Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Inilah-4-Cara-Membuat-MPASI-Agar-Nutrisinya-Tidak-Hilang

Inilah 4 Cara Membuat MPASI Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Penting bagi Mums untuk memerhatikan setiap nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi oleh anak. Terutama bagi bayi yang berusia 6 hingga 12 bulan saat baru pertama kali diperkenalkan dengan makanan padat melalui MPASI. Di periode ini, Mums perlu membiasakan diri untuk mengolah makanan kaya akan nutrisi untuk dibuat menjadi MPASI yang sehat dan lezat. Selain memilih jenis makanan bernutrisi, Mums juga perlu mengetahui pentingnya cara membuat MPASI yang benar agar nutrisinya dapat mendukung tumbuh kembang optimal anak.

Dengan mengetahui cara membuat MPASI yang benar, anak bisa mendapatkan nutrisi penuh dari karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral di dalam makanan yang ia konsumsi. Jika cara membuat MPASI yang Mums lakukan tidak tepat, maka nutrisi yang terkandung di dalam makanannya bisa berkurang. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makanan yang dimasak dalam suhu yang sangat tinggi justru akan merusak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Untuk itu, Mums perlu mengetahui waktu dan suhu saat memasak MPASI.

Dalam menyiapkan menu dan cara membuat MPASI sering kali jadi tantangan tersendiri dalam hal perawatan bayi, terutama bagi para Mums baru. Mulai dari keterbatasan pengetahuan seputar menu dan cara membuat MPASI, hingga nafsu makan si kecil yang sulit diprediksi. Namun, Mums tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada tips dalam mengolah makanan yang sering dijadikan MPASI, antara lain:

● Cara membuat MPASI dari labu

Labu kuning termasuk buah yang sering dijadikan menu MPASI untuk bayi berusia 6 hingga 12 bulan. Selain rasanya yang manis, labu kuning juga memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan mata dan kulit, melancarkan saluran pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Buah labu kuning mengandung protein, karbohidrat kompleks, vitamin A, C, D, E, kalsium, zat besi, kalium, dan zinc yang baik untuk kesehatan tubuh si kecil. Supaya nutrisi tersebut tidak hilang, berikut cara yang bisa Mums lakukan:

Kupas dan potong labu kuning menjadi bentuk dadu

Kupas dan potong labu kuning menjadi bentuk dadu, dengan ukuran kurang lebih 2,5 cm agar matang merata.

Masukkan labu kuning dan kukus

Tambahkan 300 - 500 ml air ke dalam panci pengukus.

Masukkan labu kuning dan kukus

Masukkan labu kuning dan kukus dengan suhu sedang selama 10 menit.

● Cara membuat MPASI dari ikan

Sebagai salah satu sumber protein hewani, ikan sangat baik untuk dijadikan menu MPASI si kecil. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak omega 3, vitamin dan mineral yang baik bagi tumbuh kembang anak. Ada beberapa manfaat ikan yang penting untuk kesehatan anak, di antaranya dapat meningkatkan kecerdasan dan daya ingat, membantu menjaga kesehatan mata, serta meningkatkan daya tahan tubuh si kecil. Pastikan mengolah ikan dengan benar ya, Mums. Ini bertujuan untuk mematikan bakteri salmonella atau parasit lain yang biasa hidup di makanan laut, baik yang mentah ataupun setengah matang. Berikut cara membuat MPASI dari ikan:

Siapkan ikan yang sudah dimarinasi dan dibumbui dengan rempah-rempah

Siapkan ikan yang sudah dimarinasi dan dibumbui dengan rempah-rempah, bisa tambahkan susu sesuai selera.

Didihkan ikan dengan suhu yang sedang

Didihkan ikan dengan suhu yang sedang (jika terlalu panas akan merusak nutrisi di dalamnya).

Masak ikan selama kurang lebih 3 sampai 5 menit

Masak ikan selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

● Cara membuat MPASI dari bayam

Selain rasanya yang lezat dan mudah ditemukan, bayam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayuran hijau ini termasuk sumber vitamin E yang rendah kalori dan kaya serat. Beberapa manfaat yang terkandung dalam bayam, di antaranya dapat membantu mengurangi radang, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah anemia, membantu menjaga kesehatan mata, dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Ada hal yang perlu Mums perhatikan saat membuat bayam sebelum dicampur menjadi olahan MPASI, yaitu:

 Jangan memasak bayam menggunakan air

Jangan memasak bayam menggunakan air.

Tumis bayam dengan cepat

Tumis bayam dengan cepat (terlalu lama akan menghilangkan nutrisi di dalamnya).

Cukup memasak bayam selama 30 detik saja

Cukup memasak bayam selama 30 detik saja.

