Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ingin Melakukan Pijat Bayi di Rumah? Baca Dulu Artikel Berikut Ini!

Ingin Melakukan Pijat Bayi di Rumah? Baca Dulu Artikel Berikut Ini!

Membuat si Kecil rileks dan tenang dapat menjadi stimulus yang baik untuk tumbuh kembangnya. Pada bayi, hal ini benar-benar diperlukan agar si Kecil dapat beristirahat dengan maksimal. Salah satu cara yang dapat Mums lakukan adalah dengan melakukan pijat bayi. Hal ini bisa dilakukan pada fasilitas kesehatan atau pijat khusus, atau Mums juga bisa melakukannya di rumah. Tapi bagaimana caranya?

Pijat bayi sendiri merupakan teknik yang umum dilakukan orang tua untuk membuat si Kecil nyaman dan rileks serta mendapatkan waktu tidur yang optimal. Selain itu, ternyata pijat bayi juga dapat membantu si Kecil memiliki pencernaan yang lancar lho Mums. Tentu dengan cara dan metode yang tepat sehingga semua manfaat pijat dapat dirasakan oleh si Kecil.

Tapi bagaimana cara memijat bayi yang benar? Selain Mums dapat memperhatikan cara dan bertanya pada ahli terapi bayi, Mums juga dapat menyimak beberapa cara memijat si Kecil di bawah ini. Lakukan dengan lembut dan penuh perhatian ya Mums, agar si Kecil mendapatkan semua manfaat baik dari pijatan yang Mums lakukan.

Persiapan Pijat Bayi

Ada beberapa hal yang perlu Mums siapkan sebelum melakukan pemijatan, yakni :

  • Pastikan suhu ruangan hangat, tidak terlalu dingin atau panas serta pencahayaan tidak terlalu terang.
  • Mainkan lagu dengan irama rileks untuk mendukung terciptanya suasana tenang.
  • Pilih waktu yang tepat, ketika si Kecil terjaga dan saat ia tenang.
  • Letakkan pada kain lembut dan selimuti bagian yang belum dipijat.
  • Pastikan Mums tidak menggunakan perhiasan pada bagian tangan untuk menghindari resiko si Kecil terluka.
  • Cuci bersih tangan Mums.
  • Gunakan minyak pijat khusus bayi.

Cara Melakukan Pijat Bayi

Pertama Mums bisa mulai dari bagian kaki. Mulai dengan salah satu kaki si Kecil, pertama pegang pahanya dengan satu tangan Mums lalu gerakkan tangan hingga ke ujung kakinya dengan gerakan memutar. Dengan tangan lain, lakukan gerakan seperti memerah susu. Selanjutnya, usap telapak kaki si Kecil dari tumit hingga ke jarinya dan dorong perlahan kaki si Kecil hingga ke lutut menekuk ke arah perut. Selain dapat membuat otot bagian kaki rileks, pijatan ini dapat membantu membuang gas yang terjebak dalam perut si Kecil.

Selanjutnya untuk bagian dada, perut dan tangan si Kecil, tempatkan kedua tangan Mums di dada si Kecil. Usap perlahan ke arah bahu, lalu kembali ke posisi semula dengan gerakan seperti membentuk hati. Lanjutkan dengan mengusapkan tangan secara menyilang dan bergantian (tangan kanan bergerak dari pinggang kanan ke bahu kiri, dan lakukan sebaliknya dengan tangan kiri Mums). lanjutkan dengan usap perut si Kecil hingga bagian dada dengan gerakan huruf U terbalik searah jarum jam untuk melancarkan pencernaannya. Pada bagian tangan Mums bisa melakukan gerakan memerah susu.

Pada bagian wajah dan kepala si Kecil, gunakan jari-jari tangan Mums. Usap bagian dahi ke arah luar lalu turun ke arah pipi hingga membentuk seperti lingkaran. Lanjutkan dengan memijat kulit kepala si Kecil dengan lembut menggunakan ujung jari Mums membentuk lingkaran-lingkaran kecil.

Terakhir bagian punggung, balikkan terlebih dahulu badan si Kecil hingga menelungkup. Buat lingkarang kecil di bagian punggung dengan gerakan jari Mums. Lakukan pijatan ini pada punggung kiri, bagian di bawah leher hingga bagian pantat, lakukan hal serupa untuk punggung bagian kanan secara lembut. Hindari memijat bagian tulang belakang si Kecil.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebenarnya bagian ini hanya memuat beberapa hal yang perlu Mums perhatikan saja karena mungkin dapat beresiko menyebabkan cedera. Hal yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Hindari memijat area kelamin si Kecil.
  • Hindari memijat bagian tulang punggung si Kecil.
  • Upayakan jangan menggelitik karena akan berlawanan dengan tujuan memijat.
  • Hindari memijat area pusar.
  • Jangan memaksakan pijatan jika si Kecil nampak tidak nyaman.
  • Pijatlah ketika Mums sedang memiliki mood
  • Lakukan pemijatan pada bayi usia di atas 6 minggu.
  • Pastikan kedua tangan Mums telah dibaluri minyak pijat, selain untuk menghindari kulit si Kecil terluka, juga untuk memastikan si Kecil merasa hangat.
  • Jadikan sebuah rutinitas dengan pola pijat yang sama agar badan si Kecil dapat mengoptimalkan manfaat pemijatan.

Melakukan pijat bayi memang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Namun demikian, hal ini harus dilakukan dengan cermat dan perlahan agar dapat meminimalisir resiko terjadinya cedera.

Pijat bayi yang baik dapat dilakukan pada fasilitas kesehatan atau spa yang ada di sekitar Mums. Memijat bayi di rumah dapat menjadi kegiatan pilihan jika Mums dapat memahami benar cara dan metode pemijatan. Selain manfaat kesehatan, Mums juga dapat menjalin ikatan lebih erat dengan si Kecil dengan interaksi yang terjadi ketika proses pemijatan berlangsung. Nah, semoga tips cara memijat bayi ini bisa membantu ketika Mums ingin mempraktekkannya dengan si Kecil ya!