Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ini Dia 5 Tips Simple Memilih Buku Cerita Anak

Ini Dia 5 Tips Simple Memilih Buku Cerita Anak

Membacakan cerita atau memberikan buku cerita anak pada si Kecil agaknya masih menjadi cara efektif melatih kemampuan baca tulis serta fokus yang dimiliki si Kecil. Tak heran, pemilihan buku yang tepat juga harus dilakukan dengan cermat. Hal ini semata agar si Kecil benar-benar mendapatkan manfaat dari buku tersebut, dan bisa terus tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Begitu banyak buku cerita anak yang beredar di luar sana. Mulai dari yang produksi dalam negeri hingga yang produksi luar negeri. Tentu hal ini juga sebanding dengan beragamnya jenis cerita, tema, tokoh, alur, serta tingkat kesulitan membaca cerita yang ada di dalamnya. Lalu untuk mendapatkan buku cerita anak yang tepat, bagaimana caranya?

Tokoh Favorit si Kecil

Ini Dia 5 Tips Simple Memilih Buku Cerita Anak

Untuk memilih tema, pastikan tokoh utama dalam buku cerita anak tersebut adalah tokoh favorit si Kecil. Atau jika tidak bisa ditemui, setidaknya Mums memilihkan buku cerita yang si Kecil tahu atau cukup relate dengan tokoh tersebut. Dengan sedikit keterkaitan saja, maka minat si Kecil untuk membaca cerita yang ada di dalam buku akan meningkat.

Tentu bukan hal yang sulit untuk mengetahui tokoh favorit atau cerita favorit si Kecil, karena Mums tentu sudah paham benar. Jika memungkinkan, ajak saja si Kecil ke toko buku dan memilih sendiri buku yang diinginkannya. Si Kecil biasanya akan tertarik pada buku yang memiliki sampul penuh warna, gambar lucu, dan unik.

Bahasa Sederhana dan Sesuai Kemampuan si Kecil

Pemilihan buku cerita anak dengan bahasa yang sederhana dan mudah dicerna menjadi pertimbangan selanjutnya dalam memilih buku cerita. Sebelum membeli, Mums bisa melihat review yang ada di berbagai sumber, sehingga Mums akan memiliki bahan pertimbangan yang baik. Siapa tahu, ada yang mau berbagi untuk meminjamkan buku tersebut sehingga Mums bisa melakukan peninjauan.

Setiap anak akan memiliki kapasitas baca yang berbeda, tergantung daya serap dan rangsangan yang diberikan. Namun demikian, idealnya ketika berusia 3 sampai 6 tahun si Kecil sudah mampu membaca. Namun karena kemampuannya masih terbatas, pemilihan bahasa sederhana dan kata yang mudah harus diperhatikan. Dengan begini selain ia mendapatkan hiburan si Kecil juga akan sekaligus belajar membaca dengan lebih baik.

Singkat, Banyak Gambar, Penuh Warna

Ini Dia 5 Tips Simple Memilih Buku Cerita Anak

Usahakan memilih buku cerita anak yang tidak terlalu tebal untuk menghindari kejenuhan si Kecil ketika membacanya. Namun jika memang si Kecil memiliki konsentrasi yang sangat baik, hal ini tidak perlu dipermasalahkan. Selain itu, pastikan juga buku tersebut memiliki banyak gambar ilustrasi dan full color.

Tampilan yang menarik akan membuat konsentrasi si Kecil meningkat sehingga ia bisa bertahan lama membaca buku tersebut. Jangan lupa untuk selalu mendampinginya ya Mums, agar ketika ia perlu bertanya tentang suatu hal Mums bisa memberikan penjelasan yang mudah dipahami.

Pilih yang Kira-Kira Adegannya Mudah Dipraktekkan

Nah, tips keempat adalah untuk memilih buku cerita yang kira-kira adegannya mudah dipraktekkan. Mengapa? Karena Mums bisa sekaligus bersandiwara dengan memilih buku seperti ini. Tanpa harus merepotkan, Mums bisa memperagakan gerakan dan adegan yang ada di dalam cerita tersebut sehingga si Kecil juga akan mendapat stimulus lebih banyak lagi.

Bermain peran untuk anak-anak merupakan permainan kaya manfaat. Selain akan melatih kemampuan memahami cerita dan kemampuan membaca, si Kecil juga akan belajar bagaimana untuk merasakan empati, bagaimana untuk mengambil peran di dalam cerita yang dibaca, dan lain sebagainya. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, jika bisa memberikan banyak manfaat untuk sekali aktivitas, mengapa tidak?

Buku Cerita Anak Bagus, Tak Harus Mahal

Kemampuan melakukan riset sederhana mengenai buku cerita yang akan dibeli akan menjadi krusial ketika Mums menginginkan buku cerita yang berkualitas namun harganya tidak terlalu tinggi. Tidak ada salahnya juga mencari buku-buku anak preloved selama masih berkualitas baik bukan?

Memang buku dengan harga mahal memberikan iming-iming kualitas baik, dari segi fisik maupun konten. Namun demikian, akan sayang sekali rasanya jika buku seperti ini hanya digunakan satu kali pakai saja. Jika memang ingin membeli baru, pastikan buku tersebut memiliki cerita yang cukup banyak, sehingga bisa dibaca berulang kali.

Baca Juga : 7 Manfaat Tak Terduga dari Permainan Kereta Api Penumpang Bersama Keluarga

Buku cerita anak menjadi satu kebutuhan yang sering dilupakan di era modern ini. Bukan karena tak lagi relevan, tapi karena kini banyak digantikan dengan buku digital. Hal ini sebenarnya sama saja, selama Mums bisa memberikan manfaat bacaan untuk si Kecil dengan optimal, tidak penting buku fisik atau buku digital yang diberikan.

Tips memilih buku cerita anak di atas semoga dapat membantu Mums dalam memilihkan buku berkualitas dan sarat ilmu untuk si Kecil. Nah, agar rangsangan yang diberikan dapat diterima dan membantu si Kecil tumbuh dan berkembang, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya juga. Berikan makanan bergizi dan Friso Gold 4 setiap hari. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas nutrisi alami sehingga nutrisi di dalam Friso Gold 4 mudah diserap oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Berikan yang terbaik untuk si Kecil, dan lihat ia tumbuh optimal!