Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Apa Saja Kandungan Wortel dan Manfaatnya untuk Kesehatan Si Kecil

Kandungan Wortel dan Manfaatnya untuk Kesehatan Anak

Siapa yang tidak tahu sayuran berwarna oranye ini? Mums pasti sering mengolah wortel menjadi berbagai macam hidangan lezat untuk keluarga. Di balik rasanya yang enak dan mudah diolah, Mums juga perlu mengetahui kandungan wortel yang bermanfaat untuk kesehatan si Kecil. Nutrisi dalam kandungan wortel yang paling sering disebut adalah vitamin A. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan fungsi penglihatan, sehingga banyak orang yang mengonsumsi wortel untuk menjaga kesehatan matanya. Padahal, kandungan wortel bukan hanya itu saja lho, Mums, ada banyak nutrisi lain yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh si Kecil. 

Fakta Nutrisi dalam Kandungan Wortel

Melansir laman resmi U.S Department of Agriculture, kandungan wortel cukup beragam, mulai dari zat makro, vitamin, mineral, hingga senyawa tanaman yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa kandungan wortel dalam setiap 100 gram:

Kandungan Wortel: Karbohidrat

Air dan karbohidrat merupakan kandungan wortel dengan kadar yang cukup banyak. Dalam setiap 100 gram wortel, terdapat air sekitar 88.29 gram dan karbohidrat sekitar 9.58 gram. Perlu Mums ketahui bahwa wortel termasuk sayuran dengan indeks glikemik yang cenderung rendah. Angka indeks glikemik dapat menjadi indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Makanan dengan indeks glikemik tinggi mengandung karbohidrat yang diproses secara cepat oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat. Sebaliknya, makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti wortel dapat dicerna oleh tubuh secara perlahan dan menyebabkan kenaikan gula darah secara bertahap. Indeks glikemik rendah dalam kandungan wortel dikaitkan dengan beragam manfaat kesehatan, terutama untuk penderita diabetes. Namun, indeks glikemik ini pun akan naik bila wortel dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. 

Kandungan Wortel: Serat

Selain berupa pati dan gula, karbohidrat dalam kandungan wortel juga dapat berupa serat. Kandungan wortel memiliki serat larut air dan serat tak larut air. Kedua jenis serat ini memiliki fungsi masing-masing. Serat larut air membantu menurunkan gula darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati, serta membantu menghambat penyerapan kolesterol dalam saluran pencernaan, sehingga kadarnya pun akan menurun. Sedangkan, serat tak larut air berperan untuk membantu melancarkan buang air besar agar terhindar dari sembelit. 

Kandungan Wortel: Vitamin A

Wortel termasuk salah satu sumber beta karoten. Di dalam tubuh, kandungan wortel berupa beta karoten ini akan diubah menjadi vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan, serta menjaga fungsi imun dalam tubuh. 

Kandungan Wortel: Vitamin B6

Kandungan wortel selanjutnya adalah vitamin B6 yang berperan untuk membantu mengubah makanan menjadi energi. Selain itu, vitamin B6 juga dapat membantu tubuh memproduksi antibodi dan hemoglobin, serta menjaga kadar gula dalam tubuh tetap normal. Selain wortel, vitamin B6 bisa secara alami Mums dapatkan dalam daging, ikan, telur, pisang, sereal, dan kacang-kacangan. 

Kandungan Wortel: Vitamin B7

Vitamin B7 disebut juga dengan istilah biotin atau vitamin H. Kandungan wortel yang satu ini berperan penting dalam metabolisme protein dan lemak. Selain itu, vitamin B7 juga dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, hati, dan sistem saraf. 

Kandungan Wortel: Vitamin K1

Kandungan wortel berupa vitamin K1 sering juga disebut sebagai phylloquinone. Nutrisi ini sangat penting untuk pembekuan darah dan pemeliharaan kesehatan tulang. Di dalam tubuh, vitamin K1 bekerja dengan memperkuat protein khusus yang berikatan dengan kalsium. 

Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat untuk Anak, Sudah Coba Mums?

