Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Hal-hal yang Harus Diketahui Moms Saat Hamil 8 Bulan

Hal-hal yang Harus Diketahui Moms Saat Hamil 8 Bulan

Melewati usia kehamilan hingga hamil 8 bulan tentu bukan hal mudah bagi Moms. Tentunya Moms perlu mengetahui bagaimana perkembangan janin saat hamil 8 bulan di dalam kandungan.

Saat hamil 8 bulan itu artinya hari yang ditunggu-tunggu oleh Moms semakin dekat. Oleh karena itu, mari simak bagaimana sebenarnya perkembangan janin saat hamil 8 bulan di dalam kandungan.

Di usia hamil 8 bulan, perkembangan tubuh janin dalam rahim Mums kira-kira sudah sebesar labu dengan berat yang diperkirakan sudah bertambah menjadi 1,1 kilogram, dan memiliki panjang sekitar 38 cm (dari kepala hingga kaki).

Hamil Minggu ke-29

Di usia kehamilan ini, penglihatan calon bayi sudah lebih fokus karena organ matanya sudah bisa mengatur banyaknya cahaya yang masuk. Ukuran janin di usia ini memiliki berat sekitar 1,150 gram dengan panjang sekitar 38,6 cm.

Paru-paru dan otot janin juga sudah semakin matang, kemudian bentuk kepalanya sudah tumbuh lebih besar untuk memberi ruang bagi otak agar berkembang. Bagian otak bayi tang terkait dengan kecerdasan dan kepribadian juga semakin kompleks.

Di usia hamil 8 bulan, khususnya di minggu ke-29 ini, janin yang sehat akan terus aktif menendang dan bergerak di dalam rahim Moms. Pastikan Moms memerhatikan tendangan bayi dan amati jam-jam di mana bayi aktif bergerak.

Perubahan tubuh pada Moms juga terjadi di usia kehamilan 29 minggu. Salah satu bagian tubuh yang mengalami perubahan adalah bagian punggung karena membesarnya perut akan menimbulkan tekanan berlebih kepada bagian belakang tubuh. Kondisi ini menyebabkan Moms sangat rentan mengalami nyeri punggung.

Selain nyeri, sembelit dan mulas biasanya mengiringi masa hamil 8 bulan di minggu 29. Mulas dan sembelit umumnya terjadi akibat hormon progesteron saat hamil. Hormon ini akan melemahkan jaringan otot polos seluruh tubuh Moms, termasuk saluran pencernaan.

Hamil Minggu ke-30

Di usia hamil 8 bulan pada minggu 30, ukuran tubuh bayi mulai berkembang dengan memiliki ukuran seperti kubis besar. Pada masa kehamilan ini ukuran bayi memiliki panjang 39,9 cm dengan berat sekitar 1,3 kg.

Perkembangan lain pada bayi akan terjadi pada bagian pupil mata yang sudah mulai bekerja seperti mengecil saat menerima rangsangan cahaya. Kuku jari dan tangan bayi pun sudah mulai tumbuh dengan lengkap.

Nah, di usia hamil 8 bulan pada minggu ke-30, janin sudah mulai memutar tubuhnya dengan kepala menghadap ke bawah rahim sebagai persiapan untuk kelahiran. Bayi pun sudah mulai memiliki siklus tidur dan bangin dengan otak yang hampir sama dengan bayi yang baru lahir.

Perubahan juga dirasakan pada tubuh Moms saat memasuki usia kehamilan ini yang umumnya merasakan sensasi perih dan panas di dada atau yang dikenal dengan heartburn. Kondisi tersebut sering muncul ketika Moms makan dengan porsi banyak atau makanan berminyak, pedas, atau asam.

Masalah ini dapat membuat aktivitas Moms tidak nyaman dan berpotensi menyebabkan insomnia. Oleh karena itu hindari makanan-makanan yang bisa memicu asam lambung agar tubuh Moms tetap nyaman dan tak mengganggu perkembangan janin.

Perkembangan janin di usia hamil 8 bulan juga kerap diiringi dengan pembengkakan pada tubuh Moms. Bengkak ini bisa terjadi di bagian pergelangan kaki, jari kaki, betis, hingga tangan Moms. Namun, bengkak yang terjadi secara perlahan umumnya normal. Jika bengkak terjadi cukup drastis, dikhawatirkan bisa mengganggu perkembangan janin.

