Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Kandungan Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan Si Kecil

Kandungan Pepaya dan Manfaatnya untuk Kesehatan Si Kecil

Pepaya menjadi salah satu buah pilihan orang tua saat anaknya mengalami sembelit atau susah air besar. Sebab, kandungan pepaya yang kaya serat dapat melancarkan pencernaan si Kecil. Selain rasanya yang enak dan mudah ditemukan, kandungan pepaya juga diperkaya oleh beragam vitamin dan mineral lain yang bermanfaat untuk kesehatan. Si Kecil bisa mengonsumsi buah pepaya secara langsung atau diolah menjadi hidangan yang lezat. Nah, dalam artikel ini Mums akan tahu apa saja kandungan pepaya yang kaya nutrisi serta ide olahannya yang mudah dan lezat. Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

Kandungan Pepaya dan Manfaatnya untuk Anak

Meski harganya terjangkau, buah pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup banyak lho. Berikut ini kandungan pepaya dan manfaatnya untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil:

Kandungan Pepaya: Karbohidrat dan Serat

Karbohidrat dan serat termasuk nutrisi dengan kadar tinggi yang ada dalam kandungan pepaya. Dalam seporsi pepaya, rata-rata terdapat sekitar 16 gram karbohidrat, 2,5 gram serat, dan 11 gram gula alami. Berkat kandungan pepaya tersebut, buah ini menjadi pilihan tepat untuk menjaga dan melancarkan pencernaan si Kecil. Selain itu, kandungan gula alami dalam pepaya juga lebih baik dibandingkan pemanis buatan atau sukrosa. Sebab, penelitian menunjukkan bahwa anak dengan asupan pemanis buatan (sukrosa) yang rendah memiliki kualitas pertumbuhan dan asupan nutrisi lebih baik dalam jangka panjang dibandingkan anak yang mengonsumsi makanan tinggi sukrosa sejak dini. American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun mengonsumsi makanan dan minuman bebas sukrosa. Sedangkan, anak-anak yang berusia 2 tahun ke atas hanya boleh mengonsumsi sukrosa tidak lebih dari 25 gram atau setara 6 sendok teh setiap hari. Meskipun gula alami dalam kandungan pepaya lebih baik dibandingkan sukrosa, namun asupannya pun harus disesuaikan dengan kebutuhan si Kecil ya, Mums.

Kandungan Pepaya: Protein

Meskipun protein dalam kandungan pepaya cukup rendah, namun Mums juga perlu mengetahui manfaat dari nutrisi yang satu ini. Protein memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, yaitu membangun dan memelihara sel-sel serta jaringan tubuh. Oleh karena itu, asupan protein sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil. Mums bisa memaksimalkan asupan protein dari sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, kacang-kacangan, serta hasil olahannya. 

Kandungan Pepaya: Vitamin A

Vitamin A dalam pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak, salah satunya dapat menjaga kesehatan mata dan mempertajam penglihatan. Tak hanya itu, vitamin A juga bisa menghasilkan kelembapan yang cukup agar terhindar dari kondisi mata kering. 

Kandungan Pepaya: Vitamin C

Vitamin C termasuk nutrisi dalam kandungan pepaya dengan kadar yang cukup tinggi. Bahkan, sebagian besar nutrisi dalam pepaya berasal dari vitamin C dengan manfaat yang luar biasa. Seperti yang Mums ketahui, vitamin C berperan untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan zat besi, melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Baca juga: Manfaat Vitamin C Bisa Cegah Virus Corona? Cek Faktanya di Sini, Mums!

Kandungan Pepaya: Vitamin K

Vitamin K merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh dalam proses pembekuan darah. Pepaya termasuk buah yang mengandung vitamin K yang baik untuk kesehatan tubuh si Kecil. Selain dari pepaya, Mums bisa mendapatkan manfaat vitamin K dari berbagai sayuran dan buah-buahan, seperti bayam, brokoli, kangkung, lobak, sawi, kiwi, delima, anggur, dan alpukat. 

Kandungan Pepaya: Asam Folat (Vitamin B9)

Kandungan pepaya berupa asam folat (vitamin B9) harus dipenuhi dengan baik. Sebab, nutrisi ini memiliki peranan penting bagi tubuh si Kecil, mulai dari metabolisme protein, menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku, hingga membantu menjaga fungsi organ lainnya. Oleh karena itu, Mums perlu memenuhi asupan nutrisi ini dari berbagai sumber makanan kaya akan asam folat (vitamin B9) seperti buah pepaya. 

