Lompat ke isi utama
MPASI

Intip Makanan Berprotein Tinggi untuk MPASI si Kecil

MPASI si Kecil sebaiknya mencakup beragam makanan berprotein tinggi agar tumbuh kembangnya optimal. Apa saja jenisnya?

Makanan berprotein tinggi termasuk nutrisi yang sangat penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Sebab, protein merupakan zat gizi yang berguna untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh, memperkuat tulang, mempercepat proses penyembuhan luka, sebagai sumber energi, dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. 

Oleh karena itu, makanan berprotein tinggi perlu Mums berikan saat si Kecil mulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pemenuhan asupan protein sejak dini bisa mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal, apalagi jika si Kecil mengonsumsi sumber protein hewani yang memiliki kandungan asam amino esensial yang lengkap. Nah, di artikel ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai jenis makanan berprotein tinggi untuk MPASI si Kecil, simak penjelasannya sampai selesai, yuk! 

Rekomendasi Makanan Berprotein Tinggi untuk MPASI

Seperti yang telah disebutkan, manfaat protein untuk MPASI bisa Mums dapatkan dari 2 sumber berbeda, yaitu sumber protein hewani dan sumber protein nabati. Sumber protein hewani meliputi makanan berprotein tinggi yang berasal dari hewan. Sedangkan, sumber nabati meliputi makanan berprotein yang berasal dari tumbuhan. Berikut ini beberapa jenis makanan berprotein tinggi untuk MPASI si Kecil: 

  1. ASI 

    ASI merupakan makanan berprotein tinggi yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Ketika si Kecil masih berusia 0-6 bulan, ASI adalah asupan nutrisi utama yang dibutuhkan oleh si Kecil. Setelah usianya mencapai 6-12 bulan, ASI juga tetap perlu diberikan di samping MPASI harian. 

    Selain protein, ASI juga mengandung karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral. Semua kandungan ASI ini mudah dicerna dan diserap oleh saluran pencernaan bayi. Oleh karena itu, ASI dipercaya menjadi sumber nutrisi utama bagi bayi. 

    Itulah sebabnya, Mums perlu meningkatkan kualitas ASI agar nutrisi yang didapatkan oleh si Kecil bisa lebih optimal. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, termasuk susu yang diformulasikan untuk ibu hamil dan ibu menyusui, seperti Frisomum Gold Dualcare+ yang mengandung protein, zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, dan nukleotida untuk mendukung kesehatan Mums dan tumbuh kembang si Kecil. 

  2. Telur

    Telur merupakan makanan berprotein tinggi yang mudah diolah menjadi menu MPASI lezat yang disukai si Kecil. Telur bukan hanya makanan berprotein tinggi lho, tetapi juga kaya nutrisi penting lainnya, seperti seperti karbohidrat, lemak, vitamin A, vitamin B2, vitamin B9 (asam folat), vitamin D, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, selenium, dan kolin. 

    Melihat banyaknya nutrisi dalam telur, tak heran jika makanan satu ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan sistem imun, dan mendukung kesehatan jantung. Meskipun begitu, Mums tetap harus menyajikan olahan MPASI telur sesuai batas normal, tidak berlebihan agar manfaatnya lebih optimal. 

  3. Ikan

    Supaya MPASI si Kecil lebih bervariasi, Mums juga bisa mengolah ikan dan makanan laut lainnya (seafood) menjadi makanan berprotein tinggi untuk memenuhi gizi harian si Kecil. Ada banyak jenis makanan laut yang aman dikonsumsi, seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden, udang, cumi, dan kerang. 

    Selain rasanya yang lezat, makanan laut juga mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B12, vitamin K, zat besi, yodium, kalium, kalsium, magnesium, natrium, dan asam lemak omega 3. Oleh karena itu, makanan laut memiliki banyak manfaat, di antaranya dapat meningkatkan fungsi otak, mencegah penyakit jantung, membantu pertumbuhan tulang, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan sistem imun tubuh. 

  4. Daging merah

    Makanan berprotein tinggi selanjutnya adalah daging merah, yang mencakup daging sapi, kambing, dan domba. Namun, Mums dianjurkan memilih daging sapi rendah lemak untuk diolah menjadi menu MPASI si Kecil. Selain sebagai sumber protein berkualitas, daging sapi juga mengandung vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, zinc (seng), dan zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan mencukupi jumlah sel darah merah untuk diedarkan ke seluruh tubuh. 

    Meskipun bermanfaat, Mums tetap harus menyajikan MPASI dari daging merah sesuai batas normal, ya. Pastikan untuk selalu menyeimbangkan asupan makanan berprotein tinggi ini dengan jenis nutrisi lainnya agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. 

    Baca juga: Anak Kekurangan Gizi? Hati-hati, Inilah Dampak Buruknya

  5. Daging putih

    Selain daging merah, daging putih juga termasuk makanan berprotein tinggi yang aman dikonsumsi oleh bayi, meliputi daging ayam, ikan, dan berbagai daging unggas lainnya. Mums dapat memilih daging putih sebagai olahan MPASI yang lezat dan bernutrisi untuk si Kecil. Selain tinggi protein, daging ayam juga mengandung vitamin B6, vitamin B12, vitamin E, zat besi, kalium, zinc (seng), dan kalsium. Melihat banyaknya kandungan nutrisi dalam daging ayam, tak heran jika makanan satu ini memiliki beragam manfaat, seperti meningkatkan sistem imun, mendukung metabolisme tubuh, membantu pembentukan otot, mengontrol tekanan darah, serta membantu menjaga kesehatan tulang. 

  6. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan termasuk makanan berprotein dari sumber nabati. Selain protein, kacang-kacangan juga mengandung serat, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, vitamin B12, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, dan natrium yang baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. 

    Meskipun termasuk protein nabati, namun kacang-kacangan memiliki banyak manfaat untuk si Kecil, di antaranya dapat membantu memperkuat sel-sel otak, mengurangi peradangan, menjaga kesehatan jantung, mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, dan mengontrol berat badan. 

    Ada banyak jenis kacang yang bisa Mums olah ke dalam menu MPASI si Kecil, seperti kacang almond, kacang kedelai, kacang tanah, kacang merah, kacang walnut, kacang polong, kacang hijau, dan edamame

Itulah 6 makanan berprotein tinggi yang bisa Mums olah menjadi menu MPASI yang lezat dan bernutrisi untuk si Kecil. Pastikan Mums mengolah makanan ini dengan cara yang tepat, ya. Hindari memasak atau memanaskan makanan berprotein tinggi tersebut lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak, sehingga si Kecil dapat dengan mudah mencerna nutrisi di dalamnya.

Selain makanan berprotein tinggi yang telah disebutkan, si Kecil juga bisa mendapatkan manfaat protein dari beberapa jenis makanan lainnya, seperti brokoli, bayam, jagung, kembang kol, dan pakcoy. Namun, perlu Mums ketahui bahwa protein yang terkandung di dalam sayuran dan buah tidak setinggi protein dalam makanan sumber protein hewani. 

Kendati demikian, sayuran dan buah tetap perlu dikonsumsi oleh si Kecil karena mengandung serat, beragam vitamin dan mineral, serta zat gizi lain yang penting untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil lebih optimal. Yuk, saatnya Mums kreasikan berbagai makanan berprotein tinggi untuk MPASI si Kecil! 

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang