Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Hal Penting dalam 1000 HPK Usia si Kecil, Mums Wajib Paham!

Hal Penting dalam 1000 HPK Usia si Kecil, Mums Wajib Paham!

Mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, tidak dimulai sejak ia lahir dan hadir di dunia. Upaya memaksimalkan tumbuh kembang justru dimulai sejak hari pertama Mums mengandung, hingga pada usia dua tahun. Ini disebut dengan 1000 HPK atau 1000 hari pertama kehidupan. Segala jenis stimulus dan nutrisi yang diberikan pada fase ini berpengaruh secara signifikan pada masa depan si Kecil.

Ini juga yang menjadi sebab mengapa pemenuhan nutrisi harian sudah harus dilakukan sejak masa kehamilan. Jadi, tepat ketika Mums menyadari bahwa Mums tengah mengandung si Kecil, maka pola hidup sehat serta konsumsi makanan bernutrisi lengkap harus diterapkan.

Setelah si Kecil lahir, hingga usia dua tahun, ada fase kedua dari 1000 HPK ini. Pada fase ini, hal-hal seperti imunisasi, stimulus, hingga makanan pendamping ASI dan pengenalan makanan padat dilakukan. Pada usia hingga dua tahun inilah tubuh si Kecil dirangsang untuk dapat memiliki daya tahan yang baik serta mampu memiliki kemampuan koordinasi yang optimal.

Nutrisi Lengkap dan Cukup Setiap Hari

Hal Penting dalam 1000 HPK Usia si Kecil, Mums Wajib Paham!

Mempersiapkan 1000 HPK usia si Kecil harus memperhatikan dengan cermat asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh Mums. Pada masa kehamilan dan menyusui tubuh Mums akan mengalami banyak perubahan, bersamaan dengan meningkatnya jumlah asupan nutrisi yang diperlukan. Beberapa nutrisi seperti Asam Folat dan Zat Besi menjadi sangat penting. Nah, berikut beberapa nutrisi yang harus dipenuhi selama masa kehamilan dan menyusui.

Asam Folat

Pada masa kehamilan, Asam Folat jadi nutrisi yang penting untuk selalu dicukupi. Asupan Asam Folat dapat membantu tumbuh kembang janin, sehingga ia dapat memiliki ‘modal’ yang baik ketika dilahirkan nantinya. Untuk mencukupi nutrisi ini, Mums bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai makanan atau suplemen apa yang sekiranya cocok.

Zat Besi

Untuk membantu mengoptimalkan kerja sel darah merah dalam menghantarkan nutrisi ke setiap bagian tubuh Mums dan janin, asupan Zat Besi juga harus dipastikan. Mums bisa mengkonsumsi makanan seperti daging merah, berbagai jenis ikan, hingga sayuran yang kaya akan Zat Besi.

Omega 3 dan DHA

Tentu dua nutrisi ini menjadi nutrisi yang mungkin paling dikenal, karena setiap susu pertumbuhan atau susu kehamilan selalu mengedepankan nutrisi ini. Dua nutrisi ini, dalam perannya di 1000 HPK si Kecil, berperan besar dalam perkembangan otak janin sejak dalam kandungan dan mengoptimalkan perkembangan sel otak ketika si Kecil sudah lahir ke dunia. Makanan yang kaya akan dua nutrisi ini adalah jenis ikan.

Lemak dan Minyak

Sebagai salah satu bahan esensial pembentukan janin dan plasenta, Lemak juga memiliki peran sebagai sumber energi yang baik bagi Mums dan janin. Di samping itu, Mums juga memerlukan asupan minyak esensial dari berbagai sumber nabati, sehingga perkembangan janin bisa optimal dan kondisinya stabil.

Kalsium dan Vitamin D

Dikenal luas memiliki peran besar dalam pembentukan tulang dan gigi, asupan Kalsium dan Vitamin D harus diperhatikan dengan baik. Mums bisa mendapatkan nutrisi ini dari berbagai produk susu dan olahannya. Tentu, sebelumnya Mums harus memastikan bahwa Mums tidak memiliki alergi pada bahan makan tersebut.

Memberikan ASI Eksklusif

Menjadi bahan makanan yang paling direkomendasikan untuk si Kecil ketika ia baru lahir hingga usianya 2 tahun, ASI adalah sumber nutrisi yang dapat dikatakan sangat lengkap dan memenuhi kebutuhan harian si Kecil. Meski demikian, pada usia 6 bulan ke atas, Mums sudah dapat mengenalkannya pada MPASI karena asupan nutrisi dan energi yang didapatkan dari ASI perlu mendapatkan sokongan dari sumber lain.

Bukan karena ASI berkurang kualitasnya, namun lebih kepada meningkatnya kebutuhan energi dan nutrisi dari tubuh si Kecil untuk terus tumbuh dan berkembang.

Imunisasi Tidak Boleh Terlambat

Hal Penting dalam 1000 HPK Usia si Kecil, Mums Wajib Paham!

Selain asupan nutrisi dan energi yang harus diperhatikan, baik ketika masa menyusui atau masa kehamilan, Mums juga tidak boleh melupakan imunisasi wajib pada 1000 HPK usia si Kecil. Imunisasi ini wajib diberikan agar si Kecil terhindar dari penyakit dan virus yang memiliki resiko tinggi mengganggu kesehatan, bahkan keselamatan si Kecil.

Daftar imunisasi dasar ini bisa dengan mudah Mums dapatkan di Posyandu, konsultasi dengan dokter, atau dengan klik di sini. Tentu, meski disebut imunisasi wajib, ada baiknya jika Mums berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar dapat disesuaikan dengan keadaan si Kecil.

Manfaat Jangka Panjang

Hal Penting dalam 1000 HPK Usia si Kecil, Mums Wajib Paham!

1000 HPK si Kecil wajib diperhatikan setiap rangsangan, asupan nutrisi, dan kesehatannya. Pasalnya, pada usia ini elemen dasar kehidupan dibentuk dan harus dioptimalkan. Hal ini disebabkan karena banyak hal yang bergantung pada optimalnya tumbuh kembang si Kecil pada usia ini.

Jika diperhatikan dan dioptimalkan, maka idealnya si Kecil akan tumbuh jadi anak yang sehat, kuat, dan pintar. Kembali lagi, hal tersebut adalah acuan ideal yang diberikan sebagai gambaran umum. Jika misalnya si Kecil tidak tumbuh sesuai dengan apa yang disebutkan, tidak berarti ia mengalami kelainan. Hal ini mengingat setiap anak adalah unik dan memiliki kondisinya masing-masing.

Baca Juga : 5 Tips Jitu Agar Persalinan Normal Berjalan Lancar

Memaksimalkan tumbuh kembang pada 1000 HPK usia si Kecil adalah hal wajib. Untuk membantu memenuhi nutrisi pada masa ini, Mums bisa mengkonsumsi Frisomum Gold Dualcare+, dan juga memberikan Friso Gold 3 ketika usia si Kecil sudah satu tahun. Segala kualitas terbaik dari alam senantiasa dijaga agar mudah diserap oleh tubuh, sehingga memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh dengan optimal!