Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Hamil 7 Bulan Perkembangan Bayi dan Hal-hal yang Harus Dilakukan Mums-friso.jpg

Hamil 7 Bulan: Perkembangan Bayi dan Hal-hal yang Harus Dilakukan Mums

Melewati usia kehamilan hingga hamil 7 bulan tentu bukan hal mudah bagi Mums. Tentunya Mums perlu mengetahui bagaimana perkembangan janin saat hamil 7 bulan di dalam kandungan.

Saat hamil 7 bulan itu artinya hari yang ditunggu-tunggu oleh Mums semakin mendekat. Oleh karena itu, mari simak bagaimana sebenarnya perkembangan janin saat hamil 7 bulan di dalam kandungan.

Hamil Minggu ke-25

Di usia kehamilan ini, otak depan bayi sudah berkembang pesat dan kelopak matanya perlahan sudah membuka dan retinanya pun sudah terbentuk. Selain itu, indra pendengarannya juga makin baik. Ukuran janin di usia ini memiliki berat sekitar 660-680 gram dengan panjang sekitar 34,6 cm.

Pada usia kehamilan 7 bulan di minggu ke-25 ini pula calon bayi sudah cukup aktif bergerak dengan melakukan gerakan berbalik kemudian tidur untuk memulihkan staminanya. Kulit bayi pun mulai mulus dan rambutnya sudah mulai tumbuh, sehingga terlihat seperti bayi yang baru lahir.

Mums bisa memerhatikan jadwal bayi ketika bergerak di dalam kandungan dan kapan dia beristirahat. Mums bisa melakukan ini sambil berdiam diri tanpa melakukan aktivitas apapun sehingga Mums bisa lebih fokus merasakan gerakan bayi.

Mums juga bisa mulai sering mengajak berbicara karena di usia kehamilan 25 minggu, pendengaran bayi mengalami perkembangan pesat sehingga sudah bisa mendengar suara Mums.

Perubahan pada tubuh Mums juga terjadi di usia kehamilan 25 minggu. Salah satu yang biasa dialami hampir setengah ibu hamil adalah pembengkakan dan pembuluh darah gatal di rektum karena rahim lebih besar dan menekan ke bawah.

Kondisi tersebut menyebabkan aliran darah ke area itu sehingga memicu tumbuhnya wasir. Jika kondisinya parah, kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan di dubur dan membuat Mums tidak nyaman. Di usia kehamilan 25 minggu, wasir bisa diperparah dengan sembelit.

Oleh karena itu, Mums perlu menambah asupan cairan dan serat untuk mengatasi kondisi tersebut. Mums bisa mengonsumsi sayuran, buah, dan biji-bijian yang merupakan makanan kaya serat sebagai pencegah.

Selain itu, di usia hamil 25 minggu, hormon progesteron di dalam tubuh Mums akan memperlambat pengosongan lambung dan melemaskan pintu masuk katup lambung. Kondisi ini bisa menyebabkan asam lambung ibu hamil naik ke kerongkongan yang dapat menimbulkan refluks atau sering disebut heartburn.

Hamil Minggu ke-26

Di usia hamil 7 bulan, khususnya minggu ke-26, denyut jantung bayi semakin terdengar dengan nafas yang lebih teratur. Umumnya bayi di usia kehamilan ini akan berukuran 35,61 cm dengan berat 760 gram.

Pada usia kehamilan ini, mata bayi juga sudah mulai membuka bahkan berkedip. Selain itu, bulu mata dan rambut di kepala calon bayi Mums semakin bertumbuh lebat. Sistem pendengaran bayi juga sudah mulai berkembang dan terbentuk sempurna di usia kehamilan 26 minggu.

Oleh karena itu, Mums juga bisa mulai sering mengajak berbicara karena di usia kehamilan 26 minggu, pendengaran bayi mengalami perkembangan pesat sehingga sudah bisa mendengar suara Mums.

Perubahan pada tubuh Mums juga akan terjadi yang salah satunya pusar Mums akan semakin menonjol. Kandungan Mums juga akan semakin membesar dan posisinya berada sekitar 6 cm di atas pusar. Stretchmark juga akan mulai terlihat di sekitar perut, paha, hingga lengan Mums di usia hamil 7 bulan khususnya minggu ke-26.

