Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ingin Menjemur Bayi? Lihat Dulu Poin Pentingnya!

Ingin Menjemur Bayi? Lihat Dulu Poin Pentingnya!

Tahukah Mums jika ‘ritual’ tradisional yang dilakukan sejak dulu seperti menjemur bayi ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk si Kecil? Well, mungkin untuk Mums yang berada di perkotaan hal ini terdengar aneh, namun berjemur bersama si Kecil bisa memberikan manfaat baik seperti asupan Vitamin D serta pencegahan penyakit tertentu pada anak di usia awal kehidupannya.

Seperti pada manusia dewasa, sinar matahari bisa membantu mengoptimalkan asupan Vitamin D di dalam tubuh. Pada waktu yang sama, berjemur juga disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meski demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menjemur bayi, karena daya tahan tubuhnya terhadap panas matahari belum sekuat daya tahan tubuh Mums.

Beberapa hal berikut ini bisa Mums simak, untuk menjadi pertimbangan ketika akan menjemur si Kecil.

Pertama, Soal Waktu

Kapan waktu yang paling tepat untuk si Kecil mendapatkan manfaat optimal dari sinar matahari? Waktu paling ideal adalah pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00. Mengingat sinar matahari akan terasa hangat pada jam tersebut dan belum terlalu kuat, maka sensasi yang muncul adalah nyaman. Untuk sore hari, Mums bisa menjemur si Kecil pada pukul 16.00. Durasinya sendiri tidak perlu terlalu lama, hanya 10 sampai dengan 15 menit sudah cukup.

Usahakan Berjemur Di Tempat Terbuka

Usahakan Berjemur Di Tempat Terbuka

Pada waktu yang sudah disebutkan di atas, Mums bisa mengajak si Kecil berjemur di tempat yang cukup terbuka dan mendapat sinar matahari secara langsung. Manfaat berjemur bisa didapatkan dari paparan sinar matahari yang secara langsung dan tanpa penghalang. Bila memang dirasa masih terlalu panas, Mums bisa berjemur pada area yang sedikit terlindung dari sinar matahari langsung. Namun sebisa mungkin hindari berjemur di dalam ruangan dengan penghalang kaca, karena sinar matahari akan sulit menembusnya.

Tetap Kenakan Pakaian

Meski semakin banyak bagian tubuh yang terkena sinar akan semakin baik, namun tidak disarankan menjemur bayi dalam keadaan telanjang atau tanpa pakaian. Tetap kenakan celana dan popok untuk si Kecil sehingga bisa menjaga suhu tubuhnya. Jemur si Kecil dengan telanjang dada, dan sesekali balikkan tubuhnya agar bagian punggung juga terkena sinar matahari.

Gunakan Pelindung Mata

Gunakan Pelindung Mata

Ketika berjemur, baik Mums dan si Kecil sebaiknya menggunakan pelindung mata. Sinar matahari yang langsung terpapar pada area mata akan berdampak buruk pada si Kecil (merusak retina si Kecil), dan justru membuat resiko kesehatan baru. Mums juga bisa mengenakan topi atau sejenisnya pada si Kecil untuk membantu melindungi mata dan bagian kepala.

Segera Sudahi Sesi Berjemur Ketika...

Memang yang disampaikan pada bagian awal tadi adalah 10 sampai 15 menit waktu untuk menjemur bayi. Meski demikian, jika Mums rasa sudah cukup sesi berjemur bisa disudahi. Coba usap lembut bagian tubuh si Kecil. Jika sudah terasa cukup hangat, maka sesi tersebut bisa dicukupkan saja.

Ingat, jangan terlalu lama menjemur si Kecil, karena alih-alih memberikan manfaat justru durasi yang terlalu lama bisa menimbulkan iritasi dan gangguan kesehatan lainnya.

Asupan ASI dan MPASI setelah Berjemur

Asupan ASI dan MPASI setelah Berjemur

Seperti orang dewasa, setelah selesai berjemur si Kecil juga akan merasakan haus dan lapar. Asupan ASI dan MPASI setelah menjemur bayi adalah hal yang sangat tepat, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori. Tentu saja, agar ASI berkualitas, Mums juga wajib menjaga pola hidup sehat dan makan makanan bernutrisi. Untuk MPASI yang diberikan, pastikan sesuai dengan usia si Kecil ya Mums, agar makanan yang dicerna bisa diserap dengan optimal oleh tubuh mungilnya.

Apakah Boleh Menjemur Bayi ketika Ia Sakit?

Mungkin pertanyaan tersebut muncul di benak Mums. Logikanya, ketika si Kecil sehat ia akan mendapat banyak asupan sinar matahari yang membantu tercukupinya kebutuhan Vitamin D. Maka ketika sakit, menjemur bayi tetap diperbolehkan. Dengan catatan penyakit yang diderita si Kecil belum pada taraf parah dan berbahaya.

Ketika si Kecil menderita pilek, atau batuk, atau demam ringan, Mums bisa menjemur si Kecil dan justru akan memberikan efek penyembuhan yang baik. Setelah dijemur dan diberikan ASI, gangguan kesehatan ringan ini bisa menjadi lebih cepat reda dan kondisi si Kecil cepat pulih.

Menjemur bayi tidak disarankan ketika si Kecil sudah menderita demam yang terlalu tinggi dan disertai muntah. Ketika hal ini terjadi, segera bawa si Kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan profesional dan tepat.

Baca Juga : 5 Asupan Ibu Menyusui untuk Perkuat Kekebalan Tubuh Bayi

Menjemur bayi adalah satu kegiatan sederhana yang membawa banyak manfaat untuk tumbuh kembang dan kesehatan si Kecil. Tentu, hal ini juga harus ditopang dengan asupan ASI yang berkualitas. Untuk menjaga kualitas ASI, Mums wajib menerapkan pola hidup sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama masa menyusui. Tambahkan juga Frisomum Gold Dualcare+ untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk tubuh Mums. Berikan yang terbaik untuk si Kecil sejak dini, dan lihat ia tumbuh sehat dan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang