Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ini Dia 4 Cara Menunjukkan Kasih Sayang Orang Tua

Ini Dia 4 Cara Menunjukkan Kasih Sayang Orang Tua

Ketika mendengar atau membaca frasa ‘kasih sayang orang tua’, hal apa yang pertama muncul dalam pikiran Mums? Apakah waktu bersama si Kecil? Atau mainan edukatif dan berbagai barang yang diperlukannya? Pada kenyataannya, hal yang paling diperlukan oleh si Kecil pada masa awal kehidupannya adalah waktu bersama Mums yang intens. Interaksi yang terjalin ketika Mums dan si Kecil bersama akan jadi bentuk kasih sayang paling bernilai untuknya.

Lalu bagaimana dengan segala jenis barang dan fasilitas yang diperlukan oleh si Kecil? Bukankah hal tersebut juga penting?

Tentu saja, hal tersebut juga penting. Namun untuk mendampingi dan terus membimbing si Kecil di setiap fase tumbuh kembang, waktu bersama akan jadi lebih baik untuk diberikan padanya. Dengan sebanyak mungkin berada di sisi si Kecil, rangsangan yang diberikan pada tumbuh kembangnya akan maksimal, serta akan terjalin ikatan emosional yang kuat antara Mums dan si Kecil.

Ada cukup banyak cara untuk Mums menunjukkan kasih sayang orang tua pada si Kecil. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Interaksi Intens dan Hangat

Ini Dia 4 Cara Menunjukkan Kasih Sayang Orang Tua

Interaksi yang intens antara Mums dan si Kecil harus dijalin sejak dini, sehingga muncul rasa percaya dan nyaman ketika si Kecil bersama Mums. Tentu interaksi ini tak sekedar sentuhan seperti pelukan dan belaian, namun juga interaksi intangible lain yang bisa dirasakan si Kecil.

Misalnya, berbicara dengan nada yang lembut serta menatap mata si Kecil untuk menunjukkan bahwa si Kecil sangat berarti untuk Mums. Atau menunjukkan ekspresi bahagia ketika si Kecil berhasil melakukan sesuatu. Atau sekedar waktu yang dihabiskan bersama untuk menonton film, bermain, atau berjalan-jalan sore, semua bisa dirasakan si Kecil dan menumbuhkan rasa percaya dan nyaman.

Menjadi Pendengar yang Baik

Ini Dia 4 Cara Menunjukkan Kasih Sayang Orang Tua

Tidak hanya memberikan masukan, nasehat, dan saran, Mums juga wajib menjadi pendengar yang baik. Cara menunjukkan kasih sayang orang tua yang sangat terasa adalah mendengarkan apa yang disampaikan si Kecil dan memahaminya. Berikan ruang untuk si Kecil berbicara apapun yang ia pikirkan dan rasakan, dan berikan respon positif atas apa yang disampaikan.

Ketika si Kecil merasa didengarkan, dan apa yang disampaikannya bisa Mums pahami dengan baik, maka ia akan merasa bahwa dirinya berharga untuk Mums. Hal ini juga bisa dipraktekkan ketika Mums berkomunikasi dengan Dad, atau mungkin Nenek, untuk menjadi pendengar yang baik dan dilihat oleh si Kecil. Dari sana si Kecil akan merasa bahwa rasa kasih sayang Mums kepadanya sama dengan rasa kasih sayang Mums pada orang-orang terdekat.

Mendampingi si Kecil setiap Saat

Ini Dia 4 Cara Menunjukkan Kasih Sayang Orang Tua

Mendampingi di sini dalam artian membantunya ketika ia menghadapi masalah. Meski demikian, sangat disarankan untuk Mums tidak serta merta turun tangan menyelesaikan masalah si Kecil. Berikan waktu pada si Kecil berusaha menyelesaikan masalah tersebut dengan kemampuan yang ia miliki. Baru setelah ia meminta tolong dan nampak stuck, Mums bisa membantunya.

Ketika membantu si Kecil juga sebisa mungkin jangan secara penuh, namun berikan pancingan pada si Kecil. Tunjukkan cara lain atau jalan yang mungkin bisa ia coba sendiri, sehingga ia bisa menyelesaikan masalah tersebut. Kehadiran Mums ketika si Kecil sudah berusaha keras akan menunjukkan kasih sayang orang tua dalam bentuk konstruktif, dan bukan bersifat memanjakan.

Kasih Sayang Orang Tua dalam Bentuk Aturan

Ini Dia 4 Cara Menunjukkan Kasih Sayang Orang Tua

Percaya atau tidak, salah satu cara menunjukkan kasih sayang orang tua pada si Kecil adalah dengan membuat aturan yang wajib ditaatinya. Peraturan yang dibuat bisa membiasakan si Kecil untuk hidup dengan disiplin dan sesuai norma yang berlaku di masyarakat, sehingga kelak ia akan tumbuh jadi seorang yang memiliki karakter kuat.

Aturan ini tentu harus disertai dengan konsekuensi yang tegas, baik dalam bentuk sanksi atau dalam bentuk hadiah. Mums perlu berlaku sportif pada apa yang dilakukan si Kecil, jadi ketika ia melanggar aturan yang sudah disampaikan dan disepakati, maka ia harus menerima sanksi atas perbuatannya. Demikian pula ketika ia berlaku baik, maka si Kecil layak mendapat apresiasi.

Dalam pembuatan aturan tersebut Mums bisa mengajak si Kecil berdiskusi. Dengan demikian, si Kecil akan merasa memiliki andil dalam pembuatan aturan tersebut dan merasa turut menyusunnya. Ini akan membuat si Kecil lebih taat pada aturan yang disepakati.

Baca Juga : Ketahui 5 Ciri si Kecil Manja dan Cara Antisipasinya

Kasih sayang orang tua memang tak melulu menyoal mainan yang bagus, peralatan mewah, atau fasilitas serba fancy yang Mums berikan. Sering kali yang diperlukan si Kecil adalah kehadiran Mums di setiap saat aktivitasnya, untuk memberikan dukungan dan perhatian. Nah, untuk melengkapi curahan kasih sayang yang Mums berikan, pastikan si Kecil juga tercukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Lengkapi makanan bergizi dengan Friso Gold 4 yang kaya nutrisi. Teknologi Locknutri mampu menjaga kualitas alami nutrisi, sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh optimal!