Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin Anak, Ini Cara Lainnya!

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin Anak, Ini Cara Lainnya!

Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan oleh semua orang di situasi new normal seperti sekarang ini. Baik anak-anak, maupun orang dewasa, ketika memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka tidak akan mudah terserang penyakit. Untuk anak-anak khususnya, daya tahan tubuh perlu benar-benar ditingkatkan dan dijaga, dengan melakukan aktivitas sehat serta konsumsi vitamin anak jika diperlukan.

Kunci dari kekuatan daya tahan tubuh sebenarnya terletak pada penerapan pola hidup sehat dan asupan nutrisi yang cukup. Pada era seperti sekarang ini, banyak waktu akan dihabiskan di rumah. Tentu ini juga mendukung terbentuknya daya tahan tubuh yang baik karena akan semakin sedikit paparan polutan yang diterima tubuh. Pada waktu yang bersamaan, area rumah juga bisa lebih dikondisikan agar selalu bersih dan higienis.

Nah, jika Mums ingin mulai menerapkan pola hidup sehat, Mums bisa melihat beberapa penjelasan di bawah ini. Mulai dari olahraga rutin, konsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan, hingga konsumsi vitamin anak, semua akan dibahas agar didapatkan pemahaman yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga Rutin Di Rumah

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin Anak, Ini Cara Lainnya!

Ajak si Kecil untuk secara rutin olahraga di rumah. Mums bisa memanfaatkan area kamar si Kecil, atau area taman di belakang rumah untuk berolahraga. Sebenarnya jika memungkinkan Mums dianjurkan untuk berolahraga di luar rumah, agar ketika tubuh bergerak sekaligus mendapatkan paparan sinar matahari pagi yang sangat sehat.

Olahraga yang bisa dilakukan seperti misalnya senam dan gerakan pemanasan rutin, menggunakan sepeda statis, berenang, atau sekedar melakukan workout ringan beberapa menit. Meski terkesan tidak berat, olahraga secara rutin dapat membantu menyehatkan jantung sekaligus merangsang tumbuh kembang fisik si Kecil. Jadi sembari menjaga kesehatan, Mums juga akan memberikan rangsangan pada tumbuh kembang fisiknya.

Konsumsi Makanan Sehat dan Higienis

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin Anak, Ini Cara Lainnya!

Menu makanan sehat harus menjadi prioritas dalam rangka membangun daya tahan tubuh setiap anggota keluarga. Dengan konsumsi makanan sehat, kebutuhan vitamin anak juga dapat dipenuhi. Tentu saja, catatan utamanya adalah makanan tersebut harus diolah dan disajikan dengan higienis agar manfaat baik yang ada di dalamnya bisa dirasakan oleh tubuh si Kecil.

Sederet makanan sehat bisa menjadi pilihan, mulai dari buah-buahan (mangga, jeruk, apel, nanas, kiwi, melon, pisang, alpukat, dan sebagainya), sayuran (bayam, bunga kol, brokoli, wortel, dan sebagainya), serta daging dan sumber protein lainnya. Jika setiap bahan makanan bisa disajikan dalam porsi seimbang untuk setiap anggota keluarga, maka idealnya kebutuhan nutrisi harian untuk tumbuh dan menyusun daya tahan tubuh yang kuat bisa diperoleh.

Untuk anak-anak, kebutuhan vitamin anak juga dapat dipenuhi dengan konsumsi makanan sehat seperti ini. Vitamin C dan A adalah vitamin yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh si Kecil. Demikian pula dengan Vitamin D yang diperlukan untuk membantu tumbuh kembang tulang. Jadi setiap vitamin dan nutrisi yang diperlukan si Kecil bisa didapatkan dengan makanan seperti ini.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin Anak, Ini Cara Lainnya!

Salah satu kebiasaan yang wajib diterapkan pada anak-anak di masa new normal adalah mencuci tangan secara rutin. Aktivitas di dalam rumah meskipun lebih kondusif daripada aktivitas di luar rumah tetap harus mengutamakan kebersihan. Setiap selesai melakukan sesuatu, biasakan si Kecil mencuci tangan dengan benar sampai tangannya benar-benar bersih.

Selain itu, biasakan pula si Kecil untuk mandi setidaknya dua kali dalam sehari untuk menjaga kebersihan tubuh. Asupan makanan dan vitamin anak saja rasanya akan kurang optimal jika tidak dipadukan dengan upaya menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Untuk mendukungnya, Mums bisa membantu menjaga lingkungan rumah agar tetap bersih dan higienis, sehingga resiko infeksi dapat diminimalisir.

Istirahat yang Cukup dan Vitamin Anak

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Vitamin Anak, Ini Cara Lainnya!

Terakhir, dalam rangka menjaga daya tahan tubuh selama masa new normal yang perlu dilakukan adalah memastikan si Kecil memiliki waktu istirahat yang cukup. Ketika tidur, tubuh akan memproduksi sel-sel baru dan membangun daya tahan tubuh secara optimal. Maka penting untuk si Kecil memiliki jadwal tidur yang teratur demi optimalnya tumbuh kembang dan daya tahan tubuh yang kuat.

Pada waktu yang bersamaan, jika diperlukan, Mums juga dapat memberikan vitamin anak pada si Kecil dalam bentuk suplemen. Untuk yang satu ini, ada baiknya jika Mums berkonsultasi dulu dengan dokter agar mendapatkan rekomendasi vitamin yang tepat untuk si Kecil.

Baca Juga : Inilah Bakteri yang Baik bagi Kesehatan Balita

Memenuhi kebutuhan harian vitamin anak rasanya hal yang mutlak dilakukan, demi menjaga daya tahan tubuh dan optimalnya tumbuh kembang si Kecil selain beberapa poin di atas, ada baiknya Mums juga memberikan Friso Gold 4, yang memiliki kandungan nutrisi lengkap dan seimbang. Friso Gold 4 dilengkapi teknologi Locknutri yang dapat menjaga kualitas alami nutrisi sehingga bisa diserap lebih mudah oleh tubuh si Kecil dan membantunya kuat dari dalam. Cermati setiap poinnya, dan terapkan dengan disiplin ya Mums!