Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ini 3 Tahap Perkembangan Bayi yang Perlu Mums Pahami

Ini 3 Tahap Perkembangan Bayi yang Perlu Mums Pahami

Mencermati tahap perkembangan bayi, mulai dari awal hingga seterusnya akan jadi hal penting untuk diketahui Mums. Pasalnya, dengan mengetahui hal ini, Mums dapat mengukur seberapa jauh si Kecil sudah mencapai titik ideal tumbuh kembangnya. Jika tidak dibekali dengan pengetahuan yang cukup baik, bisa jadi Mums tidak memahami apa yang idealnya si Kecil dapat lakukan ketika usia tertentu.

Pada artikel ini secara khusus akan dibahas tahap perkembangan bayi pada usia 1 hingga tahun. Penjelasan milestone dan apa yang dapat Mums lakukan untuk mendorong optimalnya tumbuh kembang si Kecil akan dijelaskan secara singkat. Sederhana, tujuannya agar Mums mendapatkan pengetahuan terkait milestone yang idealnya dicapai, serta dapat memberikan rangsangan yang tepat.

Tahap Perkembangan Bayi 1 Tahun

Pada usia 1 tahun pertama kehidupannya, akan sangat banyak perubahan yang terjadi. Proses tumbuh kembang berjalan sangat pesat, mengingat perkembangan organ dalam si Kecil yang juga sangat cepat. Pada usia ini, ASI dan MPASI adalah asupan makanan yang paling direkomendasikan sebagai orientasi pada makanan padat di usia selanjutnya.

Secara fisik, pada tahun pertama kehidupannya si Kecil akan mengalami pertambahan berat badan sekitar 13 ons setiap bulannya. Untuk tinggi badan, setidaknya akan tumbuh sebanyak 1 hingga 2 cm setiap bulan. Sedangkan lingkar kepala akan bertambah sebanyak 1 cm setiap bulannya.

Dilihat dari kemampuan motoriknya, milestone yang ada pada usia 1 tahun adalah kemampuan berdiri sendiri dan sedikit melangkah. Si Kecil juga idealnya sudah dapat menggunakan tangan untuk berbagai aktivitas sederhana. Tentu gerakan yang dilakukan belum sempurna dan perlu dilatih terus menerus.

Pada tahap perkembangan bayi usia 1 tahun, si Kecil juga idealnya sudah mampu menirukan beberapa kata yang sering ia dengar. Meski belum memahami benar apa makna dan artinya, namun kata sederhana seperti Mama, Papa, Adik, dan sebagainya sudah bisa ia tirukan.

Untuk membantu merangsang tumbuh kembang si Kecil, Mums dapat membantunya dengan menyebutkan nama benda atau hewan, menirukan suara-suara hewan, bermain air bersama, menari dan mendengarkan musik, serta bermain peran sederhana.

Tahap Usia 2 Tahun

Secara fisik, pada usia 2 tahun si Kecil akan mengalami pertambahan berat badan antara 2 hingga 3 kg. Tinggi badan juga akan tumbuh sebanyak 5 hingga 7 cm. Perlu diingat bahwa angka ini adalah angka rata-rata, si Kecil bisa saja mengalami pertumbuhan lebih atau kurang.

Milestone motorik pada usia ini adalah kemampuan si Kecil untuk berjinjit, melakukan gerakan menendang bola, mampu berlari dan benar-benar mampu berjalan tegak. Jika pada usia 1 tahun ia masih kurang memiliki keseimbangan ketika berdiri dan berjalan, pada usia ini idealnya si Kecil benar-benar mampu menjaga keseimbangannya.

Untuk kemampuan berbicara, milestone yang ideal adalah kemampuan si Kecil dalam mengenali gambar atau benda dengan menyebutkan namanya. Si Kecil juga akan dapat menyebutkan bagian tubuh serta nama-nama anggota keluarga yang dijumpainya. Ini menandakan bahwa ia sudah mulai paham dan bisa mengasosiasikan benda dan kata.

Rangsangan yang dapat Mums berikan untuk tahap usia ini adalah melatih si Kecil berjalan pada garis lurus untuk meningkatkan keseimbangannya, menebak ekspresi wajah Mums, menemukan barang yang disembunyikan, dan ikut membantu memasak bersama Mums di dapur.

Terakhir, Tahap Usia Tumbuh Kembang 3 Tahun

Secara fisik tumbuh kembang si Kecil pada usia 3 tahun memiliki kemiripan dengan tumbuh kembang ketika usianya 2 tahun. Penambahan berat sebanyak 2 hingga 3 kg, serta penambahan tinggi sekitar 5 hingga 7 cm.

Dilihat dari perkembangan motorik, idealnya si Kecil sudah dapat melakukan gerakan mengayuh sepeda. Sepeda roda tiga akan menjadi salah satu mainan favoritnya pada usia ini karena ia sudah mampu melakukan kayuhan pada sepeda tersebut. Tentu, ini disertai perkembangan motorik lainnya.

Jika pada usia 1 dan 2 tahun si Kecil mampu menirukan dan mengasosiasikan kata dan benda, pada usia 3 tahun si Kecil akan mulai mampu memahami apa yang Mums katakan. Instruksi sederhana sudah bisa dicerna dengan baik dan tuntunan Mums dapat diikuti dengan baik pula. Hal ini menunjukkan tingkat pemahaman si Kecil sudah meningkat.

Untuk rangsangan yang bisa diberikan, antara lain adalah membacakan cerita untuk mengajarkan ekspresi, bermain puzzle, bermain petak umpet dan mengajak si Kecil bersepeda bersama. Aktivitas bersepeda juga dapat melatih kemampuannya bersosialisasi dengan orang lain.

Setelah mengetahui tahap perkembangan bayi usia 1 hingga 3 tahun di atas, Mums dapat mulai menyusun milestone apa saja yang akan menjadi acuan. Tentu, proses tumbuh kembang juga harus didukung dengan asupan nutrisi yang lengkap dan cukup. Berikan makanan bernutrisi setiap hari, dan Friso Gold 3. Friso Gold 3 dapat membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Friso dengan teknologi Locknutri yang ada mampu menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan rangsangan yang tepat dan asupan nutrisi seimbang agar tumbuh kembangnya berjalan optimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang