Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ide Makanan Pendamping ASI Kreatif untuk si Kecil [5 Resep]

Ide Makanan Pendamping ASI Kreatif untuk si Kecil [5 Resep]

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) sesuai anjuran ahli nutrisi, dapat diberikan pada si Kecil saat ia mulai berusia 6 bulan. Pada usia tersebut pencernaan si Kecil sudah mulai berkembang sehingga ia sudah mulai bisa mencerna makanan. MPASI diberikan sebagai nutrisi tambahan selain ASI untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Pemberian MPASI juga memiliki fungsi untuk membangun kebiasaan makan serta melatih lidah dan gigi si Kecil dalam mengeksplorasi berbagai macam rasa dan tekstur.

Usia 6 bulan menjadi saat yang tepat bagi Mums untuk memulai jadwal pemberian makanan pendamping ASI secara teratur. Mums perlu memiliki ide resep MPASI kreatif agar makanan yang Mums berikan bervariasi sehingga si Kecil bisa mengenal banyak rasa makanan. Berikut adalah 5 pilihan resep MPASI kreatif yang bisa Mums coba di rumah.

Apel Kukus

Ide Makanan Pendamping ASI Kreatif untuk si Kecil [5 Resep]

Ingin menjadikan buah apel sebagai makanan pendamping ASI namun bingung cara mengolahnya? Tenang saja, Mums bisa membuat olahan buah apel sebagai MPASI dengan cara mengukusnya dengan campuran bubuk kayu manis. Buah apel kaya akan Vitamin A, C, D, Kalsium, Zat Besi, dan Magnesium yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi si Kecil. Jadi, menu buah apel untuk MPASI adalah ide yang tepat. Untuk membuat olahan buah apel, Mums bisa mengikuti resep berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 buah apel.
  • Air secukupnya.
  • Bubuk kayu manis secukupnya.

Cara membuatnya:

  1. Kukus buah apel yang telah dikupas dan dipotong ukuran dadu.
  2. Haluskan apel yang telah dikukus dengan blender atau food processor. Tambahkan sedikit air jika adonan masih bertekstur kasar.
  3. Jika sudah benar-benar halus, saringlah apel dengan alat penyaring berlubang kecil.
  4. Setelah tersaring dengan halus, tambahkan sedikit bubuk kayu manis. Aduk rata dan sajikan.

Pure Pisang dan Alpukat

Ide pure pisang sebagai makanan pendamping ASI sudah terlalu biasa disajikan. Agar lebih kreatif, Mums bisa menambah buah alpukat dalam olahan pure pisang. Dengan menambah buah alpukat yang kaya Kalsium dan Magnesium, asupan nutrisi si Kecil akan semakin tercukupi. Berikut cara membuat pure pisang untuk makanan pendamping ASI.

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang
  • 1 buah alpukat.
  • ASI perah secukupnya.

Cara membuat pure pisang:

  1. Cuci bersih pisang dan alpukat.
  2. Kupas pisang dan alpukat, lalu potong pisang dan keruk daging buah alpukat.
  3. Haluskan buah pisang dan alpukat dengan blender.
  4. Tambahkan ASI perah secukupnya, aduk hingga tercampur rata, lalu sajikan.

Pure Jagung Manis dan Bayam

Ide Makanan Pendamping ASI Kreatif untuk si Kecil [5 Resep]

Agar si Kecil mengenal rasa sayuran, Mums bisa menjadikan bayam dan jagung manis sebagai MPASI. Melalui pure jagung manis dan bayam, Mums telah memenuhi kebutuhan protein nabati dan serat untuk si Kecil. Berikut rincian resep pure jagung manis dan bayam yang bisa Mums coba.

Bahan-bahan:

  • 1 jagung manis berukuran sedang.
  • 15 lembar daun bayam.
  • 5 sendok makan air matang.

