Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Jenis Makanan Bayi 1 Tahun yang Baik untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Jenis Makanan Bayi 1 Tahun yang Baik untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal merupakan salah satu bentuk pertumbuhan yang optimal pada si Kecil. Pada usia 1 tahun idealnya berat si Kecil berada di kisaran angka berapa kilogram, kemudian pada usia 2 tahun dan seterusnya. Berat badan ideal artinya tidak terlalu kurus atau tidak terlalu gemuk. Untuk itu, makanan bayi 1 tahun harus dipilih dengan cermat dan tepat.
Ketika berusia 1 tahun si Kecil telah mampu mengkonsumsi makanan yang lebih variatif dibandingkan usia sebelumnya. Jika sebelumnya asupan makanan si Kecil terbatas dari ASI saja, maka pada usia ini variasi makanan bisa diberikan dengan tekstur yang lebih padat. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan si Kecil telah berkembang dan memiliki kemampuan untuk mencerna makanan lebih padat.
Namun demikian, Mums tetap harus memperhatikan tekstur makanan yang diberikan pada si Kecil. Meski sudah memiliki sistem pencernaan yang lebih baik, si Kecil belum mampu mencerna makanan dengan tekstur terlalu keras. Alih-alih dapat memberikan nutrisi, makanan yang memiliki tekstur terlalu keras atau kasar justru akan memberikan masalah pada pencernaan si Kecil.
Untuk itu, berikut ini beberapa makanan dengan tekstur cenderung lembut serta pengolahan yang tepat. Agar si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup, simak makanan bayi 1 tahun yang tertera pada poin-poin di bawah ini.

Pisang

Buah yang kaya akan kandungan Potasium ini memiliki tekstur yang lunak dan halus sehingga tepat untuk dikonsumsi si Kecil pada usia 1 tahun. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B6 dan Karbohidrat yang dapat memberikan tenaga serta memperkuat sistem pertahanan tubuh si Kecil.
Mums bisa menyajikan pisang dalam bentuk smoothie agar lebih mudah dicerna oleh si Kecil. Buah ini juga cocok digunakan sebagai bekal ketika bepergian. Jadi Mums tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu si Kecil merasa ingin makan di tengah perjalanan jauh.

Ubi

Jenis umbi-umbian yang satu ini juga bisa jadi solusi untuk meningkatkan berat badan si Kecil ke angka ideal. Biasanya, ubi diolah dengan direbus dan ditumbuk. Rasanya yang manis sangat digemari anak-anak. Selain itu, ubi juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak, diantaranya Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, Fosfor, Potasium dan sebagainya.
Selain pisang, Mums juga bisa menjadikan ubi sebagai bekal ketika bepergian. Ringkas dan praktis, ubi bisa jadi pilihan makanan untuk mendapatkan berat badan ideal.

Produk Susu

Selain kedua bahan makanan di atas, berbagai produk olahan susu juga bisa jadi sumber makanan dan minuman yang baik untuk mendapatkan berat badan ideal pada si Kecil. Berbagai makanan olahan susu yang bisa diberikan untuk si Kecil antara lain adalah yogurt, butter, keju dan sejenisnya. Produk olahan susu ini biasanya memiliki nutrisi yang tidak kalah lengkap. Yang utama adalah lemak baik dan kalori, yang bisa jadi bahan penambah berat badan si Kecil.
Namun demikian pada beberapa kasus produk susu tidak dapat dikonsumsi oleh si Kecil karena memiliki alergi tertentu. Sebelum memberikan produk olahan susu, ada baiknya Mums berkonsultasi dengan dokter atau ahli anak kepercayaan.

Telur

bisa dibilang telur merupakan powerhouse untuk urusan nutrisi seperti Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral. Olahan yang mudah disajikan? Mums bisa memilih mulai dari omelette, scrambled, telur rebus, telur goreng, atau mungkin saja french toast. Selain rasanya nikmat, telur merupakan salah satu jenis makanan yang banyak disukai anak-anak.
Sama seperti produk susu, pada kasus tertentu juga ada anak-anak yang memiliki alergi pada telur dan olahannya. Sebelum memberikan telur pada si Kecil, ada baiknya Mums berkonsultasi dan memastikan bahwa si Kecil tidak memiliki alergi telur.

Kacang-Kacangan dan Buah Kering

Kacang-kacangan dikenal luas memiliki kandungan lemak nabati yang sangat baik untuk pertumbuhan si Kecil. Jenis makanan ini juga memberikan nutrisi yang sangat baik untuk si Kecil mendapatkan berat badan ideal. Selain bentuk biji-bijian, produk olahan kacang seperti selai juga sangat baik diberikan untuk si Kecil jika ingin menambah berat badan.
Sedangkan buah kering dapat diberikan sebagai tambahan agar si Kecil tidak bosan. Rasanya yang beragam membuat buah kering jadi cemilan yang disukai anak-anak. Dibalik rasa yang nikmat, terdapat kandungan nutrisi dan serat yang dapat membantu tumbuh kembang dan pencernaan si Kecil.

Alpukat

Buah berwarna hijau yang sering dikonsumsi sebagai jus ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Mulai dari VItamin B6. Vitamin E. Vitamin C. VItamin K, Asam Folat, Serat serta Lemak baik, ada di dalam setiap buah alpukat.

Demikian tadi beberapa jenis makanan bayi 1 tahun yang bisa Mums berikan pada si Kecil untuk mendapatkan berat badan ideal. Untuk  beberapa makanan yang mungkin si Kecil kurang cocok, Mums bisa menyiasatinya dengan memberikan makanan lain dengan nutrisi setara atau mengkombinasikannya agar lebih menarik. Jika Mums memiliki pertanyaan seputar nutrisi si Kecil, Mums juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) terkait berbagai hal, langsung dengan fitur live chat di situs resmi Friso ya.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang