Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Inilah yang Perlu Disiapkan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Inilah yang Perlu Disiapkan Ibu Hamil Menjelang Persalinan

Akhirnya, Mum akan segera menyaksikankehadiran sosok paling dinanti yang selama ini berada di dalam kandungan. Jagaselalu kondisi kesehatan Mum dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi serta susu ibu hamil, agar siap dan kuat menghadapi persalinannanti.

Selain itu, tentu Mum harus menyiapkan segalasesuatunya sebelum melahirkan. Persiapan ini bukan hanya berupa pakaian, sertakeperluan ibu hamil dan bayi, tetapi juga persiapan mental Mum sendiri. Kadang-kadang,si Kecil dapat lahir lebih cepat dua hingga tiga minggu dari hari perkiraanlahir, karena itu Mum sudah harus menyiapkan segala sesuatunya saat perkembangan janin memasuki usia delapan bulan.

Apa saja yang harus Mum siapkan menjelangkelahiran si Kecil? Untuk itu, ayo simak berbagai hal berikut!

Tentukan proses dan tempat persalinan

Setiap ibu hamil menginginkan prosespersalinan secara normal. Namun, Mum perlu berkonsultasi kepada dokter mengenaikondisi kesehatan diri sendiri dan janin, untuk menentukan proses melahirkan,secara normal atau Caesar. Pada usia kehamilan trimester ketiga inilah Mumdisarankan untuk mulai memilih tempat untuk bersalin nanti. Daftarkan diri Mumdi rumah sakit tersebut dan pelajari jarak tempuh dari rumah.

Siapkan tas untuk Mum dan si kecil

Memasuki usia kehamilan tujuh bulan,Mum sudah harus menyiapkan dua tas khusus , satu sebagai wadah keperluan untukMum, lainnya untuk dibawa ke tempat bersalin nantinya.

Pertama-tama, isi tas Mum dengan baju untuk menyusui (dengan kancing di depan) dan bajuuntuk pulang, pakaian dalam, bra menyusui, korset, breast pad,perlengkapan mandi, pembalut khusus setelahmelahirkan, alat pompa ASI, peralatan makeup, ponsel, kartu rumah sakit, dan buku bacaan. Kemudian, tas satu lagi berisiBaju, celana, dan topi bayi, kaus kaki, sarung tangan, selimut, popok sekali pakai ukuran newborn atau popok kain. Jika tas sudahdisiapkan seperti ini, Mum tidak bingung lagi ketika waktu melahirkan telahtiba.

Siapkan fisik dan mental untuk melahirkan

Melahirkan ibaratperjuangan karena prosesnya melelahkan. Oleh karena itu, ibu hamil harusmenjaga pola makannya tetap stabil. Konsumsilah makanan sehat. Lakukan berbagaipersiapan fisik, seperti senam khusus ibu hamil atau prenatal yoga. Latihanfisik seperti ini akan membantu Mum dalam hal pernafasan pada saat persalinannanti. Juga, membuat Mum lebih tenang dan santai dalam menjalani aktivitassehari-hari. Deretan aktivitas fisik ini juga baik untuk tumbuh kembang janin, lho.

Kenali tanda-tanda menjelang persalinan

Banyak ibu hamil yangbelum tahu tanda-tanda menjelang persalinan. Ketika sudah mendekati masa persalinan,biasanya Mum mungkin akan mengalami kontraksi yang semakin lama jaraknyasemakin rapat, keluarnya lendir yang disertai darah dari vagina, atau pecahnya ketuban. Ketika ada tanda ini, Mum harus segera ke rumah sakit, terutama bilaketuban sudah pecah. Jangan lupa, bawa tas yang sudah dipersiapkan.

Bagaimana jika tanda persalinan tidak muncul?

Mum tidak perlu panik jika hal ini terjadi. Tidak munculnya tanda-tanda persalinan bisa disebabkan karena siklus haid Mum tidak teratur. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai kemungkinan persalinan melalui operasi Caesar, bila diperlukan. Intinya, Mum tidak perlu stres akan hal ini dan tetap berpikir positif.

Siapkan keperluan si Kecil

Betapa bahagianya Mummenyambut kehadiran si Kecil yang lucu sebagai anggota keluarga baru. Olehsebab itu, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai keperluannya, seperti kamar bayi,pakaian bayi lengkap, serta peralatan mandi khusus bayi.

Bagaimana, Mum? Semogainformasi di atas bermanfaat! Untuk menunjang seluruh persiapan fisik ditrimester akhir, Mum juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil serta makanan bergizi, supaya lebih kuat dan siap menghadapiproses persalinan.

Frisomum Gold yang diperkaya Protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dan dipanaskan secara berlebih,sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Denganbegitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisi susu ibu hamil ini dengan optimal hingga proses kelahiran si Kecil.