Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ingin si Kecil Semakin Cerdas? Coba 5 Aktivitas Fisik Ini

Ingin si Kecil Semakin Cerdas? Coba 5 Aktivitas Fisik Ini

Aktivitas fisik menjadi kegiatan yang penting dilakukan oleh si Kecil. Penelitian menunjukkan kegiatan fisik dapat meningkatkan kecerdasan si Kecil. Selain itu, kegiatan fisik yang dilakukan juga bisa meningkatkan fungsi kognitifnya seperti meningkatkan daya ingat, fokus dan perhatian, serta kemampuan menerima informasi dan memecahkan masalah. Si Kecil yang rutin melakukan aktivitas fisik dapat lebih berkonsentrasi dalam belajar sehingga prestasi akademiknya pun meningkat.

Pada prinsipnya, aktivitas fisik dapat meningkatkan performa otak si Kecil secara umum, termasuk di dalamnya kemampuan berpikir dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga memberikan manfaat terhadap kesehatannya seperti menjaga kesehatan jantung dan membuat si Kecil terhindar dari obesitas. Mums bisa merangsang kecerdasan si Kecil melalui berbagai macam aktivitas fisik yang telah dirangkum di bawah ini.

Menari dan Melompat dengan Iringan Musik

Ingin si Kecil Semakin Cerdas? Coba 5 Aktivitas Fisik Ini

Mums bisa mengajak si Kecil untuk menari dan melompat diiringi dengan alunan musik. Gerakan yang dipadu dengan musik tersebut menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Boston University School of Medicine, gerakan fisik yang teratur seperti menari dapat meningkatkan hormon oksitosin. Hormon ini sangat baik untuk meningkatkan memori pada otak si Kecil. Kegiatan ini tentu cukup mudah bukan? Sebab, Mums tidak memerlukan banyak persiapan untuk melakukannya.

Olahraga Ringan

Ajak si Kecil melakukan olahraga secara rutin. Mums bisa melakukannya setiap akhir pekan. Olahraga yang dilakukan tidak perlu berat. Mums bisa mencari alternatif olahraga ringan seperti berlari, berjalan, atau bersepeda. Menurut penelitian yang dilakukan oleh scientist, Daniel Willingham, olahraga ringan yang dilakukan si Kecil secara teratur bisa meningkatkan kemampuannya dalam memecahkan masalah dan fokus terhadap sesuatu. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk si Kecil yang sedang aktif-aktifnya bereksplorasi hal-hal baru.

Outbond

Ingin si Kecil Semakin Cerdas? Coba 5 Aktivitas Fisik Ini

Kegiatan outbond merupakan salah satu aktivitas fisik yang dilakukan di luar ruangan (alam bebas). Aktivitas ini bertujuan untuk melatih kemampuan si Kecil dalam menghadapi situasi dan kondisi di alam bebas yang penuh dengan tantangan. Kegiatan outbond bisa dilakukan bersama dengan teman-teman si Kecil. Mums bisa berkoordinasi dengan sesama orang tua untuk melakukan kegiatan ini bersama-sama.

Outbond sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan emosional si Kecil seperti bisa bekerja sama, memiliki rasa empati dengan sesama, serta bisa memecahkan masalah. Kegiatan yang dilakukan bisa berupa berjalan di atas jembatan, memanjat dinding tali, melompati papan yang telah disusun berjarak, dan sebagainya. Selain itu, Mums juga bisa memasukkan berkebun dalam kegiatan outbond agar si Kecil mengenal lingkungan sekitar sejak dini.

Berenang

Mengajak si Kecil berenang tentu menjadi aktivitas fisik yang menyenangkan. Apalagi, si Kecil tentu sangat menyukai bermain air. Selain melatih pernapasan, berenang dapat membuat kecerdasan intelektual si Kecil meningkat. Hal tersebut telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan oleh University of Griffith, Queensland, Australia. Si Kecil yang belajar berenang pada usia dini lebih memiliki skor yang tinggi dalam urusan kecerdasan intelektual atau IQ. Penelitian tersebut melibatkan sekitar 7.000 anak di bawah usia tahun. Buatlah jadwal berenang secara rutin untuk si Kecil agar aktivitas ini tetap berjalan efektif dan menyenangkan.

Menunggang Kuda

Ingin si Kecil Semakin Cerdas? Coba 5 Aktivitas Fisik Ini

Aktivitas ini bisa Mums lakukan saat mengunjungi tempat wisata bersama si Kecil, biasanya di tempat tersebut ada wahana menunggang kuda. Selain menyenangkan, menunggang kuda juga dapat meningkatkan kerja otak si Kecil. Menunggang kuda terbukti mampu mengaktifkan area saraf simpatik. Area saraf ini berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil sehingga ia akan lebih mudah menangkap hal-hal baru.

Baca Juga: Cara Mendidik Anak yang Baik dan Benar

Itulah beberapa aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh si Kecil agar kecerdasannya meningkat. Namun, perlu Mums ingat, Mums juga harus tetap mengawasi agar kegiatan fisiknya tidak berlebihan. Kegiatan fisik yang berlebihan tentu akan mengakibatkan si Kecil lelah dan kurang istirahat. Akibatnya, performa kecerdasannya tidak akan meningkat, justru bisa menurun. Maka, Mums perlu membatasi kegiatan fisik si Kecil dan tetap beri ia waktu istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaganya.

Jangan lupa untuk menunjang aktivitasnya dengan asupan nutrisi yang cukup ya, Mums. Mencukupi kebutuhan nutrisi harian si Kecil tentu menjadi hal yang penting untuk mendukung pertumbuhannya. Agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal, Mums bisa melengkapi asupan nutrisinya dengan susu pertumbuhan. Friso Gold 4 dengan beragam nutrisi seperti ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, E, Zinc, dan Selenium sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Friso juga dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Selalu berikan asupan nutrisi yang terbaik untuk si Kecil agar ia bisa lebih bebas melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan bersama Mums.