Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Karbohidrat sebagai Sumber Energi? Simak 3 Manfaat Lainnya untuk si Kecil Di Sini!

Karbohidrat sebagai Sumber Energi? Simak 3 Manfaat Lainnya untuk si Kecil Di Sini!

Masa pertumbuhan anak-anak merupakan masa yang penting untuk kehidupan si Kecil kedepannya. Setiap nutrisi dan stimulus yang diberikan pada masa ini berperan besar untuk membantu si Kecil tumbuh dan berkembang. Tentu, disamping stimulus yang intens, Mums juga wajib mencukupi kebutuhan nutrisinya. Salah satu nutrisi penting yang diperlukan si Kecil adalah Karbohidrat.

Mungkin Mums sudah mengetahui sedikit mengenai Karbohidrat, yang sesungguhnya tak hanya diperlukan anak-anak namun juga orang dewasa sebagai sumber tenaga dan salah satu sumber kalori. Pada anak-anak, kebutuhan akan nutrisi ini cenderung menjadi asupan dominan kebutuhan Kalori hariannya. Setidaknya si Kecil akan mendapatkan asupan Kalori harian sebesar 50% hingga 60% setiap hari dari Karbohidrat saja.

Namun demikian yang tidak banyak dipahami, bahwa sebenarnya nutrisi ini memiliki peran lain dalam masa pertumbuhan. Benar memang jika dipahami Karbohidrat jadi salah satu sumber tenaga untuk si Kecil. Namun demikian, Mums juga perlu tahu lho peran nutrisi ini selain sumber tenaga. Sederhananya, dengan mengetahui peran lain maka Mums akan mendapatkan insight baru mengapa pemenuhan kebutuhan Karbo harian penting untuk dipastikan. Simak penjelasan berikut ya Mums!

Mendukung Sehatnya Pencernaan si Kecil

Beberapa jenis Karbohidrat merupakan sumber makanan dan nutrisi untuk bakteri baik dalam sistem pencernaan si Kecil. Tentu jika membahas mengenai tumbuh kembang, kesehatan pencernaan jadi salah satu poin penting karena jadi ‘perangkat’ utama dalam penyerapan nutrisi. Penyerapan ini dilakukan oleh bakteri baik, sehingga kesehatan dan jumlah bakteri baik dalam sistem pencernaan perlu dijaga.

Jenis Karbo yang menjadi asupan makanan bakteri ini tidak habis dicerna dan diserap oleh tubuh, meski jenis lain dapat diserap dengan lebih mudah sehingga bisa diolah secara langsung menjadi sumber tenaga. Dengan asupan Karbo yang tercukupi, kesehatan dan kelangsungan hidup dari bakteri baik dalam sistem pencernaan si Kecil dapat terjamin, dan idealnya juga akan membuat tubuh si Kecil lebih optimal menyerap nutrisi.

Suplai Protein untuk Tubuh si Kecil Tetap Aman

Dalam periode tumbuh kembangnya, katakanlah pada usia 1 hingga 3 tahun, kebutuhan Karbo dapat dikatakan tinggi mengingat tubuh si Kecil juga mulai aktif bergerak. Di sisi lain, ketika asupan nutrisi ini tidak dapat dipenuhi, tubuh secara langsung akan mengambil Protein yang dimiliki untuk dijadikan sumber energi. Seperti Mums pahami, tumbuh kembang si Kecil juga memerlukan Protein agar dapat berjalan optimal, dan ketika Protein digunakan sebagai sumber energi tentu asupan Protein ke tubuh akan berkurang.

Dengan mencukupi kebutuhan Karbo harian, Mums dapat memastikan bahwa Protein yang dimiliki oleh tubuh si Kecil dapat digunakan sesuai dengan fungsi utamanya, yakni menyusun dan merawat sel tubuh serta memastikannya berfungsi baik. Namun demikian, Mums tetap perlu memperhatikan sumber Karbo yang digunakan dan memastikannya seimbang antara Karbo mudah dicerna dengan Karbo yang lebih kompleks.

Tulang yang Kuat dan Padat untuk si Kecil

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, beberapa jenis Karbohidrat penting untuk kesehatan dan kelangsungan hidup bakteri baik dalam sistem pencernaan si Kecil. Nah, bakteri baik ini memiliki peran dalam penyerapan Kalsium yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan menyusun kepadatan tulang si Kecil.

Secara tidak langsung, mencukupi kebutuhan Karbo harian si Kecil juga berarti mendukung upaya tumbuh kembang tulang si Kecil. Dengan jumlah yang tepat, Mums dapat memastikan si Kecil memiliki tenaga yang cukup untuk beraktivitas, dan memiliki asupan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembang tulangnya. Beberapa manfaat dalam satu nutrisi, luar biasa bukan?

Mencukupi kebutuhan karbo harian si Kecil dapat dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari asupan makanan yang mengandung Karbo sederhana dan kompleks, hingga memberikan si Kecil susu yang memiliki kandungan nutrisi lengkap. Sekedar informasi saja, susu sapi alami memiliki kandungan Karbohidrat yang baik untuk si Kecil dan mudah untuk diserap tubuh. Demikian pula produk susu yang memiliki bahan dasar susu sapi dan diolah dengan proses minimal sehingga kualitas alami nutrisinya terjaga.

Untuk mendapatkan susu tersebut, Mums bisa menjatuhkan pilihan pada Friso Gold 3. Mengapa demikian? Karena produk Friso Gold 3 merupakan produk susu yang berasal dari susu sapi alami dengan proses satu kali pemanasan yang disebut dengan Single Process, sehingga kualitas nutrisi terjaga dan mudah diserap tubuh si Kecil. 

Karbohidrat, mengingat perannya untuk tumbuh kembang si kecil yang sangat penting, harus dipastikan pemenuhan hariannya. Dengan konsumsi makanan yang bervariasi dan sumber Karbohidrat, dilengkapi dengan Friso Gold 3 yang rutin, kebutuhan nutrisi harian si Kecil akan dapat terpenuhi. Tidak hanya Karbohidrat saja, Friso Gold 3 juga dapat membantu Mums memenuhi kebutuhan nutrisi lain seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Protein, Kalsium, Selenium dan masih banyak lagi agar tumbuh kembang si Kecil berjalan optimal.