Di usia kehamilan ini pun Mums akan semakin rentan jatuh. Risiko ini terjadi karena perut yang semakin membesar sehingga pusat gravitasi tubuh bergeser ke depan perut. Risiko jatuh juga bisa disebabkan oleh persendian yang melemah sehingga menyebabkan tubuh tak stabil. Oleh karena itu Mums harus menghindari medan jalan yang tinggi atau curam.

Hamil Minggu ke-27

Perkembangan bayi cukup signifikan di usia hamil 7 bulan, khususnya minggu ke-27. Di minggu ini bayi memiliki ukuran panjang sekitar 36,60 cm dengan berat 880 gram. Tubuh bayi juga semakin gemuk karena timbunan lemak terus terakumulasi di bawah kulitnya.

Meski begitu, perkembangan fisik calon pada hamil 7 bulan di minggu ke-27 belum begitu sempurna. Beberapa organ seperti paru-paru, hati, dan sistem imunnya masih membutuhkan waktu untuk berkembang secara utuh.

Perubahan pada tubuh Mums juga akan terjadi yang salah satunya Mums sering mengalami kram kaki sehingga Mums disarankan untuk sering meregangkan kaki dan meminum banyak air. Selain itu, Mums juga cenderung merasakan nyeri punggung karena ukuran perut semakin berkembang.

Hamil Minggu ke-28

Perkembangan bayi di usia hamil 7 bulan, khususnya di minggu 28 semakin signifikan. Berat badan bayi di dalam rahim Mums bisa mencapai 1 kg dengan panjang 38 cm.

Posisi kepala bayi di usia kehamilan ini normalnya sudah mengarah ke bawah atau menuju vagina. Jika posisi bayi lurus dengan kaki mengarah ke bawah, posisi ini bisa disebut sungsang. Namun jangan khawatir karena bayi masih memiliki waktu untuk mengubah posisinya.

Perubahan pada tubuh Mums pada usia hamil 7 bulan di minggu ke-28 juga masif terjadi. Biasanya Mums akan sulit tidur karena masalah hormon dan saraf saat hamil. Salah satu cara untuk mengatasi sulit tidur ini adalah dengan berolahraga yang ringan sehingga badan Mums menjadi lelah agar bisa beristirahat di malam hari.

Selain itu, di usia kehamilan ini biasanya Mums akan merasakan kontraksi palsu. Kontraksi palsu ini hadir untuk melatih Mums menghadapi proses persalinan nanti. Beberapa ciri-ciri yang bisa dirasakan jika mengalami kontraksi palsu yaitu rasa sakit yang muncul tidak beraturan. Jika tidak yakin dengan kontraksi dengan dirasakan, Mums bisa berkonsultasi ke dokter kandungan untuk mendapat informasi lebih jelas.

Tips Saat Hamil 7 Bulan

Melewati fase hamil 7 bulan tentu bukan hal yang mudah bagi Mums, agar semakin lancar melewati fase ini Mums sebaiknya mulai lebih fokus untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan-bulan terakhir kehamilan karena proses persalinan akan segera datang.

Mulailah dengan lebih sering berkonsultasi dengan dokter kandungan setiap 2 minggu sekali. Pemeriksaan rutin ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bayi di kandungan dan Mums bisa mempersiapkan pertanyaan seputar kebiasaan bayi dan keluhan yang Mums rasakan.

Berolahraga juga penting bagi Mums di usia hamil 7 bulan seperti berjalan kaki, melakukan yoga, latihan pernafasan, senam kegel ataupun berenang. Namun, pastikan Mums tidak terlalu memforsir tenaga agar tubuh tetap bugar.

Pastikan pula untuk mendapat asupan makanan yang bernutrisi serta cukupi waktu istirahat Mums saat hamil 7 bulan. Selain itu, pastikan Mums menghindari stres dan rasa cemas dengan melakukan hal-hal yang Mums senangi atau menyibukkan diri dengan menyiapkan segala kebutuhan bayi dan kebutuhan untuk bersalin.

Jangan lupa untuk mengonsumsi Frisomum Gold Dualcare+ selama masa kehamilan, ya, Mums. Kandungan nutrisi yang lengkap dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga kondisi tubuh senantiasa terjaga. Semangat selalu menjalani masa kehamilan, Mums!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang