Lompat ke isi utama
nutrisi

Apa itu Nutrisi? Inilah Jenis dan Manfaatnya untuk Anak

Apa itu nutrisi? Seberapa penting peran nutrisi untuk tumbuh kembang anak? Apa saja jenis nutrisi yang wajib dikonsumsi?

Berbicara mengenai apa itu nutrisi, pasti Mums sudah tidak asing dengan istilah ini. Nutrisi adalah zat gizi yang berasal dari bahan pangan atau makanan yang tersedia di alam. Nutrisi sangat penting untuk membangun sel-sel dan jaringan tubuh, mendukung fungsi organ, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan lainnya. Saat membahas nutrisi, maka Mums perlu mengetahui pula mengenai manfaat zat gizi tersebut untuk mendukung tumbuh kembang anak. Sebab, hingga saat ini masih banyak permasalahan seputar nutrisi yang dialami oleh anak-anak Indonesia. 

Pembahasan mengenai apa itu nutrisi selalu berkaitan dengan permasalahan malnutrisi pada anak. Dilansir dari laman resmi who.int, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan bahwa malnutrisi adalah kondisi ketika terjadinya ketidakseimbangan nutrisi di dalam tubuh, bisa karena kekurangan nutrisi maupun kelebihan nutrisi. Anak yang kekurangan nutrisi kemungkinan akan mengalami stunting dan berat badan kurang. Sedangkan, anak yang kelebihan nutrisi akan mengalami berat badan berlebih hingga obesitas. Mums pasti tidak ingin kan jika anak mengalami malnutrisi? Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk memahami konsep apa itu nutrisi, apa saja jenisnya, dan apa manfaatnya untuk tumbuh kembang anak. 

Jenis Nutrisi yang Perlu Dikonsumsi Anak 

Seperti yang telah disebutkan, konsep apa itu nutrisi berkaitan pula dengan pemahaman mengenai apa saja jenis nutrisi yang wajib dikonsumsi oleh anak. Secara umum, nutrisi memiliki beragam jenis dengan manfaat yang bervariasi. Nutrisi dibagi ke dalam dua kelompok besar, yaitu nutrisi makro (makronutrien) dan nutrisi mikro (mikronutrien). 

Apa itu nutrisi makro? Nutrisi makro merupakan komponen nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar, yaitu protein, karbohidrat, dan lemak. Apa itu nutrisi mikro? Nutrisi mikro merupakan komponen nutrisi yang hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, yaitu vitamin dan mineral. Makronutrien dan mikronutrien sama-sama penting dan harus dikonsumsi oleh anak sejak dini. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai masing-masing jenis nutrisi agar Mums lebih paham mengenai konsep apa itu nutrisi dan manfaatnya untuk anak. 

Apa itu Nutrisi Protein?

Istilah nutrisi ini pasti cukup familiar di telinga Mums. Sebenarnya, apa itu nutrisi protein? Mengapa kebutuhannya harus dipenuhi oleh anak? Apa saja manfaat protein untuk tumbuh kembang anak? Jadi, protein termasuk nutrisi makro yang diperlukan dalam jumlah yang besar. Protein memiliki fungsi khas yang tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Dalam memahami apa itu nutrisi protein, Mums perlu tahu juga bahwa protein terbagi ke dalam dua sumber, yaitu protein hewani dan protein nabati. Ada beberapa macam sumber protein hewani, di antaranya susu, telur, ikan daging merah, daging putih, dan hasil olahannya. Sedangkan, sumber protein nabati di antaranya kacang-kacangan yang meliputi hasil olahannya, beberapa jenis sayuran, serta buah. Sebagai nutrisi makro, protein memiliki peran penting bagi tubuh, di antaranya:

  • Sebagai sumber energi
  • Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh
  • Membentuk antibodi
  • Membentuk enzim dan hormon
  • Mengangkut zat gizi pada tubuh

Apa itu Nutrisi Karbohidrat?

Karbohidrat termasuk nutrisi makro yang berfungsi sebagai penghasil energi dalam tubuh. Karbohidrat dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Kedua jenis karbohidrat ini memiliki perbedaan dalam struktur kimiawinya lho, Mums. 

