Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Inilah Sumber Nutrisi Terbaik di Dunia Untuk Kesehatan Bayi

Inilah Sumber Nutrisi Terbaik di Dunia Untuk Kesehatan Bayi

Setiap Mums pasti ingin melihat anaknya tumbuh sehat dan pintar, bukan? Itulah kenapa asupan nutrisi sangat penting untuk dipenuhi sejak bayi lahir hingga masa emas pertumbuhannya. Ada banyak nutrisi terbaik di dunia yang bisa dijadikan asupan harian agar anak tumbuh lebih optimal. Pemberian nutrisi terbaik di dunia ini pun sudah diyakini oleh banyak pakar sehingga Mums tak perlu khawatir jika si Kecil kekurangan gizi. 

Lebih lanjut, nutrisi terbaik di dunia ini bisa dibagi sesuai dengan rentang usia si Kecil ya, Mums. Ini karena bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan lebih baik diberi ASI eksklusif saja. Barulah setelah si kecil berusia 6 bulan, Mums bisa menambahkan asupan nutrisinya dengan MPASI yang bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Lalu, sebenarnya seberapa penting nutrisi terbaik di dunia untuk bayi?

Nutrisi Terbaik di Dunia Untuk Bayi Berusia 0-6 Bulan

Jika Mums bertanya, apa saja nutrisi terbaik di dunia untuk bayi yang baru lahir hingga 6 bulan? Jawabannya adalah ASI. Yup! ASI merupakan nutrisi terbaik di dunia yang harus dipenuhi oleh bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menilai ASI adalah sumber gizi terbaik yang memiliki banyak manfaat untuk anak maupun Mums. 

IDAI dan WHO menjelaskan bahwa kandungan nutrisi yang terdapat dalam ASI eksklusif sudah memenuhi kebutuhan gizi seimbang bayi asalkan status gizi Mums pun baik. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan terbukti dapat melindungi bayi dari infeksi saluran cerna dan meningkatkan perkembangan motorik. Manfaat ASI eksklusif juga dapat dirasakan oleh Mums karena ASI bisa berfungsi sebagai KB alami dengan metode amenore laktasi. Selain itu, ASI juga dapat membantu Mums terhindar dari risiko penyakit. Oleh karena itu, ASI bisa disebut sebagai nutrisi terbaik di dunia khusus bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan. Barulah setelah si kecil berusia 6 bulan, Mums bisa memberikan MPASI sebagai tambahan nutrisi bagi si kecil. Namun, bukan berarti Mums berhenti memberikan ASI begitu saja ya. Pasalnya, di dalam ASI juga terdapat kandungan nutrisi terbaik di dunia, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Pemberian MPASI bisa diberikan di usia tersebut apabila ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. 

Setelah bayi berusia di atas 6 bulan, saatnya Mums bersiap untuk membuat MPASI dengan kandungan gizi yang seimbang. Di fase ini, Mums tetap bisa memberikan ASI karena ASI tetap menjadi bagian terpenting dari makanan bayi. Nah, MPASI yang Mums buat harus mengandung nutrisi terbaik di dunia agar tumbuh kembang si kecil lebih optimal. Apa saja nutrisi terbaik di dunia yang perlu Mums ketahui? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Nutrisi Terbaik di Dunia Untuk Bayi Berusia 6-12 Bulan

Ada banyak inspirasi makanan yang mengandung nutrisi terbaik di dunia untuk dijadikan MPASI si kecil lho, Mums. Pemberian nutrisi ini bisa Mums maksimalkan melalui MPASI yang sehat dan lezat untuk menu harian si kecil. Berikut nutrisi terbaik di dunia untuk bayi usia 6-12 bulan:

Nutrisi terbaik di Dunia dari Protein

Seperti yang Mums ketahui, protein merupakan salah satu zat makro yang berperan penting untuk tumbuh kembang si kecil. Protein berfungsi untuk membentuk dan menjaga kesehatan jaringan sel tubuh, sebagai sumber energi, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan fungsi organ tubuh agar bekerja secara optimal. Mums bisa membuat MPASI untuk si kecil dengan makanan sumber protein, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, kacang-kacangan, sayuran dan buah. 

Nutrisi terbaik di Dunia dari Karbohidrat

Mums juga perlu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi si kecil dengan memberikannya karbohidrat yang tepat. Karbohidrat ini memiliki peran sebagai sumber energi utama si kecil dalam beraktivitas. Ada banyak makanan yang mengandung karbohidrat, Mums bisa memilih karbohidrat kompleks yang menyehatkan, seperti beras merah, gandum, pisang, jagung, ubi, kacang merah, kentang, dan lainnya. 

