Lompat ke isi utama
Dongeng sebelum tidur

Intip Manfaat Membacakan Cerita Dongeng Sebelum Tidur Yuk!

Cerita dongeng sebelum tidur ternyata bisa jadi stimulasi untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak lho. Cari tahu manfaatnya di sini, yuk!

Mums sering membacakan cerita dongeng sebelum tidur untuk si Kecil? Selain menyenangkan, ternyata manfaat dongeng cukup penting untuk mendukung tumbuh kembangnya lho. Bahkan, Mums tidak perlu menunggu si Kecil memasuki usia balita untuk membacakan cerita dongeng sebelum tidur. Sebab, kegiatan ini pun sebenarnya sudah bisa Mums lakukan saat hamil atau saat si Kecil baru lahir. 

Meskipun si Kecil belum memahami cerita dongeng tersebut, tetapi kegiatan ini bisa jadi langkah awal yang sangat baik untuk merangsang kemampuan mendengar dan mengenali kosakata seiring dengan pertambahan usianya. Selain itu, membacakan cerita dongeng sebelum tidur juga bisa jadi quality time atau momen bonding yang mempererat hubungan Mums dan si Kecil. 

Ragam Manfaat Cerita Dongeng Sebelum Tidur

Berikut adalah beberapa manfaat cerita dongeng sebelum tidur yang bisa Mums biasakan kepada si Kecil: 

  1. Melatih perkembangan kognitif

    Perkembangan kognitif mengacu pada perkembangan kemampuan seorang anak dalam memperoleh makna dan pengetahuan dari pengalaman dan informasi yang ia dapatkan. Perkembangan kognitif meliputi proses mengingat, memecahkan masalah (problem solving), dan mengambil keputusan. 

    Setiap anak memiliki tahap perkembangan kognitif yang berbeda. Namun, Mums bisa mengetahui perkembangan kognitif yang ideal sesuai dengan rentang usia setiap anak. Perkembangan ini pun dipengaruhi oleh berbagai stimulasi yang Mums berikan, salah satunya dengan membacakan cerita dongeng sebelum tidur. 

    Saat si Kecil mendengar cerita dongeng yang dibacakan Mums, maka akan menstimulasi otaknya untuk berpikir dan berimajinasi. Hal inilah yang berpengaruh untuk melatih kecerdasan dan perkembangan kognitif si Kecil selama masa pertumbuhan.

  2. Meningkatkan kemampuan verbal

    Mendengar cerita dongeng sebelum tidur juga dapat menstimulasi kemampuan verbal si Kecil lho, Mums. Kemampuan verbal ini mencakup kemampuan lisan maupun tulisan. Kemampuan verbal memang akan berkembang dengan sendirinya seiring pertambahan usia si Kecil. 

    Namun, Mums juga tetap perlu menstimulasi kemampuan ini dengan membacakan cerita dongeng sebelum tidur agar si Kecil terbiasa dengan kosakata yang beragam. Dengan begitu, kegiatan ini pun akan merangsang kemampuannya saat berkomunikasi. Dengan banyaknya kosakata yang ia dengar, kemungkinan besar si Kecil bisa lebih mudah untuk menyampaikan keinginan dan perasaannya kepada Mums dan orang sekitar. 

  3. Merangsang minat baca sejak dini

    Kebiasaan Mums yang membacakan cerita dongeng sebelum tidur juga bisa meningkatkan minat baca si Kecil sejak dini lho. Setelah mendengar 1 dongeng, biasanya si Kecil akan penasaran untuk mendengar dongeng yang lainnya. Mums bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan buku sebagai salah satu “teman” yang menyenangkan bagi si Kecil. 

    Oleh karena itu, sebaiknya Mums membacakan cerita dongeng sebelum tidur dengan cara yang menyenangkan agar si Kecil antusias dan tertarik mendengar cerita tersebut. Selain itu, Mums juga perlu membiasakan si Kecil melihat sendiri tulisan dan gambar yang ada di dalam buku dongeng. 

    Meskipun si Kecil belum paham mengenai susunan kalimatnya, tetapi cara tersebut bisa merangsang ia agar terbiasa membaca buku secara langsung. Setelah si Kecil berusia balita, Mums juga bisa mengajaknya ke toko buku dan membiarkan ia memilih buku yang disukainya. 

    Baca juga: 11 Penyebab Bayi Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

  4. Menjalin kedekatan dengan si Kecil

    Kegiatan membaca cerita dongeng juga dapat mempererat ikatan batin antara Mums dan si Kecil. Kegiatan ini bisa menjadi sarana berkumpul yang menyenangkan setelah Mums disibukkan dengan aktivitas lain. Kebiasaan membaca cerita dongeng sebelum tidur secara bersama-sama bisa membuat si Kecil merasa diperhatikan dan mendapat kasih sayang dari Mums. 

    Mums bisa membacakan cerita dongeng sebelum tidur sambil memeluk si Kecil atau menirukan suara-suara lucu yang membuat ia tertawa dan merasa nyaman. Bahkan, jika kemampuan membaca si Kecil sudah semakin mahir, Mums juga bisa mendorong ia untuk membaca cerita dongeng sebelum tidur secara perlahan untuk melatih kemampuan membacanya. Momen kebersamaan inilah yang membuat hubungan antara orang tua dan anak semakin erat. 

  5. Meningkatkan kreativitas dan imajinasi 

    Kreativitas dan imajinasi memiliki peran penting dalam tumbuh kembang si Kecil. Kedua hal ini dapat mendorong ia untuk berpikir lebih kreatif dan cepat memerhatikan sesuatu. Namun, karena perkembangan kreativitas dan imajinasi setiap anak berbeda-beda, maka Mums perlu memberikan stimulasi yang baik, salah satunya dengan membacakan cerita dongeng sebelum tidur. 

    Penelitian dari Emory University menjelaskan bahwa membaca cerita dongeng pada anak dapat meningkatkan fungsi otaknya dengan lebih baik. Dalam penelitian ini, imajinasi anak saat mendengar dan membaca buku diibaratkan seperti perkembangan otot yang harus terus dilatih saat berolahraga. Oleh karena itu, Mums bisa membacakan cerita dongeng sebelum tidur yang menyenangkan dan memiliki pesan moral untuk si Kecil agar imajinasinya terasah dengan baik. 

  6. Sarana untuk menanamkan etika dan nilai kehidupan

    Cerita dongeng juga bisa menjadi sarana untuk menanamkan etika dan nilai-nilai kehidupan kepada si Kecil. Sebab, banyak cerita dongeng yang mengandung pelajaran hidup yang bisa kita petik bersama. Pelajaran hidup inilah yang sangat penting dimiliki oleh si Kecil sebagai bekal untuk kehidupannya di masa mendatang. 

    Selain itu, cerita dongeng sebelum tidur juga bisa menjadi salah satu sarana bagi Mums untuk menasihati si Kecil dengan baik. Oleh karena itu, sebelum membacakan cerita dongeng sebelum tidur, pastikan Mums lebih cermat saat memilih buku dongeng yang tepat. Sebaiknya pilih dongeng yang mengandung unsur pendidikan, budaya, atau lainnya yang dikemas dengan alur positif dan menarik. 

Setelah mengetahui beragam manfaat membacakan cerita dongeng sebelum tidur, kini saatnya Mums membiasakan kegiatan ini agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal, yuk! Bagi Mums yang masih bingung untuk memulainya, tak perlu khawatir ya, karena ada beberapa tips agar menjadi pendongeng yang baik bagi si Kecil.

Tips Menjadi Pendongeng yang Baik Bagi si Kecil

Berikut ini beberapa tips yang bisa Mums lakukan saat membacakan cerita dongeng sebelum tidur kepada si Kecil, di antaranya: 

  • Luangkan waktu hanya untuk si Kecil, sehingga Mums tidak terganggu oleh hal-hal lain dan bisa membaca cerita dongeng sebelum tidur dengan nyaman
  • Pilih buku yang bisa menarik perhatian si Kecil, seperti buku dongeng yang penuh gambar dan berwarna-warni
  • Pilih juga buku dongeng yang mengandung pesan moral atau pelajaran hidup yang penting bagi si Kecil
  • Pastikan Mums sudah mengetahui alur cerita agar bisa mendalami dan menyampaikan pesan ceritanya dengan lancar
  • Ceritakan dongeng tersebut dengan penuh ekspresi agar si Kecil antusias
  • Jika dongeng tersebut bercerita tentang hewan, Mums juga bisa membuat suara-suara yang menirukan suara hewan tertentu. Hal ini penting agar si Kecil mengenali suara-suara hewan
  • Bila perlu, Mums bisa membacakan cerita sambil bernyanyi agar kegiatan ini semakin menyenangkan
  • Buatlah si Kecil nyaman saat Mums membacakan cerita dongeng sebelum tidur
  • Gunakan kata-kata Mums sendiri yang mudah dipahami oleh si Kecil
  • Ajak si Kecil untuk berinteraksi selama kegiatan berlangsung, seperti tanya-jawab atau membaca cerita secara bergantian. Interaksi timbal balik ini penting agar menghasilkan komunikasi dua arah yang efektif antara Mums dan si Kecil
  • Mums sebaiknya tidak perlu mengajari atau mendikte si Kecil setiap membaca cerita karena hal tersebut bisa mengurangi kesenangannya selama kegiatan mendongeng berlangsung 

Nah, itu dia beberapa manfaat dan tips mendongeng yang baik kepada si Kecil. Selain mendongeng, tumbuh kembang si Kecil juga perlu dioptimalkan dengan memberikan ia asupan nutrisi yang bermanfaat, salah satunya adalah susu FRISO Gold 3 karena mengandung beragam nutrisi, seperti protein, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, zinc, mangan, selenium, dan tembaga. 

Selain itu, susu FRISO Gold 3 juga termasuk susu pertumbuhan yang kaya nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. FRISO Gold 3 termasuk susu pertumbuhan bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang