Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Imunisasi adalah Prosedur Wajib, Ini Poin Pentingnya!

Imunisasi adalah Prosedur Wajib, Ini Poin Pentingnya!

Memiliki antibodi yang kuat adalah satu syarat si Kecil tumbuh sehat dan optimal. Pasalnya, dengan antibodi yang kuat, ia akan dapat tumbuh tanpa banyak gangguan dari virus atau bakteri penyebab penyakit. Untuk mencapai hal ini, salah satu cara paling dianjurkan, dan mungkin bahkan diwajibkan adalah imunisasi. Imunisasi adalah prosedur umum yang dilakukan pada anak-anak guna membantu tubuh membentuk antibodi yang kuat.

Seperti yang Mums juga pahami, sistem imun atau antibodi si Kecil ketika masih berusia sangat muda belum dapat berfungsi secara optimal. Tidak seperti tubuh orang dewasa yang bisa dengan mudah menangkal serangan virus dan penyakit, tubuh anak-anak cenderung mudah terserang penyakit, dan tentu saja ini buruk untuk proses tumbuh kembang karena akan menghambat proses ini.

Mums, Imunisasi adalah Prosedur Wajib Lho!

Imunisasi adalah Prosedur Wajib, Ini Poin Pentingnya!

Imunisasi adalah prosedur wajib yang diberikan pada anak-anak, sejak ia lahir hingga pada usia tertentu. Karena merupakan proses wajib, maka secara resmi pemerintah juga sudah memberikan daftar imunisasi yang wajib diberikan untuk anak-anak sesuai dengan usianya.

Namun terlebih dahulu alangkah baiknya jika Mums memahami bagaimana cara kerja imunisasi terlebih dahulu bukan?

Sebenarnya cara kerja imunisasi adalah dengan memasukkan kuman yang mengandung penyakit dalam sifat yang lebih ‘jinak’ sehingga dapat dikenali oleh tubuh. Ketika tubuh dapat mengenali kuman ini, tubuh akan terangsang untuk membentuk antibodi guna melawan kuman tersebut. Nah, dari proses inilah kemudian tubuh dapat memiliki kekebalan pada penyakit tertentu.

Ini juga yang menjadi penyebab utama mengapa imunisasi adalah prosedur wajib, sehingga setiap anak di Indonesia akan memiliki kekebalan yang sama pada penyakit-penyakit yang dirasa cukup berbahaya dan dapat mengganggu optimalnya tumbuh kembang si Kecil di usia keemasan.

Daftar Imunisasi Wajib Di Indonesia

Imunisasi adalah Prosedur Wajib, Ini Poin Pentingnya!

Setelah memahami secara sederhana prosedur imunisasi di atas, selanjutnya alangkah baiknya jika Mums juga mengetahui daftar lengkap imunisasi yang wajib diberikan untuk anak Indonesia. Terhitung setidaknya ada lima imunisasi yang wajib diberikan pada anak-anak. Di antaranya adalah vaksin Hepatitis B, Vaksin Polio, Vaksin TBC, Vaksin Campak, dan Vaksin Kombinasi (Pentavalen DPT-HB-HiB).

Tentu setiap imunisasi yang diberikan adalah sesuai dengan kekebalan akan penyakitnya. Misalnya untuk vaksin Hepatitis B, ditujukan agar si Kecil dapat terhindar dari serangan penyakit dengan nama yang sama. Demikian pula dengan vaksin Polio, TBC, dan lain sebagainya. Tentu memahami daftar imunisasi adalah hal yang juga harus diingat oleh Mums, agar tidak ada keterlambatan atau imunisasi yang terlewat.

Sebisa Mungkin Jangan Sampai Terlambat

Imunisasi adalah Prosedur Wajib, Ini Poin Pentingnya!

Mengingat imunisasi adalah hal mendasar yang harus diberikan pada anak-anak, maka sebisa mungkin harus diusahakan agar si Kecil tidak mengalami keterlambatan jadwal imunisasi. Namun demikian pada saat atau kondisi tertentu dimana si Kecil mengalami gangguan kesehatan ketika jadwal imunisasi, memang harus ada penyesuaian yang dilakukan.

Urgensi mendasar pada imunisasi adalah agar si Kecil memiliki imunitas pada penyakit atau bakteri tertentu. Jadi logikanya, imunisasi harus diberikan ketika ia dalam kondisi sehat. Pada kondisi tubuh sehat, maka imun dapat diproduksi dengan optimal. Ketika ia sakit dan jadwal imunisasi tertunda, ada baiknya Mums segera berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums untuk menjadwalkan ulang imunisasi yang seharusnya diberikan.

Resiko keterlambatan pemberian vaksin dapat dicegah ketika si Kecil sudah mendapatkan vaksin wajib sebelum usia 1 tahun. Memang akan ada resiko penularan penyakit tertentu. Namun dengan memberikan imunisasi, maka Mums dapat mengurangi secara drastis gejala yang muncul dan resiko lebih lanjut dari penyakit tersebut.

Imunisasi dan Tumbuh Kembang si Kecil

Imunisasi adalah Prosedur Wajib, Ini Poin Pentingnya!

Dilihat dari hampir setiap aspek, imunisasi adalah hal yang sangat bermanfaat untuk anak-anak. Mungkin Mums masih berpikir, mengapa harus menginjeksikan penyakit ‘jinak’ demi membentuk daya tahan tubuh? Apa hubungannya dengan optimalnya tumbuh kembang anak?

Jawabannya cukup sederhana. Ketika tubuh si Kecil sehat, maka nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya dapat difokuskan pada tumbuh kembang fisik dan otaknya. Namun ketika ia terserang berbagai penyakit, maka nutrisi tersebut akan lebih difokuskan untuk mengembalikan daya tahan tubuh. Jadi nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang akan banyak berkurang.

Dengan imunisasi yang sesuai jadwal, maka resiko ini dapat ditekan pada titik minimal. Tentu, hal ini juga harus didukung dengan pola hidup sehat yang Mums terapkan, konsumsi makanan bergizi dan higienis pada masa menyusui, pemilihan MPASI yang tepat dan sebagainya. Namun setidaknya, imunisasi bisa jadi satu langkah awal untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Baca Juga: 3 Jenis Imunisasi yang Tidak Diperbolehkan bagi Ibu Hamil

Sedikit ulasan mengenai imunisasi tersebut diharapkan bisa menjadi insight baru yang berguna untuk Mums. Meski mungkin sudah banyak informasi yang beredar, namun satu hal yang pasti imunisasi adalah prosedur wajib untuk anak-anak agar tubuh si Kecil dapat memiliki antibodi yang kuat. Nah, untuk mendukung hal tersebut, Mums juga wajib menjaga agar tubuh Mums tetap ternutrisi dengan baik selama masa menyusui. Makan makanan bergizi dan minum Frisomum Gold Dualcare+ dengan nutrisi lengkap untuk mencukupi kebutuhan harian. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh optimal!