Lompat ke isi utama
6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk si Kecil, Catat Mums!

11 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk Anak, Apa Saja?

Untuk memperoleh manfaat dari protein nabati, Mums bisa mengolah beberapa sumber makanan di bawah ini sesuai dengan menu favorit anak.

Protein nabati menjadi salah satu unsur nutrisi terpenting yang harus ada dalam makanan anak. Kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, salah satunya membantu pembentukan tulang, otot, dan antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Kesehatan anak akan selalu terjaga jika kebutuhan protein nabatinya terpenuhi.

Pada rentang usia 0-6 bulan, anak akan mendapatkan protein dari ASI. Namun, setelah menginjak usia 1 tahun, anak sudah bisa mendapatkan kebutuhan protein dari sumber lainnya yakni MPASI. Maka, di sinilah tugas Mums untuk memastikan makanan yang anak makan tetap bisa mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Secara umum, protein yang dibutuhkan anak saat berusia 1-3 tahun adalah 26 gram per harinya.

Protein sendiri terbagi menjadi dua yaitu protein hewani yang berasal dari daging hewan, dan protein nabati yang bisa Mums dapatkan dari buah, sayuran, maupun biji-bijian. Menurut penelitian, protein nabati lebih membawa dampak positif daripada protein hewani. Protein hewani yang lebih berserat dan sulit ditelan bisa menghambat proses makan anak. Untuk itu, ada baiknya jika Mums memberikan protein nabati selama MPASI.

Nah, untuk memperoleh manfaat dari protein nabati, Mums bisa mengolah beberapa sumber makanan di bawah ini sesuai dengan menu favorit anak. Prinsipnya, semua jenis makanan berikut ini bisa dimakan oleh anak. Namun, tetap sesuaikan tekstur, porsi, dan frekuensinya berdasarkan usia anak ya, Mums.

1. Tempe dan Tahu

6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk anak, Catat Mums!

Kedua jenis makanan ini berasal dari kacang kedelai yang kaya akan protein nabati. Dalam 4 potong tempe, terdapat 10 gram kandungan protein. Sedangkan, dalam 120 gram tahu mengandung 10 gram protein. Selain mengandung protein, tahu dan tempe juga kaya akan serat, Kalsium, dan Zat Besi yang baik untuk perkembangan anak. Jenis makanan ini mudah dibuat aneka olahan makanan yang bisa diterima anak. Jadi, memberikan tahu dan tempe dalam makanan harian anak sangatlah bagus, Mums.

Baca Juga : Penting! Inilah Ciri Feses Bayi Diare dan Cara Mengatasinya

2. Kacang Hijau

Dalam takaran 100 gram kacang hijau mengandung 116 kilo kalori dan 7 gram protein. Itu sebabnya, kacang hijau umumnya disarankan oleh ahli gizi untuk diberikan pada anak. Manfaat kacang hijau sejatinya tak hanya mengandung protein nabati, namun juga Vitamin B, Zat Besi, Magnesium, dan Fosfor yang baik untuk pertumbuhan.

Selain itu, kacang hijau sangat mudah untuk dicerna oleh tubuh anak karena kaya akan serat. Ada dua macam serat yang terkandung dalam kacang hijau yaitu serat larut yang bermanfaat untuk mengurangi masalah sembelit dan serat tidak larut yang berguna menjaga kadar gula darah.

Mums bisa mengolah kacang hijau menjadi bubur halus agar bisa dikonsumsi oleh anak. Ada baiknya Mums melakukan konsultasi pada dokter mengenai waktu yang tepat dalam memberikan sumber protein nabati untuk MPASI ini.

3. Edamame (kedelai Jepang)

Sumber protein nabati tertinggi selanjutnya adalah edamame atau kacang kedelai Jepang. Dalam bentuk sajian yang paling sederhana, salah satu camilan favorit orang Jepang ini mengandung 11,4 gram protein yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Sumber protein nabati ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan anak, seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah hipertensi dan penyakit jantung, mengurangi risiko kanker, menjaga kesehatan tulang, kulit, dan saluran pencernaan. Mums bisa mengolah edamame dengan cara direbus agar lebih sehat. Sebaiknya Mums merebus edamame bersama dengan polong atau kulitnya agar semua kandungan nutrisi di dalamnya masih terjaga dengan baik.

4. Kacang Almond

6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk anak, Catat Mums!

Jenis kacang-kacangan lainnya yang termasuk dalam daftar protein nabati yang baik untuk anak adalah kacang almond. Sumber makanan ini mengandung 16,5 gram protein dalam takaran setengah cangkir. Mums sebaiknya menghaluskan kacang almond terlebih dahulu sebelum menyajikannya. Selain protein, kacang almond kaya akan Vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit anak. Kacang yang memiliki rasa gurih dan lezat ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan anak, di antaranya mampu mengontrol berat badan, menjaga kesehatan kulit, menstabilkan gula darah, meningkatkan kesehatan tulang.

