Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat serta Manfaatnya untuk si Kecil, Simak Baik-Baik ya Mums!

Jenis Makanan yang Mengandung Karbohidrat serta Manfaatnya untuk si Kecil, Simak Baik-Baik ya Mums!

Berbagai kebutuhan nutrisi menjadi kebutuhan dasar seorang anak untuk tumbuh. Memilih dan memberikan makanan yang mengandung Karbohidrat misalnya, menjadi penting untuk membantu memastikan masa tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan optimal. Sebenarnya hal ini tidaklah sulit untuk dilakukan lho Mums, karena mungkin secara tak sadar Mums sudah melakukannya. Di sini kemudian akan sedikit lebih dijabarkan jenis makanan serta apa saja  manfaat Karbohidrat untuk masa tumbuh kembang si Kecil.

Mungkin manfaat yang paling umum dan banyak dipahami masyarakat adalah bahwa nutrisi ini menjadi sumber tenaga untuk aktivitas yang dilakukan. Ya, hal ini benar, Karbohidrat merupakan salah satu sumber asupan energi yang diperlukan untuk tubuh dapat bekerja dan terus tumbuh. Setiap hari, tubuh si Kecil memerlukan asupan Karbohidrat agar setiap organ dapat bekerja. Dan uniknya ternyata sebanyak 20% tenaga dialokasikan untuk kerja otak, baru sisanya ke organ dan bagian tubuh lain.

Mungkin dengan melihat presentase di atas saja Mums sudah akan dapat membayangkan betapa pentingnya asupan Karbohidrat untuk si Kecil setiap hari. Nah agar lebih memahami pentingnya asupan nutrisi ini, simak beberapa manfaat lain dari Karbohidrat dalam proses tumbuh kembang si Kecil secara umum berikut ini.

Asupan Energi Utama untuk Tubuh

Zat makro ini ketika masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi elemen gula yang lebih kecil seperti Glukosa, Fruktosa dan Sukrosa. Nah, tiga bagian kecil ini yang kemudian akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk menjadi energi untuk bergerak serta tumbuh. Seperti yang disampaikan di atas, bahwa sebanyak 20% energi akan digunakan oleh otak. Ini mengapa kebutuhan Karbohidrat setiap hari harus dipenuhi untuk menjamin kerja dan pertumbuhan otak agar tetap optimal.

Mendukung Fungsi Organ Pencernaan si Kecil

Selain menyediakan energi untuk tumbuh dan beraktivitas, konsumsi makanan yang mengandung Karbohidrat juga dapat membantu mendukung fungsi organ  pencernaan si Kecil. Karbohidrat yang masuk ke dalam pencernaan akan menjadi ‘makanan’ untuk bakteri baik dalam organ pencernaan dan membantu produksi Vitamin B Kompleks. Dengan demikian jumlah bakteri baik akan terjaga, sekaligus dapat menyerap Kalsium lebih optimal.

Menjamin Protein Berfungsi secara Semestinya

Mengapa dinyatakan demikian? Karena ketika tubuh si Kecil kekurangan asupan Karbohidrat, maka tubuh secara otomatis akan menggunakan Protein yang ada sebagai sumber energinya. Padahal Protein memiliki fungsi penting lain dan seharusnya tidak dibakar menjadi energi. Jika asupan Karbohidrat tidak dapat terpenuhi resikonya adalah tubuh si Kecil akan kekurangan asupan Protein sehingga peran yang seharusnya dijalankan oleh Protein tidak dapat bekerja dengan baik.

Kerja Sel Tubuh dan Pembentukannya

Memenuhi kebutuhan Karbohidrat untuk si Kecil juga penting untuk memastikan kerja sel tubuh serta proses pembentukannya lho Mums. Zat gizi makro ini sendiri merupakan penyusun utama sel dalam tubuh seperti Mitokondria, Membran Sel, dan sebagainya. Ketika asupannya terpenuhi makan sel tubuh tersebut dapat bekerja sempurna dan mendukung tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil. Selain itu dalam masa tumbuh kembang, penambahan volume dan jumlah sel akan terus terjadi sehingga harus diberikan bahan yang cukup agar dapat berjalan optimal.

Nah itu tadi 4 manfaat utama dari Karbohidrat Mums. Jadi sekarang Mums sudah memiliki informasi yang lebih lengkap bukan? Pemenuhan nutrisi seperti Karbohidrat ini akan dapat dilakukan lebih baik pula tentunya. Selanjutnya, Mums juga akan mendapatkan informasi mengenai apa-apa saja jenis makanan yang baik untuk membantu Mums memenuhi kebutuhan Karbohidrat harian si Kecil. Tanpa perlu berlama-lama lagi, cek daftarnya yuk!

Karbohidrat Sederhana

Jenis Karbohidrat ini memiliki struktur sederhana dan mudah dicerna oleh tubuh sehingga tidak memakan waktu yang lama. Kelebihannya adalah dapat lebih cepat diserap dan dimanfaatkan, namun di waktu yang sama kurang baik jika digunakan sebagai sumber tenaga utama dalam tempo waktu yang cukup lama. Makanan yang mengandung Karbohidrat sederhana ini misalnya gula putih, madu dan gula merah Mums.

Karbohidrat Kompleks

Nah untuk jenis ini, waktu yang digunakan dalam pencernaan lebih lama sehingga dapat menyediakan tenaga untuk tempo yang cukup lama pula. Biasanya nutrisi dari makanan berikut akan dijadikan sumber energi utama untuk aktivitas harian si Kecil. Daftarnya antara lain adalah roti, jagung, gandum, pasta, nasi, kentang serta kacang-kacangan.

Berikut tadi sedikit informasi mengenai makanan yang mengandung Karbohidrat yang dapat Mums pilih untuk dikonsumsi si Kecil. Jangan lupa juga bahwa kebutuhan nutrisi harian si Kecil tak hanya itu saja, namun juga Kalsium, Protein, Vitamin dan lain sebagianya. Mums dapat memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan memberikan si Kecil Friso Gold 4. Diproses dengan metode Single Process sehingga tidak mengalami pemanasan berlebih, Friso Gold dijamin mengandung setiap manfaat alami susu sapi. Selain itu dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami terjaga sehingga lebih mudah diserap tubuh si Kecil sehingga membantunya kuat dari dalam.

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang