Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Jaga Kebugaran Tubuh ketika Hamil dengan Water Aerobic

Jaga Kebugaran Tubuh ketika Hamil dengan Water Aerobic

Aktivitas ini tidak hanya dapat menyegarkan tubuh Mum,tapi juga bisa membantu meredakan rasa nyeri yang Mum rasakan karena membawa si Kecil di dalam perut.Simak langkah-langkahnya, yuk!

Aktivitas yang bisa dilakukan

1. Persiapan

Mum disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang apa yang boleh dilakukan dan perlu dihindari. Sebaiknya,ajak juga Dad untuk menemani dan menjaga Mum ketika di dalam kolam, ya.

2. Siapkan Perlengkapan

Seperti pakaian renang khusus ibu hamil, sepatu renang,handuk, serta air minum agar Mum tetap terhidrasi. Guna mengurangi risikocedera, jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu ya, Mum.

3. Pemilihan Kolam Renang

Pemilihan Kolam Renang

Pilih kolam renang dengan level air setinggi dada agar aktivitas ini bisa lebih optimal. Awali aktivitas dengan berdiri tegak saat berada didalam kolam. Kemudian, mulai aerobik dengan melakukan gerakan seperti jalan ditempat, dengan lutut diangkat setinggi pinggang, dan tangan diayunkan ke depandan belakang secara bergantian. Mum juga bisa menggunakan water dumbbell yang dapat mengapung seperti pelampung, sebagai alatbantu agar lebih mudah melakukan gerakan ini. Lakukan gerakan ini sambil mengatur napasuntuk membantu meregangkan otot lengan, bahu, kaki, dan pinggul.

4. Gerakan Lainnya

Gerakan Lainnya

Gerakan lain yang bisa Mum lakukan adalah mengambang dengan posisitelentang seperti renang gaya punggung. Untuk melakukannya, Mum bisamenggunakan bantuan pelampung sebagai sandaran dan penopang punggung, Atau meminta bantuan Dad untuk menahan tubuhMum di dalam air. Kemudian, buka lebar kaki Mum dan tutup kembali denganperlahan. Lakukan gerakan ini secara berulang untuk membantu meregangkan ototlengan, bahu, paha, dan punggung.

5. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Tubuh Mum mungkin tidak terasa berkeringat ketika didalam air. Padahal, olahraga ringan ini cukup banyak menyerap cairan tubuh Mum,lho. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh Mum dengan meminum airputih di sela-sela aktivitas, ya.

6. Manfaat Bagi Mum

Selain dapat membantu Mum meredakan rasa nyeri dan pegal, aerobik air ini juga bisa menjadi cara untuk berelaksasi. Pasalnya, tekanan di dalam air dapat membuat tubuh Mum terasa lebih ringan dan otot-otot menjadi lebih relaks.

7. Manfaat Bagi Si Kecil

Olahraga ringan yang Mum lakukan selama kehamilan dapat meningkatkan produksi oksigen yang tidak hanya baik untuk Mum sendiri, tapi juga untuk si Kecil dalam kandungan. Tidak hanya itu, olahraga yang rutin juga dapat membantu meningkatkan kinerja jantung si Kecil.

8. Info Nutrisi

Selain aktivitas fisik, Mum juga perlu menjaga kesehatan kandungan dengan memenuhi asupan yang tidak hanya bernutrisi, tapi juga mudah dicerna oleh tubuh. Jus alpukat bisa dijadikan pilihan untuk dinikmati sebelum dan sesudah melakukan aktivitas ini. Sebab, jenis buah ini merupakan sumber Serat, Folat, Kalium, VitaminC, K, dan B6 yang baik untuk memberikan energi padatubuh, serta dapat mengoptimalkan pertumbuhan jaringan otak si Kecil.

Selain itu, penuhi juga kebutuhan nutrisi Mum dan janin,dengan rutin meminum Friso mum Gold yang diperkaya dengan Protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh. Baiknya lagi, rasanya juga lezat lho, Mum!Friso juga diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak diproses dengan pemanasan berlebih, sehingga kualitas nutrisi susu ibu hamil ini tetap terjaga hingga proses persalinan nanti.