Baca Juga : Ketahui Gejala Cacingan dan Pastikan Penyebabnya

5. Quinoa

Mungkin sebagian Mums masih asing mendengar sumber protein nabati yang satu ini. Namun, sebenarnya quinoa termasuk biji-bijian dengan protein nabati terbaik lho. Bahkan, quinoa juga disebut sebagai superfood karena kaya akan nutrisi berkualitas. Biasanya quinoa menjadi alternatif pengganti nasi putih yang baik karena akan memberikan efek rasa kenyang lebih lama. Sumber protein nabati ini pun cukup fleksibel untuk diolah menjadi hidangan lezat lainnya, seperti muffin, kue kering, topping sereal atau oatmeal, dicampur dengan salad, roti, dan masih banyak lagi. 

6. Biji Chia (Chia seed)

Biji chia merupakan sumber protein nabati yang mengandung asam lemak omega 3 cukup tinggi. Biji chia juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, sumber protein nabati ini pun diperkaya oleh kandungan nutrisi lain, di antaranya zat besi, kalsium, zinc, dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Ada banyak cara yang bisa Mums lakukan saat mengolah biji chia, karena bahan pangan ini sama seperti quinoa yang mudah diolah dengan makanan lainnya. Mums bisa menjadi biji chia sebagai topping di sereal, oatmeal, salad, dicampur dengan yogurt, smoothie, susu, dan lainnya. 

7. Kacang Arab

Kacang arab atau dikenal juga dengan sebutan kacang garbanzo termasuk sumber protein nabati terbaik yang bisa Mums pilih. Selain itu, kacang arab juga rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium, sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Sumber protein nabati ini bisa anak konsumsi secara langsung atau diolah dengan jenis makanan lainnya. Mums juga bisa menjadikan kacang arab sebagai topping untuk menambah kelezatan makanan anak. 

8. Bayam

Meskipun bayam hanya memiliki jumlah protein yang lebih sedikit dibandingkan susu, daging, ikan, dan telur, namun bayam juga termasuk sumber protein nabati terbaik yang bisa dikonsumsi anak. Bayam juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan anak, seperti meredakan peradangan, meningkatkan sistem imun, mencegah anemia, menjaga kesehatan mata dan kulit, hingga mencegah risiko kanker. Pastikan Mums mengolah bayam dengan tepat ya. Hindari memanaskan bayam lebih dari satu kali karena akan mengurangi nutrisi alami yang terkandung di dalamnya. 

9. Brokoli

Sayuran hijau juga menjadi sumber protein nabati terbaik untuk anak yang tidak boleh Mums lewatkan lho. Salah satu sayuran hijau yang kaya akan protein nabati adalah brokoli. Brokoli mengandung sekitar 3 gram protein per sajian. Brokoli sangat kaya akan kandungan serat,vitamin, dan mineral yang baik untuk perkembangan anak. Mums bisa menambahkan potongan brokoli dalam setiap menu makanan anak.

10. Buncis

6 Sumber Protein Nabati Terbaik untuk anak, Catat Mums!

Jenis sayuran lainnya yang mengandung protein nabati adalah buncis. Dalam 100 gram buncis terdapat 1,8 protein nabati. Buncis juga mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin A yang terkandung dalam buncis pun bisa memelihara kesehatan mata anak. Mums bisa mengukus buncis dan langsung memberikannya sebagai camilan di sela-sela jam makan.

11. Alpukat

Selain sayur-sayuran, protein nabati bisa Mums dapatkan melalui buah-buahan. Salah satu buah yang kaya protein nabati adalah alpukat. Dalam setengah buah alpukat segar terdapat 2 gram protein. Alpukat juga mengandung Mangan yang baik untuk perkembangan otak dan syaraf anak. Mums bisa mencampur alpukat dengan madu atau susu agar rasanya semakin lezat. Tidak hanya enak, alpukat juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan anak, seperti mengontrol berat badan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan mata, menurunkan kolesterol jahat, dan dapat mencegah risiko kanker. 

Mencukupi kebutuhan protein, tak terkecuali protein nabati anak adalah hal yang sangat penting. Jika ia sampai mengalami kekurangan protein, dikhawatirkan tumbuh kembangnya menjadi terhambat. Intinya, sebagai orang tua Mums harus rajin menyajikan berbagai menu makanan bernutrisi saat anak memasuki usia 1 tahun.

Baca Juga: Ini Pentingnya Peran Orang Tua terhadap Perkembangan anak

Penuhi perut anak dengan makanan yang sehat, bukan hanya memenuhi perut namun juga bisa memenuhi kebutuhan gizinya. Selain memenuhi kebutuhan protein dari sumber makanan di atas, Mums juga bisa melengkapi kebutuhan nutrisi anak dengan susu pertumbuhan. Friso Gold 3 diformulasikan khusus untuk membantu mencukupi asupan nutrisi anak usia 1-3 tahun.

Nutrisi seperti ALA, LA, Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, serta Zinc dan Zat Besi yang terkandung dalam susu pertumbuhan ini sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Friso Gold 3 diproduksi dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi di dalam susu, sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh anak, Friso juga membantu anak kuat dari dalam lho Mum!