Selain bengkak, perubahan lain yang dirasakan Moms saat hamil 8 bulan di usia janin 30 minggu adalah sesak nafas. Ukuran janin yang semakin besar akan menekan bagian atas tubuh Moms terutama paru-paru dan diafragma yang membuat sesak nafas.

Untuk menghindari kondisi ini, usahakan Moms duduk dengan posisi setegak mungkin setiap gejala sesak nafas dirasakan. Postur tubuh Moms yang tepat akan memberikan ruang lebih banyak kepada paru-paru. Biasakan juga untuk memiringkan badan ke sisi kiri setiap tidur agar sirkulasi udara tetap baik.

Hamil Minggu ke-31

Di minggu ke-31, ukuran janin sudah membesar seperti buah kelapa dengan memiliki panjang 41,1 cm dan berat 1,5 kilogram. Di usia ini pula, kelamin dari janin mulai terbentuk. Jika janin Moms seorang laki-laki, maka testisnya akan bergerak melalui selangkangan menuju skrotum. Jika janin berjenis perempuan, klitorisnya sudah terbentuk.

Pada masa hamil 8 bulan di minggu ke-31 ini, proporsi lengan, kaki, dan tubuh janin sudah sesuai dengan pertumbuhan kepala. Organ-organ janin pun terus mengalami perkembangan termasuk kandung kemihnya. Di fase ini, sumsum tulang belakang janin juga sudah memproduksi sel darah merah dan hatinya telah berfungsi.

Perubahan pada tubuh Moms juga dirasakan di masa kehamilan ini seperti frekuensi buang air kecil yang lebih sering. Hal ini disebabkan karena janin akan menekan kandung kemih yang memiliki kapasitas penyimpanan urin.

Umumnya Moms juga akan sering merasakan sakit kepala, usahakan untuk lebih sering menenangkan diri. Selain itu, payudara Moms di usia kehamilan ini sudah mampu memproduksi kolostrum yang merupakan cairan pra-susu dan kaya kalori untuk bayi.

Hamil Minggu ke-32

Di usia hamil 8 bulan pada minggu ke-32, ukuran janin mengalami perkembangan menjadi seperti sawi putih dengan panjang 42,4 cm dan berat sekitar 1,7 kilogram. Di fase ini, semua organ utama pada janin sudah berfungsi penuh, kecuali paru-paru.

Sambungan lempeng tulang tengkorak janin juga terus mengalami perkembangan, sementara tulang bagian lainnya sudah mulai mengeras. Selain pada janin, perkembangan dan perubahan pada tubuh Moms juga terjadi di fase kehamilan 8 bulan ini.

Moms akan menyadari adanya kebocoran pada payudara karena kolostrum. Gunakan pula bra untuk ibu menyusui agar membuat Moms lebih merasa nyaman. Moms juga masih akan kesulitan menahan buang air kecil karena perut semakin turun hingga ke panggul.

Tips Saat Hamil 8 Bulan

Melewati fase hamil 8 bulan tentu bukan hal yang mudah bagi Moms, agar semakin lancar melewati fase ini Moms sebaiknya mulai lebih fokus untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan terakhir kehamilan karena proses persalinan akan datang sebentar lagi.

Mulailah dengan menentukan akan melakukan proses persalinan di mana dan menggunakan metode persalinan seperti apa. Moms bisa memilih melakukan persalinan secara normal atau dengan caesar.

Berolahraga juga penting bagi Moms di usia hamil 8 bulan seperti berjalan kaki, melakukan yoga, latihan pernafasan, senam kegel ataupun berenang. Namun, pastikan Moms tidak terlalu memforsir tenaga agar tubuh tetap bugar.

Pastikan pula untuk mendapat asupan makanan yang bernutrisi serta cukupi waktu istirahat Moms saat hamil 8 bulan. Selain itu, pastikan Moms menghindari stres dan rasa cemas dengan melakukan hal-hal yang Moms senangi atau menyibukkan diri dengan menyiapkan segala kebutuhan bayi dan kebutuhan untuk bersalin.

Jangan lupa untuk mengonsumsi Frisomum Gold Dualcare+ selama masa kehamilan ya, Mums. Kandungan nutrisi yang lengkap dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga kondisi tubuh senantiasa terjaga. Semangat selalu menjalani masa kehamilan, Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang