Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ini 5 Cara Menyikapi Anak Sakit Di Rumah

Ini 5 Cara Menyikapi Anak Sakit Di Rumah

Mengalami demam hingga si Kecil harus beristirahat total menjadi momok yang ditakutkan setiap orang tua. Terlebih dalam kondisi seperti sekarang ini, di mana penerapan protokol kesehatan begitu ketat, dan semua gangguan kesehatan harus disikapi dengan tanggap. Anak sakit akan berpengaruh pada mental Mums secara langsung. Namun tentu saja, Mums harus tetap tangguh agar si Kecil juga tetap merasa nyaman, sehingga ia bisa pulih lebih cepat.

Sebenarnya ketika anak sakit Mums tidak perlu serta merta membawanya ke dokter. Mengapa? Bukan karena menyepelekan, karena beberapa gangguan kesehatan awam muncul seiring tumbuh kembang si Kecil. Meski demikian, Mums wajib benar-benar cermat agar ketika si Kecil menunjukkan gejala yang yang lebih dari batas wajar Mums bisa langsung membawanya ke dokter untuk mendapat penanganan profesional.

Nah, untuk membantu Mums memberikan perawatan dan tindakan awal di rumah, berikut beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan ketika anak sakit.

Membuat si Kecil Nyaman

Ini 5 Cara Menyikapi Anak Sakit Di Rumah

Menjaga agar si Kecil tetap merasa nyaman bisa jadi salah satu langkah paling efektif dalam menghadapi anak sakit. Ketika si Kecil mengalami gangguan kesehatan, otomatis ia akan menjadi lebih rewel daripada biasanya. Membuatnya merasa nyaman bisa membantu menenangkan si Kecil, sehingga tubuhnya bisa beristirahat dengan lebih optimal untuk segera pulih.

Banyak cara bisa Mums lakukan untuk membuat si Kecil nyaman, seperti menemaninya tidur, membacakan cerita ketika ia beristirahat, atau sekedar hadir di sampingnya setiap saat ia membutuhkan Mums. Meski sederhana, hal-hal seperti ini bisa membuat si Kecil merasa diperhatikan, sehingga ia menjadi lebih tenang dan tidak terlalu rewel.

Selalu Pantau Perkembangan Kesehatannya

Terkadang anak sakit disebabkan oleh infeksi virus dan penyakit yang cenderung ringan. Meski demikian hal ini tidak berarti Mums bisa menyepelekan gangguan kesehatan tersebut. Memang tidak perlu membawanya ke dokter secara langsung, tapi satu hal yang pasti adalah Mums wajib mengontrol perkembangan kondisinya setiap saat.

Beberapa jam sekali coba periksa suhu tubuh si Kecil dan pastikan terus membaik. Selain itu, amati juga apakah demam atau gangguan kesehatan yang dialami si Kecil muncul bersamaan dengan gejala-gejala lain, yang bisa menjadi indikasi si Kecil menderita penyakit yang lebih serius. Jika memang terasa kondisinya tidak kunjung membaik, maka jangan ragu untuk membawanya ke dokter untuk mendapatkan diagnosa lebih akurat.

Kondusifitas Ruangan dan Lingkungan Rumah

Ini 5 Cara Menyikapi Anak Sakit Di Rumah

Si Kecil memerlukan waktu istirahat yang baik, hal ini mutlak diupayakan oleh Mums dan setiap anggota keluarga. Buat kamar tempat si Kecil beristirahat sekondusif mungkin. Pastikan kelembaban udaranya normal, sirkulasinya sangat baik, serta kamar dalam keadaan bersih. Dengan begini tubuh si Kecil bisa memulihkan diri dalam tempo yang lebih cepat.

Anak sakit juga memerlukan ketenangan lingkungan agar waktu istirahat yang dimilikinya benar-benar optimal. Untuk yang satu ini Mums perlu kerja sama dari seluruh anggota keluarga, untuk menjaga kondisi rumah agar tetap tenang. Batasi interaksi antara si Kecil dan anggota keluarga lainnya, dan sebisa mungkin meminimalisir kebisingan yang mungkin terjadi di luar dan di dalam kamar.

Asupan Cairan Jangan Sampai Kurang

Salah satu poin penting yang dapat membantu si Kecil mempertahankan dan memulihkan kondisi tubuhnya adalah asupan cairan yang cukup. Ketika tubuh tengah berusaha melawan gangguan kesehatan yang diderita, maka tubuh akan memerlukan banyak cairan pada prosesnya. Ini mengapa memastikan asupan cairan tubuh selalu tercukupi adalah hal yang mutlak dilakukan.

Mums bisa memberikan susu formula dan air putih, atau jus buah yang mengandung banyak nutrisi dan serat. Konsumsi cairan tersebut bisa membantu tubuh si Kecil tetap terhidrasi, sehingga ia akan terhindar dari resiko gangguan kesehatan lain yang lebih buruk. Tidak perlu memberikan jumlah besar cairan dalam satu waktu, berikan dalam jumlah sedikit namun terus menerus.

Bantu Pemulihan Anak Sakit dengan Makanan Bernutrisi

Ini 5 Cara Menyikapi Anak Sakit Di Rumah

Pemulihan kondisi tubuh memerlukan ‘bahan bakar’ yang tidak sedikit. Dari mana bahan ini berasal? Tentu dari asupan makanan dan minuman yang mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Tidak hanya Karbohidrat, namun juga Zat Besi, Mineral, Protein, hingga Vitamin, semua diperlukan tubuh untuk memulihkan kondisi dan membangun daya tahan tubuh yang kuat.

Anak sakit tidak berarti ia lemah atau sejenisnya, hanya saja bisa dikarenakan daya tahan tubuh yang tengah drop karena satu dan lain hal. Menjaga kondisi tubuh memang sebenarnya bukan hal yang mudah, namun tentu ada kalanya si Kecil akan jatuh sakit dan memerlukan waktu istirahat. Selama gangguan kesehatan yang dialaminya tidak terlalu lama dan si Kecil bisa cepat pulih, hal ini adalah wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Baca Juga : Inilah Bakteri yang Baik bagi Kesehatan Balita

Meski anak sakit tidak harus selalu dianggap hal yang serius, Mums juga wajib tetap waspada pada segala kemungkinan. Demam yang muncul pada anak-anak adalah gejala paling umum ketika ia mengalami gangguan kesehatan. Selalu cermati kondisinya, agar dapat melakukan langkah antisipasi yang tepat sehingga si Kecil tidak memiliki resiko lebih besar. Untuk membantu membangun daya tahan tubuh yang kuat, selalu penuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan makanan bergizi. Tambahkan juga Friso Gold 4 untuk melengkapi kebutuhan nutrisi setiap hari. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga bisa dengan mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang