Lompat ke isi utama
Manfaat buah ceri

Intip Manfaat Buah Ceri yang Penting untuk Kesehatan Anak

Ada banyak sekali manfaat buah ceri yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Apa saja kandungan nutrisi dan manfaatnya?

Di balik ukurannya yang mungil, siapa sangka ternyata manfaat buah ceri cukup penting untuk kesehatan tubuh anak lho. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk mendukung kesehatan pencernaan, daya tahan tubuh, dan melindungi tubuh dari peradangan. Sebelum kita membahas mengenai manfaat buah ceri, ada baiknya Mums ketahui dulu berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Kandungan Nutrisi Buah Ceri

Buah berukuran mungil dengan warna merah merona ini memiliki nama latin Prunus Cerasus L. dan Prunus avium. Biasanya banyak orang menyajikan buah ceri sebagai manisan buah, camilan yang manis, jus, atau jadi topping untuk mempercantik tampilan makanan tertentu. 

Ada berbagai manfaat buah ceri yang bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Melansir laman resmi U.S. Department of Agriculture, dalam 100 gram buah ceri mengandung beragam nutrisi sebagai berikut:

  • Protein: 1,1, gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 16 gram
  • Serat: 2,1 gram
  • Gula alami: 13 gram
  • Kalsium: 13 mg
  • Zat besi: 0,36 mg
  • Kalium 222 mg
  • Magnesium: 11 mg
  • Fosfor: 21 mg
  • Zinc: 0,07 mg
  • Beta karoten: 38 mcg
  • Lutein dan zeaxanthin: 85 mcg
  • Kolin: 6,1 mg
  • Vitamin A: 3 mcg
  • Vitamin B1: 0,027 mg
  • Vitamin B2: 0,033 mg
  • Vitamin B3: 0,154 mg
  • Vitamin C: 7 mg
  • Vitamin B9 (asam folat): 4 mcg
  • Vitamin E: 0,07 mg
  • Vitamin K: 2,1 mcg

Dari banyaknya kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika manfaat buah ceri cukup berperan penting dalam membantu menjaga kesehatan anak. Lantas, apa saja manfaat buah ceri yang perlu Mums ketahui? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Ragam Manfaat Buah Ceri untuk Anak

Seperti yang telah disebutkan ya, Mums, manfaat buah ceri sangat erat kaitannya dengan nutrisi makro dan nutrisi mikro yang terkandung di dalamnya. Setiap nutrisi memiliki peran penting dalam tubuh, bahkan ada pula beberapa nutrisi yang saling bekerja sama agar manfaatnya lebih optimal. Berikut ini beberapa manfaat buah ceri bagi kesehatan anak, antara lain:

  1. Membantu menjaga kesehatan pencernaan

    Sama seperti jenis buah-buahan lainnya, manfaat buah ceri juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan berkat kandungan serat di dalamnya. Serat berperan untuk memelihara bakteri baik di dalam usus. Seperti yang Mums ketahui, kesehatan usus akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Itulah sebabnya, manfaat buah ceri yang satu ini cukup penting untuk membantu mengoptimalkan sistem imun tubuh anak.

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat buah ceri yang pertama yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar lebih kuat dalam melawan infeksi penyebab penyakit. Ini karena senyawa flavonoid pada buah ceri berperan penting terhadap peningkatan fungsi sistem imun tubuh. Senyawa flavonoid dapat berperan sebagai antioksidan dan antivirus, sehingga tubuh anak bisa lebih kuat. 

    Flavonoid juga termasuk senyawa yang dapat membantu menurunkan risiko kanker dengan perannya untuk membantu menghentikan kerusakan sel yang disebabkan oleh karsinogen, yaitu zat pemicu kanker.

  3. Melindungi tubuh dari radikal bebas dan peradangan

    Warna merah pada buah ceri berasal dari kandungan senyawa antosianin yang bersifat antioksidan kuat. Kehadiran senyawa ini membuat manfaat buah ceri dapat membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang jadi pemicu penyakit. Selain antosianin, 2 antioksidan yang terkandung dalam buah ceri yaitu hydroxycinnamic acid dan perillyl alcohol. 