Selain itu, bayam juga harus segera dikonsumsi saat itu juga ya, Mums. Jika bayam terlalu lama didiamkan, akan memunculkan oksidan (zat racun) yang berbahaya untuk kesehatan si kecil.

● Cara membuat MPASI dari stroberi

Stroberi termasuk buah yang cocok dijadikan menu MPASI si kecil karena mengandung nutrisi yang baik. Meski rasanya sedikit asam, namun stroberi dapat membantu mencegah anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan tekanan darah. Selain itu, stroberi juga berfungsi sebagai sumber energi karena mengandung karbohidrat dan gula alami. Sebelum mengolah stroberi menjadi menu MPASI si kecil, ada hal yang perlu diperhatikan oleh Mums, yaitu:

Tidak mencabut daun stroberi

Tidak mencabut daun stroberi.

Cuci stroberi yang masih utuh di air mengalir

Cuci stroberi yang masih utuh di air mengalir.

Keringkan stroberi dengan kain

Keringkan stroberi dengan kain supaya sisa airnya meresap sempurna sehingga tidak membuatnya cepat busuk

Cara membuat MPASI di atas hanya sebagian kecil tips yang bisa Mums lakukan di rumah. Penting bagi Mums untuk menyiapkan bahan masakan MPASI dengan metode yang benar dan sederhana agar nutrisinya tetap terjaga. Demi memahami cara membuat MPASI lebih lengkap, di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkah yang bisa Mums lakukan supaya tidak salah dalam menyiapkan menu MPASI kesukaan si kecil.

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta MPASI Pertama yang Perlu Mums Ketahui

Tips dan Cara Membuat MPASI yang Benar

Supaya cara membuat MPASI menjadi lebih mudah, ada beberapa hal yang perlu Mums perhatikan agar nutrisinya tetap terjaga, antara lain:

Mencuci bahan makanan di bawah air mengalir

Cara membuat MPASI pertama adalah memastikan kebersihan bahan-bahan makanan yang akan dimasak dan dikonsumsi si kecil. Mums harus memerhatikan cara mencuci dan memotong sayur dan buah dengan benar. Untuk sayur dan buah, pastikan Mums mencucinya di bawah air mengalir dibandingkan merendamnya. Merendam sayur dan buah hanya akan membuat kandungan nutrisinya hilang, terlebih pada sayur dan buah yang mengandung vitamin C.

Perhatian waktu dan suhu saat memasak

Seperti yang sudah dijelaskan, Mums perlu mengetahui cara membuat MPASI dengan memerhatikan waktu dan suhu saat memasak. Mengukus memang menjadi cara terbaik untuk mempertahankan kandungan nutrisi MPASI. Namun, jika ingin memasak dengan cara direbus atau ditumis, jangan lupa untuk memerhatikan waktu, suhu yang sedang, serta jumlah air yang digunakan ya, Mums.

Hindari menghaluskan dengan blender

Mums terbiasa membuat MPASI dengan menghaluskan bahannya menggunakan blender? Hati-hati, cara membuat MPASI dengan blender justru dianggap dapat mengurangi gizi makanan terutama kandungan vitamin pada makanan lho. Meski lebih mudah dan cepat, tapi putaran pisau dari blender dapat menghasilkan panas dan menguraikan beberapa zat gizi pada makanan. Untuk alternatif lain, Mums bisa menggunakan cobek khusus atau sendok saat menghaluskan MPASI.

Perhatikan tingkat kehalusan MPASI

Cara membuat MPASI yang tak kalah penting adalah dengan memerhatikan tingkat kehalusan makanan yang akan dikonsumsi si kecil. Saat memberikan MPASI pertama, Mums harus memastikan bahwa tekstur makanan yang diberikan sudah halus agar si kecil mudah menerima makanan. Misalnya, saat bayi berusia 6 hingga 8 bulan, Mums perlu membuat MPASI dengan tekstur yang lebih lembut dan disaring dengan sempurna agar si kecil mudah melumat dan mencernanya. Sementara, saat si kecil mulai menginjak usia 9 bulan ke atas, buatlah MPASI dengan tekstur yang sedikit lebih kasar agar ia tak malah mengunyah seiring bertambahnya usia si kecil.

Dengan mengetahui cara membuat MPASI ini, diharapkan Mums bisa lebih paham saat mengolah berbagai macam makanan bernutrisi untuk tumbuh kembang si kecil. Selain membuat MPASI, Mums juga tetap harus memberikan ASI secara rutin untuk memenuhi nutrisinya. Susu Frisomum Gold Dualcare+ bisa menjadi pilihan sebagai nutrisi tambahan yang dibutuhkan Mums dan anak. Susu ini diformulasikan untuk ibu hamil dan menyusui dengan kandungan rendah sukrosa, zat besi, kalsium, serta ALA/LA, dan prebiotik yang baik untuk kesehatan tubuh.