si Kecil adalah Vitamin B9 (asam folat). Asam folat merupakan vitamin B yang berperan untuk meningkatkan produksi sel-sel darah merah dan mempercepat pertumbuhan sel, menjaga kesehatan otot dan saraf, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh pada si Kecil. Normalnya, si Kecil membutuhkan asupan folat sekitar 65-80 mcg per hari.

Vitamin C

Jenis vitamin yang larut dalam air satu ini tidak kalah pentingnya untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Vitamin C memiliki fungsi dalam pembentukan dan perbaikan sel-sel darah merah, tulang, dan jaringan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting untuk menjaga kesehatan gigi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil. Takaran pemberian vitamin C untuk si Kecil minimal 40-50 mc per hari.

Vitamin D

Vitamin D berperan dalam membantu tubuh menyerap kalsium serta menjaga kesehatan tulang dan gigi si Kecil. Pastikan kebutuhan Vitamin D si Kecil terpenuhi ya, Mums! Sebab, kekurangan vitamin D pada si Kecil dapat mengakibatkan gangguan tulang seperti rakitis. Umumnya, si Kecil membutuhkan 8,5-10 mcg Vitamin D per hari.

Vitamin E

Vitamin E memiliki fungsi penting untuk kesehatan si Kecil. Jenis vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang dapat menunjang pertumbuhan sel dan perkembangan jaringan saraf serta otak. Vitamin E direkomendasikan untuk si Kecil dengan takaran pemberian sebanyak 4-5 mcg per harinya.

Vitamin K

Jenis vitamin yang larut dalam lemak satu ini berperan penting dalam proses pembekuan darah. Tanpa adanya Vitamin K, luka yang kecil sekalipun dapat terus mengeluarkan darah sehingga sulit untuk sembuh. Untuk mencukupi kebutuhan Vitamin K pada tubuh si Kecil, biasanya dokter akan memberikan suntikan Vitamin K saat si Kecil baru lahir. Namun, seiring pertumbuhannya, jangan lupa tetap penuhi kebutuhan Vitamin K untuk si Kecil ya, Mums. Biasanya si Kecil berusia 1-3 tahun membutuhkan asupan Vitamin K sekitar 2-2,5 mcg.

Waktu Tepat Memberikan Vitamin untuk si Kecil

Fungsi Vitamin untuk Tubuh si Kecil, Mums Sudah Tahu?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, si Kecil mulai membutuhkan nutrisi tambahan seperti vitamin ketika ia memasuki usia 6 bulan. Tepatnya, saat ia sudah mulai bisa dikenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Pemberian vitamin mulai bisa ditingkatkan saat si Kecil sudah memasuki usia 1-3 tahun. Mums bisa mencukupi kebutuhan nutrisi vitamin si Kecil melalui MPASI yang kaya akan berbagai jenis vitamin.

Baca Juga: 4 Opsi Menu MPASI 6 Bulan untuk si Kecil, Mana yang Mums Pilih?

Kebutuhan nutrisi vitamin si Kecil juga bisa Mums dapatkan dari susu pertumbuhan. Friso Gold 3 hadir untuk melengkapi kebutuhan nutrisi si Kecil. Diperkaya ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zinc, Zat Besi, serta Selenium, susu pertumbuhan ini mampu menutrisi si Kecil sekaligus memperkuat daya tahan tubuhnya dari dalam. Friso Gold 3 dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi di dalam susu sehingga lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil. Tetap dukung si Kecil agar tetap kuat dari dalam dan mendapatkan tumbuh kembang yang optimal ya, Mums!