    Manfaat buah ceri yang tak kalah penting yaitu dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan. Manfaat buah ceri ini bisa didapatkan berkat kandungan senyawa aktif yang cukup beragam. Itulah sebabnya, buah ceri juga bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat peradangan pada tubuh. 

  4. Mengatasi sulit tidur

    Hadirnya manfaat buah ceri berkat kehadiran zat antiradang juga bisa membantu mengatasi sulit tidur lho, Mums. Melansir laman resmi healthline.com, penelitian menunjukkan bahwa jus buah ceri memiliki efek yang dapat membantu mengatasi insomnia pada anak-anak hingga orang dewasa. 

    Meski begitu, buah ceri bukan satu-satunya cara untuk mengatasi insomnia. Mums tetap perlu melakukan langkah lain untuk mengatasi masalah ini, seperti menetapkan jadwal tidur yang teratur, menciptakan suasana kamar yang nyaman, buat rutinitas sebelum tidur, dan lain sebagainya. 

  5. Mengontrol berat badan

    Manfaat buah ceri yang selanjutnya yaitu dapat mengontrol berat badan dengan baik. Dengan kandungan serat di dalam buah ceri, maka mengonsumsi buah ini juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih hingga dapat mengurangi risiko diabetes. Hal ini karena serat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengontrol gula darah.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Manfaat Buah Ceri?

Manfaat buah ceri akan terasa lebih maksimal jika buah ceri yang dikonsumsi berkualitas. Oleh karena itu, penting bagi Mums untuk tahu cara memilih, mengolah, dan menyimpan buah ceri dengan tepat. 

  • Cara memilih buah ceri

    Sebelum mengolahnya, pastikan Mums memilih buah ceri yang masih segar, masih ada batangnya, dan dalam keadaan dingin. Pastikan juga kondisi batangnya masih baik dan berwarna hijau segar ya, Mums. Itu adalah salah satu tanda bahwa buah ceri masih segar dan layak dikonsumsi. Selain itu, ciri-ciri buah ceri yang berkualitas yaitu kulitnya berkilau, keras, dan berwarna merah yang sedikit lebih gelap. Hindari memilih buah ceri yang sangat kecil, lembek, dan sudah cacat bagian permukaannya. 

  • Cara menyimpan buah ceri

    Setelah Mums memilih buah ceri yang tepat, sekarang saatnya mengetahui cara penyimpanan yang benar. Simpanlah buah ceri di dalam lemari pendingin atau kulkas. Sebelum dimasukkan, pastikan cuci buah ceri terlebih dahulu, kemudian keringkan hingga benar-benar kering menggunakan lap atau tisu, lalu bungkus dengan plastik. Buah ceri yang disimpan di dalam lemari pendingin biasanya akan bertahan hingga 1 minggu. Selain itu, Mums juga perlu memeriksa buah ceri di dalam lemari pendingin secara berkala. Hal ini untuk memastikan kesegaran buah ceri tetap terjaga. 

  • Cara mengolah buah ceri

    Memilih buah ceri yang berkualitas? Sudah. Menyimpannya dengan benar pun sudah. Sekarang saatnya Mums mengolah buah ceri dengan tepat. Buah ceri bisa dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar atau diolah dahulu menjadi jus, es krim, kue pie, cheese cake, dan lain sebagainya. Buah ceri juga bisa dikeringkan dan dijadikan penambah cita rasa untuk camilan atau kue.

    Apabila ingin mengombinasikan buah ceri dengan makanan lain, pastikan cara pengolahannya dengan tepat ya, Mums. Hindari memasak atau memanaskan buah ceri lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak, sehingga lebih mudah dicerna oleh anak. 

Banyak sekali manfaat buah ceri bagi kesehatan anak jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai batas normal. Meskipun kandungan nutrisi dan manfaatnya cukup banyak, Mums juga tetap harus menyeimbangkan makanan bergizi untuk si Kecil dengan tepat. Pastikan ia mendapat asupan protein, karbohidrat, lemak, serta berbagai vitamin dan mineral secara seimbang.

Salah satu asupan bernutrisi yang tak kalah penting adalah FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. FRISO Gold 3 merupakan susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah dicerna dan diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang