Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Inilah Bakteri yang Baik bagi Kesehatan Balita

Inilah Bakteri yang Baik bagi Kesehatan Balita

Inilah Bakteri yang Baik bagi Kesehatan Balita

Tak terasa ya Mum, kini si Kecil semakin berkembang dengan pesat. Pertumbuhannya tersebut tentu didukung oleh asupan empat sehat lima sempurna, termasuk susu balita terbaik. Pada masa tumbuh kembangnya ini terkadang kita khawatir bila si Kecil terganggu oleh serangan bakteri penyebab penyakit. Tahukah, Mum? Tidak semua bakteri itu buruk, lho. Ternyata ada juga bakteri baik yang berdampak positif bagi tubuh.

Bakteri baik atau disebut Probiotik merupakan mikroorganisme yang memberikan efek positif bagi tubuh serta tumbuh kembang balita. Probiotik memiliki berbagai manfaat, seperti menyehatkan pencernaan, mencegah pertumbuhan bakteri jahat, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Bakteri baik yang hidup dalam saluran pencernaan ini juga membutuhkan “makanan” atau disebut Prebiotik.

Ada berbagai jenis makanan atau suplemen yang mengandung Probiotik, misalnya yogurt, sereal, dan susu. Namun, tidak semua susu balita memiliki kandungan bakteri baik. Probiotik pun terbagi menjadi berbagai macam jenis dan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah empat contoh bakteri baik yang umumnya banyak dikenal.

  • Lactobacillus

    Probiotik yang satu ini merupakan jenis bakteri baik yang sering digunakan dalam proses pembuatan makanan. Lactobacillus bisa ditemukan pada berbagai makanan dan minuman hasil fermentasi seperti yogurt dan keju. Bakteri ini sesungguhnya juga ada di dalam tubuh manusia, lho. Pada saluran pencernaan, saluran kemih, dan saluran genital setidaknya ada 50 jenis bakteri Lactobacillus. Bakteri ini bermanfaat untuk membantu mengurangi diare.

  • Bifidobacterium

    Bifidobacterium merupakan bakteri yang banyak ditemukan dalam usus besar. Bakteri baik ini terbagi lagi menjadi 30 jenis yang berbeda. Jenis Probiotik ini juga bermanfaat untuk membantu mengatasi sindrom iritasi usus. Seperti halnya Lactobacillus, Bifidobacterium dapat ditemukan dalam berbagai makanan dan minuman yang difermentasikan, misalnya sereal.

  • Cyanocobalamin

    Jenis bakteri baik yang satu ini dapat membantu produksi Vitamin B12 selama proses pencernaan. Cyanocobalamin berfungsi sebagai Probiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan, dengan memecah senyawa kompleks makanan agar mudah diserap di dalam darah. Bakteri ini dapat ditemukan pada makanan yang mengandung Vitamin B12 tinggi seperti ikan, telur, hingga susu balita.

  • Streptococcus Thermophillus

    Bakteri yang juga bermanfaat untuk kesehatan si Kecil ini kerap digunakan untuk memproduksi aneka makanan dan minuman, seperti yogurt, keju, maupun beberapa produk susu pertumbuhan. Streptococcus Thermophillus dapat membantu menurunkan asam lambung, serta gangguan pencernaan lainnya. Bakteri baik yang terdapat pada makanan hasil fermentasi ini pun menghasilkan senyawa nitrogen dari idrolisis protein susu.

Selain jenis Probiotik yang telah disebutkan di atas, masih banyak bakteri lain yang menguntungkan bagi tubuh. Bakteri baik juga bisa ditemukan pada susu anak tertentu lho, Mum.

Friso Gold 3 diperkaya dengan kandungan Probiotik, Prebiotik, ALA, LA, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, Zinc, Zat Besi, dan Selenium. Susu premium ini diproduksi dengan konsep Single Process tanpa pemanasan berlebih, sehingga nutrisi alaminya tetap terjaga dan lebih mudah dicerna tubuh. Itulah alasan Friso dapat menjadi susu balita terbaik pilihan Mum.