Nutrisi terbaik di Dunia dari Lemak

Lemak dibutuhkan oleh si kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Ini karena lemak termasuk sumber energi yang baik bagi si kecil dan mudah disimpan dalam tubuh. Mums bisa menyeimbangkan asupan lemak untuk si kecil dari beberapa jenis makanan, seperti produk olahan susu, minyak nabati, daging, lemak ikan, dan kacang-kacangan.

Nutrisi terbaik di Dunia dari Kalsium

Ingin tulang dan gigi si kecil tumbuh sehat, kuat, dan terhindar dari risiko penyakit berbahaya? Mums perlu mencukupi kebutuhan kalsiumnya sejak dini. Kalsium juga penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf, otot, dan jantung lho, Mums. Beberapa inspirasi makanan sumber kalsium untuk MPASI si kecil, antara lain susu, kuning telur, brokoli, tahu, dan sayuran hijau. 

Nutrisi terbaik di Dunia dari Asam Lemak Esensial

Asam lemak omega 3 dan omega 6 sangat dibutuhkan si kecil untuk meningkatkan perkembangan fungsi otaknya. Selain itu, nutrisi ini juga dapat membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, melancarkan aliran darah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mums dapat memberikan nutrisi ini melalui makanan seperti susu, telur, ikan tuna, dan kacang-kacangan. 

Nutrisi terbaik di Dunia dari Vitamin Zat Besi

Nutrisi lain yang tak kalah penting adalah zat besi. Zat besi berperan dalam melancarkan sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika kekurangan zat besi, si kecil akan cenderung merasa lelah dan lemas. Pastikan kebutuhan zat besi si kecil terpenuhi dari susu, telur, ikan, daging sapi, daging ayam, alpukat, brokoli, serta bayam.

Nutrisi terbaik di Dunia dari Vitamin A, B, C, dan, E

Keempat vitamin ini berfungsi untuk membantu meningkatkan fungsi sistem saraf, menjaga kesehatan mata dan kulit, serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Jenis vitamin ini dianggap sebagai nutrisi terbaik di dunia yang dibutuhkan anak. Mums bisa mendapatkan vitamin A dari wortel dan ubi, vitamin B dari sayuran hijau dan pisang, vitamin C dari jeruk, tomat, stroberi, melon, brokoli, dan vitamin E dari biji-bijian. 

Nutrisi terbaik di Dunia dari Zinc 

Sama dengan zat besi, zinc juga termasuk nutrisi yang mampu menjaga otak si kecil untuk terus berkembang. Selain itu, zinc juga berfungsi untuk memproduksi sel darah putih yang dapat melawan infeksi serta memastikan sel-sel bertumbuh dengan baik. Sumber zinc yang bisa digunakan untuk MPASI di antaranya daging sapi, daging ayam, biji-bijian, kacang-kacangan, dan yogurt. 

Selain dari nutrisi di atas, sebenarnya serat juga bisa dimasukkan ke dalam menu MPASI si kecil. Namun, konsumsi serat pada MPASI sebaiknya dibatasi ya, Mums. Ini karena kandungan serat yang berlebihan bisa menyebabkan si kecil sembelit. Menurut pedoman Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan serat bayi berusia 7-11 bulan adalah 10 gram per hari. Mums bisa memperkirakan apakah asupan serat si kecil sudah cukup atau belum dengan melihat kondisi fesesnya. Warna normal feses bayi yang sudah MPASI umumnya kecoklatan, mungkin sedikit kehijauan juga, serta teksturnya tidak keras. Itu tandanya, kebutuhan serat si kecil sudah tercukupi. Makanan serat yang baik dikonsumsi oleh bayi adalah buah, sayur, dan oatmeal. 

Seperti yang dijelaskan di awal, nutrisi terbaik di dunia juga bisa berupa ASI yang diberikan melalui Mums. Oleh karena itu, Mums yang menyusui perlu meningkatkan kualitas ASI dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti susu Frisomum Gold Dualcare+. Susu ini diformulasikan khusus untuk Ibu hamil dan menyusui yang mengandung zat besi, kalsium, ALA/LA, serta prebiotik yang baik untuk kesehatan Mums dan si Kecil.