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih jagung manis dan bayam.
  2. Rebus jagung manis sampai empuk dan mengeluarkan aroma, kemudian serut.
  3. Masukkan bayam ke dalam air mendidih, masak dengan api kecil selama 5-10 menit.
  4. Campur bayam dengan jagung dan masukkan 5 sendok makan air matang, kemudian blender sampai halus.
  5. Saring sampai tidak ada serat-serat kasar yang tersisa, lalu sajikan.

Nasi Tim Ikan Dori

Tak hanya sayuran dan buah, si Kecil juga perlu mendapatkan nutrisi dari ikan. Salah satu ikan yang bisa menjadi makanan pendamping ASI adalah ikan dori. Ikan dori kaya akan protein, mineral, vitamin, dan Omega-3 yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan meningkatkan kecerdasan otak si Kecil. Mums dapat mengolah ikan dori menjadi nasi tim ikan dori dengan mengikut resepnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 1 ruas jari ikan dori.
  • 1 genggam beras putih.
  • 3 iris bawang bombay.
  • Jahe secukupnya.
  • Seledri secukupnya.
  •  

Cara membuat nasi tim ikan dori:

  1. Haluskan dan kukus ikan dori tanpa tulang hingga matang.
  2. Rebus air dan masak beras putih. Aduk hingga menjadi nasi bertekstur lembek.
  3. Tambahkan ikan dori, bawang bombay yang sudah dicincang, dan sedikit jahe untuk menghilangkan rasa amis pada ikan.
  4. Aduk hingga beras menjadi bubur ikan yang tercampur rata.
  5. Tambah seledri untuk menambah aroma.
  6. Aduk hingga kekentalan bubur dirasa pas kemudian saring.
  7. Sajikan saat hangat.

Pure Kentang, Daging, Wortel, dan Tomat

Ide Makanan Pendamping ASI Kreatif untuk si Kecil [5 Resep]

Mencampur olahan buah, sayur, dan daging sebagai makanan pendamping ASI dapat menjadi ide olahan yang kreatif. Mums bisa mengolah kentang, daging, wortel, dan tomat sebagai MPASI agar kebutuhan si Kecil tercukupi. Dengan adanya daging dalam olahan, si Kecil akan mendapatkan nutrisi protein hewani. Berikut rincian resep yang bisa Mums ikuti.

Bahan-bahan:

  • 1 buah kentang ukuran sedang.
  • 25 gram daging sapi cincang halus.
  • 1 buah wortel ukuran sedang.
  • 1 buah tomat.
  • Bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang secukupnya.

Cara membuatnya:

  1. Rebus bawang putih, bawang bombay, dan daun bawang yang sudah digeprek.
  2. Masukkan daging sapi cincang selama 30 menit bersama rebusan sebelumnya.
  3. Potong-potong kentang, wortel, dan tomat, kemudian kukus.
  4. Tiris rebusan sapi cincang, kemudian blender daging sapi dan tomat hingga halus. Saring sampai terpisah pure dan airnya.
  5. Haluskan kentang dan wortel menggunakan blender, lalu saring sampai halus.
  6. Campur pure daging sapi dengan adonan kentang dan wortel, campur dan aduk rata semua adonan hingga menyatu, lalu sajikan.

Itulah beberapa ide olahan makanan pendamping ASI yang bernutrisi tinggi untuk si Kecil. Dengan memberikan makanan yang bernutrisi tinggi melalui MPASI, si Kecil tidak hanya mendapatkan kebutuhan gizi yang cukup, namun juga mendapatkan tumbuh kembang optimal. Selalu pastikan kandungan MPASI terbuat dari bahan-bahan alami segar agar tidak mengurangi kualitas rasa makanan.

Baca Juga: Saatnya Memperkenalkan MPASI Pada Si Kecil

Agar kebutuhan nutrisinya semakin lengkap, Mums juga bisa memberikan Friso Gold 3 saat si Kecil berusia 1-3 tahun. Friso Gold 3 mengandung ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, E, Zinc, dan Selenium yang baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap dan dicerna oleh tubuh si Kecil, serta dapat membantunya kuat dari dalam. Selalu berikan yang terbaik untuk si Kecil agar tumbuh kembangnya optimal dan bisa terus bereksplorasi bersama Mums!