Kandungan Pepaya: Kalsium

Mums pasti sering mendengar manfaat mineral yang satu ini, kan? Kalsium merupakan mineral penting untuk mendukung kesehatan dan kekuatan tulang. Nah, pepaya merupakan buah yang mengandung kalsium yang baik untuk dikonsumsi si Kecil. Selain itu, kalsium juga berperan dalam mengoptimalkan kinerja organ jantung dan menjalankan fungsi tubuh. 

Kandungan Pepaya: Kalium

Kalium atau potasium juga termasuk mineral yang terdapat di dalam kandungan pepaya. Mineral ini memiliki manfaat untuk mempertahankan tekanan darah dalam batas normal, menjaga kesehatan jantung, ginjal, saraf, mengatur keseimbangan cairan, dan kontraksi otot. Selain pepaya, si Kecil juga bisa mendapatkan manfaat kalium dari pisang, brokoli, kacang-kacangan, kentang, daging ayam, daging sapi, ikan, susu, dan sereal. 

Kandungan Pepaya: Likopen

Kandungan pepaya yang tak kalah penting adalah karotenoid, yaitu pigmen warna pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan. Jenis karotenoid utama dalam pepaya adalah likopen yang membantu mengendalikan radikal bebas yang dapat menyerang tubuh si Kecil. Zat antioksidan dalam pepaya juga bisa diserap tubuh lebih baik dibandingkan zat dari buah atau sayuran lain. 

Pepaya juga mengandung vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin E, dan magnesium dalam jumlah rendah yang mendukung kesehatan si Kecil. Selain asupan gizi dari pepaya, si Kecil juga perlu tambahan nutrisi dari susu pertumbuhan yang berkualitas. Salah satu pilihannya adalah Susu FRISO Gold 3 yang mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. Dengan kemasan baru, susu FRISO Gold 3 tetap bernutrisi tinggi, diperkaya pula dengan kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam. 

Ide Resep Olahan Pepaya untuk Anak

Jika si Kecil bosan dengan buah pepaya yang dipotong biasa, Mums bisa berkreasi membuat olahan pepaya sesuai dengan resep di bawah ini. Namun, perlu Mums ketahui bahwa pengolahan pepaya harus dengan cara yang tepat. Hindari memasak atau memanaskan pepaya lebih dari satu kali, agar kandungan nutrisi alaminya tidak rusak.

Resep Puding Pepaya

Bahan-bahan:

  • 200 gram pepaya matang
  • 600 ml air 
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 75 gram gula pasir
  • 3 sdm susu bubuk
  • Garam secukupnya
  • 100 gram krim kocok
  • Keju secukupnya
  • Buah ceri secukupnya

Cara membuat:

  1. Blender pepaya dengan 200 ml air sampai lembut. Sisihkan
  2. Rebus sisa air, agar-agar bubuk, dan gula pasir. Aduk rata hingga mendidih
  3. Masukkan pepaya yang diblender halus, tambahkan garam secukupnya, sekitar 1/4 sdt. Masak lagi sampai mendidih
  4. Tambahkan susu bubuk. Aduk rata
  5. Tuang di gelas kecil
  6. Masukkan puding pepaya ke dalam kulkas
  7. Sajikan dengan krim, keju, dan buah ceri sebagai topping 

Resep Es Loli Pepaya

Bahan-bahan:

  • 700 gram buah pepaya potong
  • 500 ml susu cair (pilih jenis susu sesuai selera)
  • Ekstrak vanilli
  • Stroberi secukupnya
  • Kiwi secukupnya
  • Mangga secukupnya

Cara membuat:

  1. Masukkan pepaya, susu cair, dan ekstrak vanili ke dalam blender sampai halus
  2. Potong storberi, kiwi, mangga potong-potong dadu kecil
  3. Masukkan olahan pepaya dan potongan buah ke dalam cetakan es loli
  4. Masukkan adonan es krim tersebut ke dalam freezer 
  5. Sajikan es loli pepaya dengan tambahan topping sesuai selera

Resep Smoothie Pepaya

Bahan-bahan:

  • 500 gram buah pepaya matang
  • 300 gram buah mangga
  • 700ml susu kedelai (pilih jenis susu sesuai selera)
  • Es batu
  • Nata de coco 

Cara membuat:

  1. Potong pepaya dan buah mangga
  2. Masukkan pepaya, mangga, susu, dan es batu ke dalam blender hingga halus
  3. Tuangkan smoothies ke dalam gelas atau mangkuk
  4. Tambahkan nata de coco sebagai topping 
  5. Smoothies pepaya siap dinikmati oleh si Kecil