Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ingin-Memberikan-Finger-Food-untuk-si-Kecil-[6-Opsinya]

Ingin Memberikan Finger Food untuk si Kecil? [6 Opsinya]

Membuat jadwal makan yang sesuai untuk setiap usia anak dapat membuat tumbuh kembangnya optimal. Mengapa? Karena tubuh si Kecil memiliki pola asupan makanan, jam cerna serta jam beraktivitas yang teratur. Keteraturan ini yang bisa berdampak sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Nah, sebagai selingan, Mums dapat pula memberikan finger food untuk si Kecil.

Finger food sendiri sebenarnya adalah istilah makanan yang mudah dipegang dan dimakan oleh si Kecil secara mandiri. Dapat juga dimasukkan ke dalam golongan camilan. Namun demikian agar dapat mendukung pemenuhan nutrisi harian sekaligus melatih kemampuan motorik si Kecil, finger food yang diberikan juga harus bernutrisi dan memiliki tekstur yang sesuai dengan usia si Kecil.

Lalu apa saja pilihan finger food yang memenuhi syarat tersebut?

Sayuran dan Buah

Opsi pertama finger food untuk diberikan pada si Kecil adalah sayuran rebus dan buah-buahan potong. Selain memiliki tekstur yang cukup lunak, kedua makanan ini juga memiliki kandungan serat dan nutrisi yang sangat baik untuk pencernaan si Kecil. Variasikan sayur dan buah yang diberikan agar si Kecil tidak cepat bosan ya Mums!

Sereal, Pilihan Simple Finger Food

Karena bentuknya yang kecil dan mudah digenggam, sereal adalah pilihan finger food yang juga dapat Mums berikan untuk si Kecil, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya bisa mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi harian. Pastikan sereal yang Mums pilih adalah sereal rendah gula dan tanpa tambahan zat pewarna.

Telur

Kandungan Protein, Kolin, berbagai vitamin dan Folat yang ada pada telur menjadikannya makanan ringan yang sangat bernutrisi. Potong kecil-kecil dan berikan pada si Kecil sebagai makanan ringan. Satu hal yang perlu dipastikan, adalah kematangan telur ketika diberikan pada si Kecil. Hindari memberikan telur setengah matang karena akan beresiko membuat si Kecil keracunan akibat bakteri jahat yang ada di dalamnya.

Daging Ayam Suwir

Teksturnya yang berserat dan sedikit liat bisa menjadi makanan baik untuk melatih kemampuan mengunyah si Kecil. Daging juga mengandung banyak nutrisi penting yang diperlukan tubuh, sehingga dapat mendukung tumbuh kembangnya. Suwir dalam ukuran kecil agar si Kecil mudah memakannya.

Opsi Finger Food : Keju

Kandungan Kalsium dalam keju juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang si Kecil. Namm demikian, Mums harus memastikan bahwa si Kecil tidak memiliki alergi. Jangan sampai niat memberikan finger food yang baik justru membuatnya mengalami alergi sehingga tumbuh kembangya terganggu. Keju bisa dijadikan MPASI di tahun pertama. Pastikan keju yang diberikan bertekstur lembut, tidak berbau dan tidak lengket.

Roti-Rotian

Sebagai opsi asupan Karbohidrat, Mums dapat memberikan berbagai macam jenis roti-rotian. Tentu saja syarat utama adalah roti harus memiliki tekstur lembut sehingga mudah untuk dikunyah dan dicerna oleh si Kecil. Sajikan dalam ukuran yang cukup dalam genggaman si Kecil, sehingga ia juga sekaligus dapat berlatih menggunakan tangannya untuk menggenggam.

Pasta? Kenapa Tidak?

Pilihan makanan yang satu ini juga dapat masuk ke dalam daftar finger food untuk si Kecil. Pasta memiliki tekstur yang cukup lunak dan lembut, sehingga mudah dicerna oleh si Kecil. Tapi ingat, berikan pasta dalam ukuran kecil seperti fusili atau penne. Jika hanya ada pasta berbentuk spaghetti, potong-potong dalam ukuran kecil terlebih dahulu ya Mums.

Sebenarnya pilihan finger food yang diberikan bisa sangat beragam tergantung bahan yang Mums miliki. Intinya, selama ukurannya cukup kecil dan memiliki tekstur yang lunak, makan tersebut bisa dijadikan makanan ringan untuknya. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa si Kecil tidak memiliki alergi terhadap makanan yang akan disajikan ya Mums, agar tidak membuat si Kecil menjadi sakit dan justru mengganggu tumbuh kembangnya.

Makanan dalam ukuran kecil dan tekstur lunak sangat cocok diberikan sebagai MPASI atau sebagai makanan selingan pada jadwal makannya. Nutrisi yang berasal dari ASI, untuk si kecil yang sudah berusia di atas 6 bulan, harus didukung dengan asupan nutrisi dari makanan lain. Hal ini karena kebutuhan nutrisi tubuh si Kecil terus naik seiring bertambahnya usia.

Jika memungkinkan Mums dapat berkonsultasi dengan dokter anak kepercayaan Mums untuk membuat jadwal makan yang ideal serta makanan ringan yang dapat mendukung pemenuhan nutrisi. Jangan ragu untuk menanyakannya secara langsung ya Mums, karena hal ini terkait dengan optimalnya tumbuh kembang si Kecil dan dukungan dari asupan makanan.

Memberikan finger food bisa jadi alternatif untuk menambah jumlah asupan nutrisi sekaligus melatih motorik halus si Kecil untuk mengunyah dan memegang sesuatu dalam genggamannya. Untuk mengoptimalkan nutrisi yang diberikan, Mums juga dapat menambahkan Friso Gold 3. Friso dengan nutrisi lengkap dan terjaga kualitas alaminya berkat Locknutri, asupan nutrisi untuk si Kecil dapat benar-benar dipastikan selalu terpenuhi karena mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk si Kecil dan pastikan semua kebutuhan tumbuh kembangnya dipenuhi dengan baik!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang