Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Hypnoparenting : Metode Pengasuhan Anak dengan ‘Hipnotis’

Hypnoparenting : Metode Pengasuhan Anak dengan ‘Hipnotis’

Metode dan cara mengasuh anak memang tidak dipelajari secara khusus melalui pendidikan formal. Mums yang telah memiliki buah hati, tentu memahami hal ini. Menjadi orang tua yang baik dan menerapkan pola asuh yang tepat membutuhkan waktu serta usaha yang tidak henti. Salah satu metode yang bisa Mums coba dan pelajari untuk mengasuh si Kecil adalah Hypnoparenting.

Metode hypnoparenting sendiri mungkin telah banyak diterapkan, baik secara sadar maupun tidak sadar. Metode ini memberikan paparan pada si Kecil, baik dengan kata-kata ataupun perbuatan yang diulang secara intens agar si Kecil dapat menirukan dan berbuat sesuai apa yang Mums inginkan.

Sederhananya, si Kecil adalah peniru yang piawai. Ketika si Kecil melihat atau mendapat perlakuan baik secara intens dan terus menerus, maka hal tersebut juga yang akan tertanam pada pikiran dan kelakuan si Kecil. Hal ini juga berlaku sebaliknya, ketika apa yang didengar dan didapatkan si Kecil adalah perlakuan kurang baik.

Ajakan dan Kata Positif

Penggunaan kata atau frasa serta kalimat positif menjadi praktek hypnoparenting paling sederhana. Cara ini, mungkin banyak dari Mums yang telah mempraktekkannya, adalah dengan mengganti berbagai ungkapan dan kata bersifat negatif dengan kata atau frasa dengan kesan positif.

Misalnya, alih-alin mengatakan ‘Jangan buang sampah sembarangan’, Mums bisa mengatakan ‘Yuk buang sampah pada tempatnya agar lingkungan jadi bersih dan indah’. Kedua kalimat ini memiliki maksud yang sama, agar si Kecil mau membuang sampah pada tempatnya, namun disampaikan dengan sedikit berbeda.

Kegiatan dan Perilaku Baik

Selanjutnya adalah mengenai apa yang si Kecil lihat dan praktekkan. Perilaku baik akan lebih mudah ditanamkan dengan memberikan contoh secara langsung. Contoh ini bisa diberikan pada si Kecil tepat setelah Mums memberikan ‘sugesti’ positif padanya. Misalnya saja ketika Mums sedang mengajaknya berwisata ke danau atau pegunungan, ajakan membuang sampah seperti pada poin pertama bisa langsung dipraktekkan.

Sesaat setelah mendapati si Kecil membuang sampah sembarangan, atau mungkin ketika Mums berjalan dan menemukan sampah tidak pada tempatnya, segera buang sampah tersebut pada tempatnya. Pastikan si Kecil melihat hal ini secara langsung, sehingga perilaku Mums membuang sampah pada tempatnya dapat tertanam.

Tentu pada prakteknya tidak sebatas pada membuang sampah saja, misalnya bisa dengan mengajak si Kecil untuk melaksanakan kegiatan sosial, atau kegiatan olahraga bersama. Selain bisa memberikan contoh dan sugesti positif untuk si Kecil, kegiatan luar ruang seperti ini sangat baik untuk merangsang tumbuh kembang fisiknya. Dengan demikian, Mums akan memberikan beberapa manfaat sekaligus untuk si Kecil baik secara mental maupun fisik.

Konsistensi dan Pengulangan

Kedua hal di atas bisa berjalan baik, dalam konteks hypnoparenting, jika dilakukan secara terus menerus dan rutin. Paparan seperti itu mengalami serangkaian proses penanaman yang tidak sebentar. Ketika pertama mengalami atau mendengar, si Kecil akan mengetahui. Selanjutnya jika dipaparkan terus menerus, ia akan mencoba menirukan. Dan terakhir si Kecil akan memiliki pemahaman pada apa yang dilihat dan dirasakannya secara terus menerus.

Sebagai saran, praktek hypnoparenting akan sangat efektif dengan kombinasi kegiatan luar ruangan. Well kegiatan di dalam rumah juga bisa menjadi sarana yang baik, namun dengan kegiatan di luar ruang, si Kecil akan mendapatkan berbagai paparan terhadap hal baru dan ilmu baru. Kegiatan seperti ini akan memberikan rangsangan secara berkesinambungan sehingga tumbuh kembangnya optimal.

Jangan Ragu Ajak si Kecil Berpetualang

Kegiatan luar ruang bersamaan dengan praktek hypnoparenting akan jadi kombinasi yang sangat baik. Selain si Kecil mendapat sugesti dari Mums, ia juga akan melihat hal baru yang belum pernah dilihatnya di lingkungan rumah. Katakanlah mungkin hanya burung yang beterbangan dan mencari makan, hal ini tidak akan dilihatnya ketika hanya berada di dalam rumah bukan?

Mums bisa mengajaknya berbicara dan mengagumi keindahan alam yang Mums dan si Kecil datangi. Pada sesi intim seperti ini, berbagai pesan dan nilai dapat Mums sampaikan. Momen dimana si Kecil merasa nyaman dan bahagia merupakan momen terbaik untuk memberikan si Kecil pemahaman pada nilai positif serta hal yang baik.

Tentu saja, kegiatan luar ruang ini harus disertai dengan ketahanan fisik yang memadai agar si Kecil tidak terserang bakteri atau virus jahat yang mengintai di alam terbuka.

Untuk membantu mengoptimalkan praktek hypnoparenting, dalam konteksnya aktivitas luar ruang, Mums bisa memberikan si Kecil Friso Gold 4 sebagai asupan nutrisi hariannya. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam dan siap menghadapi tantangan di luar rumah. Mums juga bisa berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resmi Friso, untuk menanyakan berbagai hal terkait tumbuh kembang si Kecil.