Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Karakteristik Generasi Alpha dan 3 Tips Membimbingnya!

Karakteristik Generasi Alpha dan 3 Tips Membimbingnya!

Bayi yang lahir mulai tahun 2010 disebut dengan generasi Alpha. Sama seperti generasi milenial, generasi Alpha juga memiliki karakteristik khusus yang menjadi ciri khasnya. Tentu, jika generasi ini terhitung sejak tahun 2010, maka idealnya orang tua dari generasi ini adalah Mums yang berada di kisaran generasi milenial, yakni yang lahir antara tahun ‘90-an.

Jika generasi milenial kini sangat akrab dengan perkembangan teknologi karena tumbuh bersama dengan teknologi, maka generasi Alpha nantinya dinilai akan memiliki penguasaan teknologi yang jauh lebih baik. Mengapa? Karena generasi ini tumbuh dengan ketersediaan teknologi yang sudah maju. Si Kecil ketika tumbuh nanti akan selalu bersentuhan dengan teknologi, keterbukaan informasi, dan jaringan komunikasi yang tak mengenal batas ruang dan waktu.

Karakteristik Umum

Karakteristik Generasi Alpha dan 3 Tips Membimbingnya!

Mengingat generasi ini akan dibimbing oleh Mums yang berada pada generasi milenial, tentu anak-anak akan banyak terpengaruh secara langsung. Mulai dari gaya hidup, cara berkomunikasi, cara berinteraksi, cara mencerna informasi, cara belajar, dan masih banyak lagi.

Namun demikian ini tak berarti generasi Alpha akan sama dengan generasi milenial. Generasi Alpha sudah tidak akan merasa kaget bilamana nanti teknologi mengalami loncatan dalam perkembangannya, karena nantinya setiap aktivitas si Kecil akan banyak mendapat sentuhan teknologi. Jadi, secara umum si Kecil akan lebih menguasai teknologi dibandingkan dengan Mums.

Selain itu, karakteristik yang akan sangat nampak adalah bahwa generasi ini memiliki cara berkomunikasi yang jauh lebih terbuka. Ketika ada hal yang dirasa perlu diapresiasi, atau perlu dikritisi, si Kecil cenderung akan mengungkapkannya secara langsung. Tentu untuk yang satu ini perlu bimbingan dari Mums secara intensif, agar si Kecil mampu berkomunikasi secara baik dan tidak menyakiti orang lain.

‘Efek Samping’ Kedekatan dengan Teknologi

Karakteristik Generasi Alpha dan 3 Tips Membimbingnya!

Kedekatan si Kecil dengan teknologi tentu akan membawa dampak baik baik tumbuh kembang serta kecerdasan dan kreativitasnya. Banyak hal bisa diakses dan dipelajari dengan mudah, banyak tayangan interaktif yang dapat menjadi stimulus, dan lain sebagainya. Namun demikian, hal ini tidak berarti bisa didapatkan dengan cuma-cuma.

Ya, terdapat sedikit ‘efek samping’ yang menjadi tantangan Mums dalam mendidik generasi Alpha ini. Si Kecil cenderung akan sedikit bergerak, karena banyak hal dapat ditemukannya tanpa harus beranjak dari gadget yang digunakan. Selain itu, si Kecil cenderung memiliki kemampuan sosial yang perlu benar-benar dilatih secara intensif, karena kelak ia tak hanya akan berinteraksi dengan mesin tapi juga manusia.

Lalu Bagaimana Cara Mendidik Generasi Alpha?

Karakteristik Generasi Alpha dan 3 Tips Membimbingnya!

Tentu saja ada banyak tips yang bisa Mums terapkan untuk mendampingi tumbuh kembang generasi Alpha ini. Apa saja tipsnya? Check this out!

Pembatasan Penggunaan Gadget

Dalam penggunaan gadget, si Kecil perlu mendapat bimbingan dan pendampingan yang intensif. Bukan tanpa sebab, karena dunia maya menyediakan informasi yang sangat beragam dan bisa saja si Kecil mengakses informasi yang belum semestinya ia akses. Selain itu, pembatasan durasi penggunaan juga harus diterapkan agar si Kecil tetap dapat mengasah kemampuan lain semasa tumbuh kembangnya.

Pengetahuan Terkait Teknologi

Untuk dapat menggunakan dan mengambil manfaat dari teknologi yang kini tersedia, Mums juga perlu memberikan pengetahuan seputar teknologi pada si Kecil. Dengan mengetahui secara sederhana mengenai teknologi yang ada di sekitarnya, maka setidaknya ia dapat menggunakan dan mengambil nilai baiknya.

Bimbingan Nilai Agama dan Sejarah

Memang terdengar klasik dan kuno, tapi pemahaman mengenai nilai agama dan sejarah dapat menjadi poin penting dalam menanamkan karakter baik di dalam diri si Kecil. Generasi Alpha yang akan banyak berinteraksi dengan teknologi harus memiliki karakter yang kuat agar tetap dapat membatasi diri ketika apa yang dilakukannya sudah mendekati garis batas.

Pengetahuan Bahasa Asing

Setelah Mums mengajarkan bahasa yang digunakan sehari-hari dan bahasa Indonesia yang baik dan benar, Mums dapat mulai mengajarkan si Kecil bahasa asing untuk dapat keep up dengan perkembangan global. Anak yang mengetahui dan dapat menggunakan banyak bahasa cenderung tumbuh menjadi anak yang pintar dan lebih kritis ketika menghadapi persoalan. Bahasa Inggris mungkin bisa jadi pilihan bahasa asing yang dipelajari sejak dini, mengingat bahasa tersebut adalah bahasa internasional.

Baca Juga : 5 Manfaat Game Menghias Kue untuk Si Kecil

Membimbing generasi Alpha dalam setiap fase tumbuh kembangnya, selain menerapkan tips di atas, juga tentu harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Ingat, proses tumbuh kembang yang optimal memerlukan asupan nutrisi yang juga cukup banyak. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums sudah dapat mengupayakan pertumbuhan dan perkembangan fisik serta otak si Kecil berjalan lancar. Untuk membantu Mums dalam memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums dapat memberikan Friso Gold 3 yang kaya nutrisi. Friso dengan teknologi Locknutri, menjaga kualitas alami nutrisi sehingga mudah dicerna oleh tubuh si Kecil, membantunya kuat dari dalam serta ia dapat menerima nutrisi dan menyerapnya dengan optimal.