Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Intip 5 Cara Seru Mengenalkan Huruf Alfabet pada si Kecil

Intip 5 Cara Seru Mengenalkan Huruf Alfabet pada si Kecil

Memperkenalkan huruf alfabet pada si Kecil bisa Mums lakukan sejak ia berusia 3-6 tahun. Kegiatan mengenalkan huruf ini akan sangat membantu si Kecil mengetahui detail huruf. Mulai dari bentuk, susunan, hingga pelafalan. Pengetahuan mengenai huruf tersebut bisa menjadi bekal untuk belajar membaca dan menulis nantinya.

Memperkenalkan huruf alfabet pada si Kecil harus dibuat menyenangkan agar si Kecil tidak bosan melakukan kegiatan ini. Hindari cara yang kaku ya, Mums. Sebaliknya, Mums bisa menggunakan permainan dan hal-hal menarik sebagai cara seru memperkenalkan huruf alfabet pada si Kecil. Lantas, apa saja cara seru yang bisa Mums lakukan dalam memperkenalkan huruf alfabet? Simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Permainan Rantai Huruf Alfabet

Intip 5 Cara Seru Mengenalkan Huruf Alfabet pada si Kecil

Permainan rantai huruf bertujuan agar si Kecil bisa melafalkan huruf alfabet secara berurutan. Langkah membuat permainan ini sangat mudah. Mums hanya perlu menyiapkan kartu huruf yang dapat Mums buat sendiri dengan kertas karton ukuran 5x5 centimeter. Lubangi kedua sisi berhadapan untuk mengikatkan pita sebagai rantai huruf. Pastikan satu kartu yang Mums buat mewakili satu huruf alfabet.

Cara bermain rantai huruf sangat menarik untuk si Kecil. Ajak ia bernyanyi lagu alfabet. Lalu, beri contoh cara menempatkan huruf secara berurutan. Kemudian, mintalah si Kecil melakukan hal yang sama. Ajari si Kecil mengikat pita di antara kedua kartu tersebut. Rantai huruf yang Mums buat bersama si Kecil nantinya bisa dipajang di depan pintu kamarnya agar si Kecil semakin hafal dengan urutan huruf.

Permainan Mencari Huruf Alfabet

Saat si Kecil mulai mengenal huruf, Mums bisa membuat permainan baru yaitu mencari huruf alfabet sesuai urutannya. Buat kartu huruf dengan kertas karton A5 dan spidol marker. Tetap ingat, satu kartu harus mewakili satu huruf. Secara total, ada 26 kartu sesuai dengan jumlah huruf alfabet. Mums bisa membuat tiga set kartu huruf agar permainan semakin seru.

Awali permainan dengan mengingatkan si Kecil simbol-simbol huruf alfabet. Jangan lupa minta si Kecil melafalkan kartu tersebut ya, Mums. Setelah itu, sebar kartu huruf secara berserakan. Tugas si Kecil dalam permainan ini adalah mencari kartu yang Mums minta. Misalnya, Mums meminta ia mencari huruf B, maka si Kecil harus menemukan kartu huruf B yang dimaksud. Jika Mums membuat tiga set kartu, si Kecil harus menemukan tiga kartu huruf B tersebut. Cukup mudah bukan?

Baca Juga: Menstimulasi Kemampuan si Kecil Lewat Mainan

Video Animasi Anak

Intip 5 Cara Seru Mengenalkan Huruf Alfabet pada si Kecil

Selain permainan, menonton video animasi yang menampilkan huruf alfabet juga bisa menjadi cara alternatif memperkenalkan huruf pada si Kecil. Agar cara ini berjalan optimal, Mums perlu membimbing si Kecil dalam menonton video animasi. Sambil menonton video, Mums bisa mengajak si Kecil mengucapkan secara bersama-sama huruf yang ia lihat. Tujuannya, agar si Kecil semakin akrab dengan simbol huruf tersebut. Selain itu, menonton video animasi yang menampilkan sederet huruf alfabet bisa melatih daya ingat si Kecil terhadap huruf tersebut.

Buku Bergambar

Buku bergambar menjadi cara seru memperkenalkan huruf dengan menggunakan media visual. Terlebih, buku bergambar umumnya memiliki sederet gambar alfabet dengan beragam warna dan bentuk yang menarik. Mums bisa mengajak si Kecil mengenal dan melafalkan huruf yang ia lihat dalam buku bergambar tersebut. Cara ini sangat mudah dilakukan karena Mums bisa melakukannya di waktu senggang tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Menulis Kembali Huruf Alfabet

Intip 5 Cara Seru Mengenalkan Huruf Alfabet pada si Kecil

Agar si Kecil semakin terlatih mengingat huruf yang ia ketahui, Mums bisa melatih si Kecil untuk menuliskan huruf tersebut di atas kertas. Beri ia pensil atau spidol berwarna, kemudian minta si Kecil menuliskan huruf-huruf yang ia ingat. Melalui cara ini, daya kognitif si Kecil akan semakin tajam dalam mengingat kembali alfabet yang sudah Mums ajarkan. Jangan menyerah jika si Kecil baru mengingat sejumlah huruf saja. Pastikan Mums terus melatihnya dengan baik. Jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi atas apa yang si Kecil lakukan agar ia merasa senang.

Pada dasarnya, cara memperkenalkan huruf pada si Kecil sangat mudah. Hanya saja, Mums membutuhkan banyak kreativitas untuk memancing si Kecil bermain mengenal huruf. Selain cara-cara di atas, Mums bisa menciptakan aktivitas mengenal huruf lainnya yang seru di rumah. Pada prinsipnya, si Kecil harus tetap bisa bermain sekaligus belajar dengan cara yang fun.

Agar si Kecil bisa belajar dan bermain secara optimal, jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya ya, Mums. Nutrisi yang tercukupi dengan baik bisa membuat kecerdasan intelektual si Kecil meningkat tajam dan daya tahan tubuhnya tetap terjaga. Mums bisa melengkapi asupan nutrisinya dengan susu pertumbuhan. Friso Gold 4 dengan beragam nutrisi seperti ALA, LA, Prebiotik, Nukleotida, Vitamin A, C, E, Zinc, dan Selenium sangat baik untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Friso juga dilengkapi dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah dicerna dan diserap oleh tubuh si Kecil. Selalu berikan asupan nutrisi yang terbaik untuk si Kecil agar ia bisa lebih bebas melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama Mums.