Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Hak Anak Di Rumah yang Wajib Dipenuhi, Mums Sudah Tahu?

Hak Anak Di Rumah yang Wajib Dipenuhi, Mums Sudah Tahu?

Memenuhi hak anak di rumah menjadi kewajiban dari Mums dan pasangan. Beberapa hak dasar yang sudah menempel pada diri si Kecil sejak ia lahir wajib dipenuhi agar si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Memang, banyak faktor yang mungkin bisa menghambat pemenuhan hak anak ini. Namun sebagai orang tua, Mums harus selalu mengupayakan agar hak dasar si Kecil senantiasa terpenuhi.

Penting untuk mengenalkan si Kecil pad kewajiban yang dimilikinya ketika ia sudah beranjak dewasa. Namun ketika si Kecil masih berada pada golden age, memenuhi hak dasarnya adalah poin penting yang wajib diperjuangkan.

Lalu apa saja hak anak di rumah yang sudah menempel padanya sejak ia lahir? Mums bisa simak di bawah ini untuk mendapatkan gambaran besarnya.

Hak Mendapat Asupan Nutrisi Setiap Hari

Hak Mendapat Asupan Nutrisi Setiap Hari

Hak anak di rumah yang pertama adalah untuk mendapatkan asupan nutrisi setiap hari, baik dari makanan, minuman, atau ASI yang Mums berikan. Mengapa ini menjadi hak si Kecil? Praktis karena tumbuh kembang si Kecil memerlukan nutrisi yang cukup setiap harinya. Lebih mendasar, karena ASI, makanan, dan minuman yang diberikan akan menjamin si Kecil bertahan hidup.

Ketika ia sudah lahir di dunia, bahkan sejak dalam kandungan, Mums memiliki tanggung jawab untuk merawat dan memastikan si Kecil mendapatkan asupan nutrisi harian yang cukup. Dengan demikian, ia bisa tumbuh dengan optimal dan benar-benar sesuai dengan kondisi ideal, sehingga si Kecil bisa terus bertahan, tumbuh, dan berkembang.

Jaminan Kesehatan Sepanjang Waktu

Selain jaminan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup setiap hari, si Kecil juga memiliki hak atas jaminan kesehatan sepanjang waktu, serta akses pada fasilitas kesehatan. Hal ini tentu dalam rangka menjaga stabilitas kondisi si Kecil dan menghindarkan si Kecil dari ancaman berbagai penyakit yang beresiko pada kesehatan, keselamatan, serta yang mengganggu tumbuh kembangnya.

Mums bisa dengan mudah mendatangi rumah sakit atau klinik terdekat. Negara juga sebenarnya sudah memberikan jaminan kesehatan pada warganya, dengan berbagai program yang diadakan. Untuk anak-anak sendiri, tersedia Pos Pelayanan Terpadu yang bisa menjadi fasilitas kesehatan untuk memonitor kondisi si Kecil, kecukupan nutrisi hariannya, serta memberikan imunisasi dan penanganan kesehatan awal jika ditemukan indikasi gangguan kesehatan.

Hak Anak Di Rumah : Jaminan Keamanan

Hak Anak Di Rumah : Jaminan Keamanan

Selalu memastikan si Kecil terlindung dari berbagai bentuk kekerasan selama ia beraktivitas juga menjadi hak yang menempel pada si Kecil. Sebagai karunia Tuhan yang dititipkan pada Mums, tentu hal ini wajib dilakukan. Tidak hanya agar memberikannya rasa aman dan nyaman, tapi juga demi membantu tumbuh kembang mental yang sehat pada diri si Kecil.

Beragam kekerasan kini senantiasa mengintai si Kecil, mulai dari kekerasan fisik, kekerasan verbal, kekerasan psikis, hingga bentuk kekerasan lain yang tidak terlihat namun dapat dirasakan. Ini mengapa, penting untuk Mums selalu mendampingi si Kecil pada setiap aktivitasnya, terutama pada usia-usia awal kehidupan si Kecil, guna memastikan ia aman dari berbagai ancaman tersebut.

Kesejahteraan Hidup

Hak anak di rumah yang keempat adalah hak untuk mendapatkan kesejahteraan hidup. Hak ini secara langsung menuntut agar si Kecil selalu merasa nyaman dan tidak merasa kesulitan selama berada di rumah. Bisa mengenakan pakaian, mengkonsumsi makanan bernutrisi, serta mendapatkan tempat berteduh yang layak.

Si Kecil juga memerlukan waktu rekreasi untuk tetap menjaga kesehatan mentalnya. Sama seperti orang dewasa, terkadang anak-anak juga mengalami stres dan rasa jenuh. Maka Mums bisa mengajaknya bermain sehingga bisa mengembalikan mood si Kecil, dan si Kecil bisa kembali semangat beraktivitas.

Hak untuk Bermain

Hak untuk Bermain

Menjadi hak anak di rumah yang terakhir dalam artikel ini, hak untuk bermain. Ya, bermain menjadi hak dasar anak-anak, karena bermain merupakan kegiatan rutin sekaligus cara si Kecil belajar berbagai hal untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Dengan bermain secara rutin, si Kecil akan senantiasa mendapat rangsangan pada berbagai kemampuan dasar yang wajib dimilikinya.

Bermain mampu merangsang perkembangan kemampuan motorik, kemampuan bersosial, kemampuan berkomunikasi, pembentukan karakter, dan lain sebagainya. Maka dari itu, wajib untuk Mums selalu memenuhi hak anak di rumah yang satu ini dengan mengajak si Kecil bermain dan senantiasa mendampinginya ketika bermain.

Baca Juga :Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Selama New Normal

Hak anak di rumah memang menjadi hal yang wajib dipenuhi oleh Mums, atau setidaknya diusahakan sebaik mungkin. Pada masyarakat modern, agaknya pemenuhan hak dasar ini tidak lagi menjadi masalah selama Mums dapat mengatur waktu dengan baik. Untuk mengoptimalkan pemenuhan hak anak di bidang nutrisi harian, pemilihan makanan jadi kunci utamanya. Selain itu, tambahkan juga Friso Gold 4 yang memiliki kandungan nutrisi lengkap, untuk menunjang pemenuhan nutrisi harian. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga mudah diserap tubuh si Kecil dan memaksimalkan fase tumbuh kembangnya. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang