Lompat ke isi utama
Mengatasi Perut Kembung

Intip Cara Menghilangkan Perut Kembung yang Ampuh bagi Anak

Cara menghilangkan perut kembung perlu Mums lakukan dengan tepat agar anak terhindar dari komplikasi penyakit lain. Yuk, simak tipsnya di sini

Mums sedang mencari tips dan cara menghilangkan perut kembung pada anak? Mungkin artikel ini bisa menjadi solusinya. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan perut kembung yang bisa Mums lakukan dengan mudah di rumah. Cara ini bisa menjadi pedoman pertolongan pertama apabila buah hati Mums mengalami kondisi serupa di kemudian hari.

Namun, sebelum mengetahui apa saja cara menghilangkan perut kembung, sebaiknya Mums memahami terlebih dahulu penyebab dari kondisi ini. Dengan begitu, Mums dapat mengatasi perut kembung pada anak dengan tepat, serta menghindari hal-hal yang menjadi faktor pemicu kondisi tersebut. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai.

Penyebab Perut Kembung pada Anak

Seperti yang Mums ketahui, perut kembung merupakan kondisi ketika gas atau udara menumpuk secara berlebihan di dalam saluran pencernaan. Kondisi ini dapat menyebabkan anak merasa tidak nyaman sehingga ia sulit istirahat, rewel, dan tidak mau makan. 

Meskipun perut kembung dapat sembuh sendiri, tetapi kondisi ini sebaiknya tidak boleh Mums abaikan begitu saja. Perut kembung yang sering terjadi dan muncul dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko penyakit berbahaya. 

  • Terlalu banyak menelan udara 

    Mums sering membiarkan anak makan sambil banyak bergerak, bermain, menonton TV, atau bermain gadget? Hati-hati, kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab perut kembung pada anak lho. 

    Sebab, saat anak melakukan aktivitas tersebut sambil makan, kemungkinan besar ia juga akan menelan udara lebih banyak. Udara yang terlalu banyak dan menumpuk di dalam saluran pencernaan menyebabkan perut kembung yang membuat ia merasa tidak nyaman. 

  • Sering mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi gas

    Penyebab perut kembung selanjutnya yaitu terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi gas. Brokoli, kubis, lobak, kacang-kacangan, dan kembang kol memang bermanfaat, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, justru akan memicu perut kembung pada anak. 

  • Mengunyah makanan terlalu cepat

    Mengunyah makanan terlalu cepat juga bisa menjadi penyebab lain dari perut kembung. Ini karena makan yang terlalu cepat dapat menghambat proses pencernaan. Akibatnya, lambung, usus, beserta enzim-enzim pencernaan akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang dikonsumsi anak. 

  • Mengalami penyakit tertentu

    Anak yang mengalami penyakit tertentu, seperti maag, sembelit atau konstipasi, dan radang usus bisa mengalami perut kembung. Salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami anak-anak adalah sembelit.

    Faktor pemicu sembelit yang paling umum dialami anak di bawah 5 tahun adalah seringnya menahan buang air besar (BAB). Jika kebiasaan ini dibiarkan, maka ia akan mengalami perut kembung dan muncul rasa nyeri saat BAB. Lantas, apa saja cara menghilangkan perut kembung pada anak? Simak tipsnya di bawah ini, yuk! 

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Cara Menghilangkan Perut Kembung pada Anak

Perut kembung termasuk gangguan pencernaan yang sering dialami oleh banyak orang, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Namun, Mums tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan perut kembung pada anak yang bisa dilakukan di rumah, antara lain: 

  1. Hindari makanan dan minuman penyebab perut kembung

    Cara menghilangkan perut kembung yang pertama yaitu memastikan anak tidak mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi gas dalam saluran pencernaan. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kembung, di antaranya kubis, lobak, bawang, brokoli, kacang-kacangan, dan makanan berlemak.

    Menghindari minuman bersoda termasuk salah satu cara menghilangkan perut kembung pada anak lho, Mums. Sebaiknya Mums memberikan anak air putih dibandingkan minuman bersoda dan tinggi gula. 

    Selain itu, cara menghilangkan perut kembung juga harus didukung dengan proses pengolahan makanan yang tepat. Tahukah Mums bahwa makanan yang dimasak secara berlebihan dapat menyebabkan perut kembung lho. Oleh karena itu, hindari memasak atau memanaskan makanan lebih dari satu kali agar kandungan nutrisi alaminya tidak rusak.

    Mums juga sebaiknya memilih produk makanan atau minuman yang melalui proses pengolahan satu kali (single process), termasuk susu pertumbuhan untuk anak. Ini karena susu yang menggunakan metode single process mengandung nutrisi alami yang lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan. 

    Nah, salah satu rekomendasi susu dengan single process adalah susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. 

    FRISO Gold 3 merupakan susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. 

  2. Atur pola makan dengan tepat

    Setelah mengetahui apa saja makanan dan minuman yang perlu dihindari, cara menghilangkan perut kembung pada anak yang selanjutnya yaitu dengan mengatur kembali pola makannya secara tepat.

    Sebaiknya Mums memberikan porsi makan yang tepat dan jangan berlebihan bagi anak sebagai cara menghilangkan perut kembung. Selain itu, biasakan ia untuk mengunyah makanan secara perlahan supaya makanan dipecah menjadi lebih halus sehingga metabolisme makanan dalam tubuh jadi lebih optimal. 

    Sebab, makanan yang tidak terpecah secara halus dapat menyulitkan sistem pencernaan untuk menyerap semua nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak, beragam vitamin dan mineral.

    Baca juga: Manfaat Menu Sarapan Sehat dan Resepnya yang Lezat

  3. Biasakan anak berolahraga atau beraktivitas fisik

    Untuk anak yang berusia 1-5 tahun, cara menghilangkan perut kembung yang dialaminya yaitu dengan menggerakkan badannya lebih aktif. Salah satu caranya dengan menggerakkan kaki seperti sedang mengayuh sepeda. 

    Gerakan tersebut dinilai efektif untuk mengeluarkan gas di dalam perut. Selain dijadikan salah satu cara menghilangkan perut kembung, rutin berolahraga atau beraktivitas fisik juga akan mencegah munculnya gangguan pencernaan lain, seperti sembelit atau konstipasi

  4. Berikan kompres hangat pada perutnya

    Cara menghilangkan perut kembung selanjutnya yaitu mengompres perut anak dengan air hangat. Cara ini bukan hanya mengurangi kembung, tetapi juga dapat membuat anak lebih nyaman dan rileks. 

    Mums dapat melakukan cara menghilangkan perut kembung yang satu ini dengan meletakkan kompres yang berupa handuk hangat atau botol yang diisi air hangat di perut anak selama beberapa saat. 

  5. Memijat perut anak

    Setelah mengompres, Mums juga bisa memijat perut anak sebagai salah satu cara menghilangkan perut kembung yang ia rasakan. Pijatlah perut anak secara perlahan, setelah itu Mums juga dapat memijat bagian punggungnya agar semua gas atau angin bisa keluar. 

  6. Berikan asupan probiotik

    Cara menghilangkan perut kembung pada anak selanjutnya yaitu dengan memberikan ia asupan probiotik. Probiotik merupakan bakteri baik dalam usus yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan. 

    Probiotik terbagi ke dalam beberapa jenis, mulai dari Bifidobacterium, Lactobacillus, dan Saccharomyces Boulardii. Bifidobacterium termasuk jenis probiotik yang dapat Mums temukan dalam produk olahan susu, termasuk susu FRISO Gold 3. Jenis probiotik ini dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mendukung sistem imun tubuh. 

Cara menghilangkan perut kembung secara alami memang terlihat mudah ya, Mums? Namun, terkadang ada beberapa kondisi ketika perut kembung pada anak sulit dihilangkan selama beberapa hari. 

Nah, jika kondisi tersebut terjadi pada buah hati Mums, sebaiknya segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dengan begitu, dokter bisa melakukan beberapa cara menghilangkan perut kembung sesuai prosedur medis, salah satunya dengan memberikan obat yang tepat.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang