Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ini Pentingnya Peran Orang Tua terhadap Perkembangan si Kecil

Ini Pentingnya Peran Orang Tua terhadap Perkembangan si Kecil

Mendidik dan membesarkan si Kecil bukan pekerjaan yang mudah. Jika diandaikan buku, seorang si Kecil adalah buku dengan lembaran putih bersih yang siap diisi dengan berbagai nilai yang diajarkan orang tua dan lingkungan sekitar. Ini mengapa, kemudian perang orang tua terhadap perkembangan si Kecil menjadi sangat penting. Karena jika bukan orang tua yang mendampinginya, siapa lagi?

Selain kebutuhan nutrisi untuk perkembangan fisik, si Kecil juga memerlukan kehadiran orang tua untuk membantu pertumbuhan psikisnya. Tidak dapat dipungkiri keseimbangan pertumbuhan fisik dan psikis merupakan dambaan setiap orang tua pada anaknya. Dengan memiliki fisik yang ideal serta keadaan psikis yang sesuai usianya, si Kecil bisa benar-benar menikmati masa pertumbuhan yang tengah dilaluinya.

Secara langsung kehadiran orang tua sangat berperan pada pembentukkan karakter si Kecil. Pendampingan dan pengajaran nilai kehidupan sejak dini, penerapan kebiasaan dan pola hidup, hingga pada cara berkomunikasi si Kecil, semua akan dipelajarinya dari orang terdekat. Meski dengan kemajuan teknologi kehadiran tidak selalu berupa fisik, namun hal ini tetap penting untuk dilakukan.

Beberapa urgensi hadirnya orang tua pada masa tumbuh kembang si Kecil akan dijelaskan pada beberapa poin di bawah ini. Poin yang dijelaskan merupakan hal yang idealnya didapatkan seorang anak dari kehadiran orang tuanya secara langsung ketika masa pertumbuhan.

Contoh dan Acuan Utama

Keberadaan orang tua dalam kehidupan seorang anak sangat penting, terlebih pada usia dini. Si Kecil yang lahir ke dunia, tidak memiliki bekal apapun selain insting dan naluri untuk bertahan hidup. Melalui orang tualah kemudian si Kecil bisa mengenal apa itu empati, apa itu kepedulian, dan berbagai nilai kehidupan lain yang esensial untuk menjalani kehidupannya kelak.

Kehadiran orang tua akan menjadi contoh utama yang dimiliki si Kecil untuk belajar banyak hal. Si Kecil akan secara langsung melihat apa yang dilakukan dan dikatakan orang tua, dan hal itulah yang akan diingatnya untuk waktu yang lama. Memiliki contoh sosok yang ideal, menjadi bekal tepat untuk menanamkan perilaku baik pada si Kecil  sejak dini.

Keberanian dan Kepercayaan Diri

Kehadiran orang tua dalam setiap masa tumbuh kembang si Kecil secara langsung juga akan memberikan rangsangan pada kepercayaan dirinya. Apresiasi dan perhatian yang diberikan ketika si Kecil melakukan sesuatu akan mendorong si Kecil untuk terus mencoba dan berani melakukan hal baru dalam kehidupannya. Keberanian ini akan muncul ketika si Kecil merasa percaya diri, karena memiliki dukungan penuh dari orang tuanya.

Contoh nyata dari upaya membangun kepercayaan diri adalah dengan menghadiri acara yang melibatkan si Kecil di sekolah seperti pentas seni atau pendampingan ketika mengerjakan tugas dari sekolah. Keberadaan orang tua akan memberikan semangat dan energi positif, sehingga si Kecil memiliki keberanian dan mental yang kuat untuk menghadapi tantangan dan petualangan baru.

Kontak Fisik

Baik disadari atau tidak, kontak fisik yang terjadi antara orang tua dan si Kecil memiliki efek yang begitu besar pada pertumbuhan mental si Kecil . Bahkan, hal ini sudah terjadi ketika si Kecil baru saja dilahirkan. Secara naluriah, si Kecil akan merasa aman ketika berada dalam dekapan orang tuanya dan bisa beristirahat dengan lebih nyenyak.

Seiring bertambahnya usia, memang terkadang si Kecil merasa malu ketika dipelukan atau dibelai oleh orang tuanya. Meski penting, orang tua juga perlu  mempertimbangkan perasaan anak. Mungkin kontak fisik bisa dilakukan ketika sedang berada di dalam rumah, untuk memberikan kenyamanan pada anak. Beberapa penelitian menunjukkan anak yang mendapatkan sentuhan fisik dari orang tuanya memiliki perkembangan otak yang lebih baik.

Kemampuan Berkomunikasi

Sebagai orang tua tentu sudah tidak asing dengan frasa mother tongue. Frasa ini berarti bahwa si Kecil akan memiliki bahasa dan cara komunikasi yang mirip dengan orang tuanya, dalam hal ini ibu. Intensitas kebersamaan si Kecil dan seorang ibu biasanya sangat tinggi. Oleh sebab itu si Kecil akan belajar banyak mengenai komunikasi dari sosok ibu.

Ketika berkomunikasi dengan si Kecil, Ibu akan secara tidak sadar memberikan rangsangan langsung pada si Kecil untuk melatih kemampuan berbicaranya. Hal ini terjadi secara alami, dan bisa ditingkatkan dengan metode tertentu. Penggunaan media permainan juga disarankan untuk merangsang perkembangan kemampuan komunikasi si Kecil. Tidak hanya komunikasi verbal, kehadiran orang tua juga akan membantu perkembangan komunikasi non verbal dari si Kecil untuk memiliki kepekaan terhadap lingkungannya.

4 hal di atas menunjukkan betapa pentingnya kehadiran orang tua dalam masa tumbuh kembang si Kecil. Dengan mengetahui hal tersebut, tentu orang tua akan memiliki gambaran lebih baik, mengapa kemudian kehadiran secara fisik diperlukan.

Untuk menunjang tumbuh kembangnya, selain kehadiran orang tua si Kecil juga memerlukan nutrisi yang lengkap. Nutrisi ini bisa didapat dari makanan dan minuman bergizi, atau juga melalui susu pertumbuhan seperti Friso Gold 4. Dengan kandungan ALA dan LA, Prebiotik dan Probiotik, serta Nukleotida Vitamin A, C, E, Zinc dan Selenium, si Kecil akan memiliki asupan nutrisi yang tercukupi. Pengolahan dengan sistem Single Process atau dengan teknologi Locknutri juga memastikan kualitas protein susu selalu terjaga kealamiannya, sehingga mudah diserap oleh tubuh dan bantu si Kecil kuat dari dalam. Jika Mum memiliki pertanyaan terkait nutrisi anak, Mum bisa chat dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) yang ada di pojok kanan bawah website Friso.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang