Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
sayuran yang mengandung vitamin D

Intip Sayuran yang Mengandung Vitamin D untuk Anak

Sayuran yang mengandung vitamin D ternyata dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak lho. Yuk, simak manfaat lainnya di bawah ini!

Mungkin selama ini Mums sering mendengar manfaat vitamin D untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Padahal, manfaat vitamin D tak hanya itu lho, Mums. Vitamin D juga bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan kesehatan tulang dan gigi. Ini karena Vitamin D berperan dalam meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh. 

Manfaat vitamin ini bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan, salah satunya adalah sayuran yang mengandung vitamin D. Oleh karena itu, sebenarnya manfaat vitamin ini bukan diperoleh dari makanan tinggi vitamin D dan kemudian diaktifkan di kulit yang terpapar sinar matahari.

Sayuran yang Mengandung Vitamin D

Seperti yang Mums ketahui, sayuran yang mengandung vitamin D bisa membantu memenuhi gizi harian anak agar dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya. Namun, berbeda dengan kalsium, hingga saat ini tidak ada sayuran yang dianggap sebagai sumber vitamin D yang tinggi untuk kesehatan anak. 

Meskipun kandungan nutrisinya tidak terlalu tinggi, akan tetapi sayuran yang mengandung vitamin D bisa menjadi tambahan nutrisi karena mengandung vitamin dan mineral lain untuk mendukung kesehatan anak, antara lain:

  • Brokoli

    Sayuran yang mengandung vitamin D yang bisa diberikan kepada anak yaitu brokoli. Sayuran hijau ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak, mulai dari menjaga kesehatan saluran pencernaan, meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. 

    Sayuran yang mengandung vitamin D ini bisa Mums kreasikan menjadi makanan lezat dan bernutrisi bagi anak, seperti sop brokoli, tumis brokoli, perkedel daging brokoli, dan lain sebagainya. 

  • Bayam

    Bayam juga termasuk sayuran yang mengandung vitamin D dengan beragam manfaat yang baik bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. Sayuran yang mengandung vitamin D ini penting untuk menjaga sistem imun tubuh, melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menangkal radikal bebas. Mums dapat mengolah sayuran yang mengandung vitamin D ini menjadi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sup bayam bening. 

  • Jamur

    Jamur merupakan salah satu sayuran yang mengandung vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Ini karena jamur mengandung pro-vitamin yang bernama ergosterol. Ergosterol akan membantu jamur untuk menyintetiskan vitamin D2 ketika terkena paparan sinar matahari. 

Itulah beberapa sayuran yang mengandung vitamin D yang aman dikonsumsi oleh anak. Meskipun sayuran yang mengandung vitamin D cukup sedikit jenisnya, tetapi Mums tidak perlu khawatir karena ada makanan lain yang memiliki kandungan vitamin D cukup tinggi. Simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Jenis Makanan Lain yang Tinggi Vitamin D

Selain mengonsumsi sayuran yang mengandung vitamin D, penting bagi Mums untuk memberikan anak makanan lain yang tinggi vitamin D dan membiasakan ia untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi. Akan lebih optimal jika anak berjemur sejak matahari terbit sampai jam 09.00 pagi. Durasinya cukup 10 sampai 15 menit, sebanyak 3 kali dalam seminggu. Atau Mums bisa mengajak anak untuk bermain di luar ruangan pada waktu tersebut. 

Selain itu, anak-anak juga bisa mendapatkan fungsi vitamin D dari beberapa jenis sumber makanan yang kaya vitamin D, di antaranya: 

  • Susu

    Selain sayuran yang mengandung vitamin D, susu juga termasuk sumber vitamin D yang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Bahkan, susu juga merupakan makanan yang kaya akan nutrisi lain, di antaranya protein, karbohidrat, lemak, serta beragam vitamin dan mineral lainnya. Nah, salah satu susu yang mengandung vitamin D adalah susu pertumbuhan FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak.

    Susu Friso Gold 3 termasuk susu bernutrisi tinggi yang diperkaya dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh anak agar membantunya kuat dari dalam. 

  • Ikan salmon

    Selain sayuran yang mengandung vitamin D, ikan salmon juga termasuk sumber vitamin D terbaik lho, Mums. Salmon termasuk jenis ikan yang memiliki banyak nutrisi, seperti protein, lemak, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B3, selenium, kalsium, kalium, dan natrium. Selain penting untuk kesehatan tulang, ikan salmon juga bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak, baik untuk kesehatan jantung, kulit, dan rambut. 

  • Ikan sarden

    Jenis ikan lainnya yang memberikan manfaat vitamin D bagi tubuh anak adalah ikan sarden. Di balik rasanya yang gurih, ikan sarden mengandung banyak nutrisi, seperti protein, karbohidrat, vitamin B12, vitamin E, zat besi, kalsium, magnesium, kalium, dan zinc. Oleh karena itu, sarden bermanfaat untuk melindungi fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, membangun dan memelihara otot tubuh, dan menjaga kesehatan tulang.

  • Ikan tuna

    Ikan tuna juga termasuk makanan yang mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Ikan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak, di antaranya mendukung perkembangan otak, meningkatkan metabolisme tubuh, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, serta mencegah anemia. Manfaat ini bisa didapatkan berkat kandungan nutrisi yang beragam, seperti protein, asam lemak omega 3, vitamin B, vitamin D, kalsium, fosfor, kalium, zinc, selenium, dan kolin. 

  • Hati sapi

    Meskipun mengandung vitamin D dalam jumlah yang sedikit dibandingkan ikan, tetapi hati sapi bisa mendukung kebutuhan vitamin D harian lho. Namun, Mums tetap harus membatasi asupan makanan ini sesuai batas normal. Sebab, hati sapi mengandung kolesterol yang cukup tinggi, jika dikonsumsi secara berlebihan bisa berbahaya terhadap kesehatan. 

  • Kuning telur

    Selain berbagai jenis sayuran yang mengandung vitamin D, ikan dan hati sapi, kuning telur juga termasuk makanan yang kaya akan vitamin D dan bermanfaat untuk kesehatan anak. Meskipun bergizi, namun Mums tetap harus membatasi asupan kuning telur dengan menyeimbangkan asupan nutrisi dari makanan bergizi lainnya. 

  • Minyak hati ikan kod

    Anak-anak juga bisa mendapatkan manfaat vitamin D yang lebih optimal dari minyak ikan kod. Selain kaya akan vitamin A dan asam lemak omega 3, minyak ikan kod mengandung vitamin D yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan anak. Pastikan mengonsumsi minyak ikan kod sesuai batas normal dan tidak berlebihan ya, Mums. 

Nah, itu dia beberapa jenis makanan dan sayuran yang mengandung vitamin D yang aman dikonsumsi oleh anak. Pastikan Mums mengolah makanan tersebut dengan tepat. Hindari memasak dan memanaskan makanan lebih dari satu kali agar nutrisi alami di dalamnya tidak rusak sehingga nutrisinya mudah dicerna dan diserap.

 

Ditinjau Oleh: dr. Rulli P.A Situmorang