Kandungan Wortel: Kalium

Kalium merupakan mineral penting yang berperan dalam membantu berbagai fungsi tubuh, sebagai sumber energi, nutrisi bagi jantung, kesehatan otot, serta membantu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. 

Kandungan Wortel: Senyawa Tanaman

Wortel mengandung berbagai jenis senyawa tanaman, di antaranya:

  • Beta karoten

    Seperti yang sudah dijelaskan, beta karoten ini nantinya akan diubah dalam tubuh menjadi vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Penyerapan beta karoten akan lebih maksimal jika wortel dimasak terlebih dahulu. 

  • Alfa karoten

    Sama seperti beta karoten, sebagian senyawa tanaman berupa alfa karoten dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

  • Lutein

    Lutein merupakan salah satu zat antioksidan yang umum ditemukan dalam wortel. Senyawa lutein berperan penting untuk membantu menjaga kesehatan mata. 

  • Likopen

    Senyawa yang memiliki efek antioksidan selanjutnya adalah likopen. Senyawa ini sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. 

  • Antosianin

    Antosianin merupakan pigmen berwarna gelap yang terkandung dalam wortel jenis ungu. 

  • Polyacetylene

    Senyawa bioaktif yang berperan dalam membantu mencegah leukimia dan beberapa jenis penyakit kanker lainnya. 

Manfaat Wortel

Memberikan si Kecil wortel sejak dini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan fungsi tubuh lainnya. Pastikan mengolah wortel dengan tepat ya, Mums. Sebaiknya hindari memanaskan wortel lebih dari satu kali, agar kandungan nutrisi alaminya tidak rusak. Selain diolah dalam makanan utama, wortel juga dapat diolah menjadi minuman segar dan menyehatkan, sehingga si Kecil tidak bosan dengan satu jenis menu makanan saja. Nah, supaya Mums semakin yakin dengan nutrisi wortel, berikut ini beberapa manfaat yang bisa si Kecil dapatkan jika mengonsumsi wortel secara rutin:

Menjaga kesehatan mata

Retina mata yang sehat dapat membuat penglihatan lebih baik. Kesehatan retina mata ini bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi vitamin A yang ada dalam kandungan wortel. Mengonsumsi wortel secara rutin, dengan porsi yang tepat dapat mengurangi risiko rabun pada anak. 

Meningkatkan sistem imun

Penelitian dalam jurnal Food and Nutrition Sciences menyebutkan bahwa konsumsi wortel secara rutin dapat meningkatkan limfosit dan trombosit. Sel-sel darah tersebut berperan penting dalam mengatur dan menjaga sistem imun, sehingga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. 

Melancarkan saluran pencernaan

Seperti yang Mums ketahui, wortel termasuk sayuran yang mengandung serat cukup tinggi. Nutrisi ini baik untuk melancarkan saluran pencernaan agar terhindar dari sembelit atau konstipasi. 

Membantu memperlancar sirkulasi darah

Sirkulasi darah sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mikronutrien seperti flavonoid dalam wortel dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal agar dapat berfungsi lebih optimal sebagai filter racun dalam tubuh. 

Mengurangi risiko penyakit 

Wortel juga termasuk sayuran yang memiliki manfaat untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Manfaat ini muncul karena wortel kaya akan karoten sehingga efektif untuk membantu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab kanker.

Selain wortel dan makanan bergizi lainnya, Mums juga perlu menambahkan nutrisi dari susu pertumbuhan seperti Susu FRISO Gold 3. Susu FRISO Gold 3 menjadi pilihan tepat karena mengandung nutrisi alami, tanpa perisa, bebas sukrosa, dan tetap memiliki rasa yang enak. susu FRISO GOLD 3 tetap bernutrisi tinggi karena diperkaya oleh kandungan prebiotik, probiotik, nukleotida, vitamin, dan mineral, serta didukung oleh teknologi Locknutri yang menjaga kualitas nutrisi alami susu sehingga mudah diserap tubuh si Kecil agar membantunya kuat dari dalam.