Lompat ke isi utama
ingin-tes-kehamilan-dengan-test-pack-ketahui-dulu-5-hal-ini_tipmKklUhP

Kapan Mums Bisa Mendeteksi Kehamilan Secara Jelas?

Sebelum melakukan tes kehamilan menggunakan test pack, Mums harus ketahui dulu lima hal berikut ini, ya. Penasaran apa saja?

Pertanyaan mengenai kapan kehamilan bisa terdeteksi dengan jelas pasti sering muncul di kalangan Mums yang sedang menjalani program kehamilan. Sebab, terkadang waktu yang tepat untuk mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi itu cukup berbeda antara satu Mums dengan Mums yang lain.

Artinya, setiap Mums mengalami tanda hamil yang berbeda-beda, ada yang langsung mengetahui bahwa dirinya sedang hamil, tetapi ada pula yang tidak menyadari bahwa ia sedang hamil. Nah, sering kali banyak Mums yang tidak menyadari tanda tersebut. Kondisi ini sebenarnya bisa meningkatkan risiko keguguran jika Mums tidak menjaga kondisi janin dalam kandungan dengan baik. 

Apalagi bagi Mums yang terbiasa melakukan aktivitas berat, merokok, atau minum alkohol, karena kebiasaan tersebut akan berbahaya terhadap tumbuh kembang janin dan berisiko memicu janin tidak berkembang

Maka dari itu, setiap Mums perlu mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi guna menjaga kesehatan diri sendiri dan tumbuh kembang janin. Biasanya waktu yang tepat untuk mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi yaitu dengan cara tes kehamilan menggunakan test pack. 

Test pack memang alat yang cukup akurat untuk membuktikan bahwa Mums sudah positif hamil atau belum. Tetapi, sebenarnya ada cara lain yang menjawab kapan kehamilan bisa terdeteksi. Untuk itu, sebelum mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi dengan test pack, Mums juga perlu mengetahui tanda lain yang menunjukkan Mums telah hamil.

Tanda-tanda Awal Kehamilan 

Kapan kehamilan bisa terdeteksi? Nah, di bawah ini adalah beberapa tanda awal kehamilan yang penting untuk Mums ketahui, antara lain:

  • Perubahan pada payudara
  • Lebih sering buang air kecil
  • Lebih cepat lelah
  • Mual dan muntah
  • Hilangnya nafsu makan
  • Sembelit 
  • Suasana hati yang mudah berubah
  • Keluar bercak darah dari vagina 

Bila Mums merasakan tanda-tanda di atas, maka Mums disarankan untuk menggunakan test pack guna mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi dengan lebih akurat. Sebab, jika Mums hanya mengacu pada tanda di atas untuk mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi, rasanya kurang maksimal dan efektif. 

Dengan menggunakan test pack sebagai tes kapan kehamilan bisa terdeteksi, maka Mums bisa bersiap diri apabila hasilnya positif. Setelah itu, Mums perlu segera berkonsultasi dengan dokter untuk memantau kesehatan Mums dan perkembangan janin dalam kandungan. 

Lantas, seperti apa tes kehamilan menggunakan test pack yang akurat? Simak penjelasannya berikut ini, yuk! 

Kapan Kehamilan Bisa Terdeteksi dengan Test Pack? 

Seperti yang telah disebutkan, untuk mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi, Mums bisa menggunakan test pack sebagai cara yang lebih akurat. Namun, ada beberapa hal yang perlu Mums perhatikan sebelum menggunakan test pack, di antaranya: 

  1. Harga Tidak Bisa Dijadikan Tolak Ukur Akurasi

    Demi menjawab pertanyaan kapan kehamilan bisa terdeteksi, tak sedikit Mums yang membeli membeli test pack dengan harga yang cukup tinggi. Hal ini dilakukan dengan alasan test pack yang harganya lebih mahal akan memberikan hasil yang lebih akurat.

    Namun, ternyata harga dari test pack tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil tes kehamilan yang Mums lakukan lho. Sebab, jika memang Mum sedang hamil, hasil positif tetap akan muncul sekalipun Mum menggunakan test pack yang murah. 

    Baca Juga: 5 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Wajib Mums Coba!

  2. Waktu Tes Mempengaruhi Akurasi Hasil

    Ingin mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi? Maka Mums harus melakukan tes kehamilan menggunakan test pack dengan waktu yang tepat. Akurasi hasil tes kehamilan menggunakan test pack tidak bergantung pada harganya, melainkan pada waktu tes. 

    Tes kehamilan menggunakan test pack yang akurat sebaiknya dilakukan di pagi hari, sesaat setelah Mums terbangun dari tidur. Alasannya, urine pertama di pagi hari dianggap masih dalam kondisi terkonsentrasi, sehingga kadar hCG dalam tubuh yang terdapat pada urine bisa terdeteksi dengan baik oleh test pack

    Baca juga: Usia Kehamilan 2 Bulan

  3. Hasil Positif Belum Tentu Hamil

    Ternyata untuk mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi tak cukup melihat hasil positif dari 1 kali tes lho, Mums. Ini bisa dinamakan positif palsu. Kok bisa? Teorinya, munculnya dua strip merah pada test pack menunjukkan hasil positif. Maksudnya, terdapat kadar hCG yang cukup banyak pada urine Mum, dan hal ini biasanya menandakan program hamil yang tengah dijalankan sudah berhasil. 

    Namun, perlu Mum ketahui, ternyata hasil positif pada test pack tak selalu mengindikasikan kehamilan, lho. Bagaimana pun, akurasi test pack tidaklah mutlak 100%, Mums. Nilainya hanya berkisar antara 97-99%. 

    Dengan kata lain, masih ada peluang terjadinya kesalahan dan disebut positif palsu. Salah satu faktor yang biasanya memicu adanya kekeliruan pada hasil tes kehamilan yang positif palsu yaitu konsumsi obat-obatan.

  1. Hasil Negatif Belum Tentu Tidak Hamil

    ingin-tes-kehamilan-dengan-test-pack-ketahui-dulu-5-hal-ini-4_KukAyy9auI

    Jika dua strip merah tak melulu mengindikasikan kehamilan, maka satu strip merah juga bukan pertanda bahwa Mums tidak hamil untuk mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi secara akurat.

    Bisa jadi, sebenarnya Mums sudah dalam kondisi hamil, namun, karena tes dilakukan terlalu dini, kadar hormon hCG pada darah belum cukup banyak dan tidak terdeteksi oleh test pack.

    Untuk menghindari kekeliruan hasil negatif semacam ini, dokter menyarankan Mums melakukan tes dengan test pack bila hari pertama menstruasi Mums sudah terlewat dari jadwal. Atau, bila selama ini Mums termasuk wanita yang siklus menstruasinya tidak teratur, dokter merekomendasikan tes sebaiknya dilakukan 21 hari setelah terakhir kali melakukan hubungan badan.

    Baca Juga: Rekomendasi Buah-buahan untuk Ibu Hamil

  2. Test Pack Tidak Bisa Memprediksi Jenis Kelamin Bayi

    jenis kelamin bayi

    Test pack memang bisa mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi, walaupun tidak akan akurat 100%. Akan tetapi, test pack tidak bisa digunakan untuk memprediksi jenis kelamin bayi. Anggapan test pack bisa memprediksi jenis kelamin bayi hanyalah mitos belaka ya, Mums. 

    Satu-satunya cara untuk memprediksi jenis kelamin bayi dalam kandungan yaitu dengan menjalani prosedur USG setelah usia kehamilan 18-22 minggu. Sebab, saat usia kehamilan Mums masih muda sampai usia 14 minggu, biasanya jenis kelamin bayi laki-laki atau perempuan belum bisa dibedakan pada hasil USG. 

  3. Test Pack Juga Punya Masa Kedaluwarsa

    ingin-tes-kehamilan-dengan-test-pack-ketahui-dulu-5-hal-ini-6_HNdHFtoHic

    Test pack memang dapat memprediksi kapan kehamilan bisa terdeteksi. Namun, bukan berarti Mums tidak memerhatikan tanggal kedaluwarsanya, ya. Saat test pack memasuki masa kedaluwarsanya, bahan kimia yang berperan mendeteksi kadar hCG pada urine Mum mulai kehilangan sensitivitasnya sehingga hasilnya bisa saja samar dan keliru.

    Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu mengecek masa kedaluwarsa test pack sebelum melakukan tes. Dengan begitu, Mum akan terhindar dari hasil tes yang samar dan keliru.

    Baca Juga: Penerapan Pola Makan Sehat dalam Menghadapi New Normal

  4. Berapa lama jarak setelah berhubungan intim untuk tes kehamilan?

    Kapan kehamilan bisa terdeteksi setelah berhubungan intim dengan suami? Jaraknya dapat terhitung sejak zigot (hasil dari pembuahan sel telur dan sperma) menempel pada dinding rahim. Proses penempelan bakal janin ini disebut juga implantasi. Implantasi akan dimulai dalam waktu 8-10 hari setelah pembuahan. Artinya, prediksi jarak kehamilan setelah berhubungan yaitu sekitar 15 hari atau 2 minggu setelahnya. 

Bagaimana Cara Menggunakan Test Pack? 

Pastikan Mums membaca dengan seksama petunjuk penggunaan test pack yang tertera di kemasan produk. Pasalnya, setiap jenis test pack mungkin memiliki anjuran penggunaan yang berbeda. Ada 3 jenis test pack yang umum digunakan, antara lain:

  • Test pack strip

    Celupkan strip ke dalam wadah berisi urine selama 5-10 detik.

  • Pregnancy cassette test

    Tampung urine dalam wadah yang bersih, kemudian sedot urine menggunakan pipet yang telah disediakan pada kemasan produk. Lalu, teteskan urine di atas penampungan urine pada stick.

  • Test pack digital

    Penggunaannya sama seperti test pack strip. Kelebihannya, bisa digunakan berulang dengan cara mengganti strip di dalamnya. 

Nah, itu dia beberapa cara tes kehamilan menggunakan test pack untuk mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi. Untuk memastikan kapan kehamilan bisa terdeteksi, Mums juga bisa berkonsultasi dengan dokter setelah mendapatkan hasil positif dari test pack. 

Dengan begitu, dokter akan memantau perkembangan janin dalam kandungan. Selain rutin memeriksakan diri ke dokter, Mums juga dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian, salah satunya dari susu Frisomum Gold Dualcare+ karena mengandung protein, zat besi, kalsium, ALA/LA, prebiotik, probiotik, nukleotida, serta berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan Mums dan tumbuh kembang bayi sejak dalam kandungan sampai masa menyusui. 

Setelah Mums mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi secara akurat, saatnya Mums memantau usia kehamilan dan mengetahui prediksi hari kelahiran dengan menggunakan kalkulator kehamilan di sini.