Jadi, apa itu nutrisi karbohidrat kompleks? Yaitu jenis karbohidrat yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh dibandingkan karbohidrat sederhana. Hal tersebut dapat membantu menjaga kadar gula darah dan membuat anak merasa lebih kenyang lebih lama. 

Sedangkan, karbohidrat sederhana hanya mengandung gula dasar yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. 

Dilansir dari laman resmi health.gov, Dietary Guidelines for Americans menyebutkan karbohidrat kompleks lebih sehat dibandingkan karbohidrat sederhana. Kendati demikian, kedua jenis karbohidrat ini tetap penting dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan guna mendukung tumbuh kembangnya lebih optimal. Penuhi kebutuhan karbohidrat anak sesuai dengan batas normal dan perlu diseimbangkan dengan asupan dari zat gizi lain. Karbohidrat kompleks umumnya ditemukan pada beras merah, gandum, ubi, kentang, jagung, kacang merah, quinoa, buncis, sayuran hijau, dan lain-lain. Olahan biji-bijian seperti tepung, roti putih, dan nasi putih pun termasuk karbohidrat kompleks, tetapi memiliki nilai gizi yang lebih rendah sehingga perlu dibatasi. Sedangkan, karbohidrat sederhana dapat Mums temukan dalam kue, soda, permen, es krim, makanan manis, dan minuman manis lainnya. 

Baca juga: 5 Tanda Malnutrisi pada Anak, Ketahui Sebelum Terlambat Mums!

Apa itu Nutrisi Lemak?

Selain protein dan karbohidrat, lemak juga termasuk nutrisi makro yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Perlu Mums ketahui, tidak semua jenis lemak itu jahat lho, ada pula lemak baik yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, seperti asam lemak omega 3 yang penting untuk meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, fungsi lain dari lemak yaitu dapat membantu penyerapan vitamin A, D, dan E, sebagai sumber energi, membantu menyehatkan kulit dan rambut, dan membantu melindungi organ tubuh. 

Apa itu Nutrisi Vitamin?

Meskipun termasuk nutrisi mikro, namun asupan vitamin pun harus dicukupi agar mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak. Mums pasti sering mendengar istilah nutrisi ini. Namun, sebenarnya, apa itu nutrisi vitamin? Vitamin merupakan zat gizi yang berperan untuk menunjang kinerja sel dan jaringan dalam tubuh. Nutrisi mikro ini terbagi ke dalam berbagai jenis, mulai dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Setiap jenis vitamin memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing.

Apa itu Nutrisi Mineral?

Nutrisi mikro yang tak kalah penting adalah mineral. Kebutuhan mineral tetap harus dipenuhi dengan seimbang dan sesuai batas normal agar tumbuh kembang anak lebih optimal. Jika anak kekurangan mineral tertentu, maka akan menimbulkan penyakit dalam tubuh. Mineral terbagi ke dalam beberapa jenis, di antaranya kalsium, kalium, zat besi, zinc, fosfor, yodium, selenium, magnesium, natrium, klorida, tembaga, mangan, flouride, sulfur, dan lainnya. Fungsi dan manfaat mineral sangat beragam tergantung dari jenisnya. Pastikan Mums memenuhi kebutuhan mineral anak secara tepat agar tumbuh kembangnya lebih baik. 

Itulah penjelasan mengenai apa itu nutrisi beserta jenis dan manfaatnya masing-masing. Mums bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi tersebut dari berbagai jenis makanan yang ada, pastikan memilih makanan yang sehat untuk anak ya. Selain itu, pastikan proses memasak dan memanaskan makanan dengan tepat. Hindari memanaskan atau mengolah makanan lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak.

Sekarang Mums semakin paham mengenai konsep apa itu nutrisi ini, kan? Nah, untuk membantu anak kuat dari dalam, dibutuhkan nutrisi tambahan dari susu pertumbuhan FRISO Gold 3 dengan kandungan nutrisi alami tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. FRISO Gold 3 juga diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh anak agar membantunya kuat dari dalam. Yuk, saatnya minum susu setiap hari! 

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang