Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Kegiatan Belajar dari Rumah, Maksimalkan dengan Tips Ini!

Kegiatan Belajar dari Rumah, Maksimalkan dengan Tips Ini!

Kegiatan belajar dari rumah mulai menjadi satu aktivitas rutin beberapa bulan belakangan. Tidak lain dan tidak bukan, disebabkan oleh kondisi yang memang tidak memungkinkan untuk si Kecil belajar di sekolah. Demi keamanan bersama, hal ini harus dilakukan. Tentu, sebuah tantangan besar harus dihadapi Mums, karena secara langsung Mums memiliki tugas tambahan untuk ‘mengajar’ materi pelajaran pada si Kecil di rumah.

Mengajari si Kecil memang sebenarnya adalah tugas dasar Mums. Namun untuk pelajaran di sekolah, tentu ini hal baru bagi kebanyakan Mums. Tak jarang, kegiatan belajar di rumah banyak membuat Mums merasa canggung dan kurang luwes dalam mengajar.

Nah, untuk menyikapi kegiatan belajar dari rumah ini, ada beberapa tips yang bisa Mums terapkan. Well, tidak menjamin akan benar-benar terasa seperti di sekolah, tapi setidaknya bisa membantu si Kecil tetap mengikuti pelajaran sesuai dengan kurikulum dan rencana belajar yang dimiliki oleh sekolah.

Waktu Belajar yang Terjadwal

Waktu Belajar yang Terjadwal

Sama seperti ketika belajar di sekolah, kegiatan belajar di rumah juga memiliki jadwal yang tetap. Biasanya, dari pihak sekolah akan memberikan jadwal tersebut. Jadwal ini disesuaikan dengan rencana yang sudah disusun oleh pihak sekolah, ada yang melakukan pembelajaran dengan guru sebanyak 5 kali dalam seminggu, dan ada juga yang hanya 3 hari.

Ajarkan si Kecil untuk menepati jadwal tersebut meski harus belajar dari rumah, sesuai dengan arahan pihak sekolah. Pastikan ia tepat waktu ketika berada di depan laptop atau gadget sebagai media belajar, sehingga ia tidak ketinggalan materi yang diajarkan oleh tenaga pengajarnya.

Dengan jadwal yang teratur seperti ini, otak si Kecil akan lebih mudah menyerap ilmu karena memiliki pola aktivitas yang reguler dan tetap.

Dampingi si Kecil ketika Belajar dari Rumah

Keberadaan Mums untuk mendampingi si Kecil menjadi penting agar suasana sekolah yang biasa dirasakannya tetap terasa. Jika di kelas biasanya si Kecil belajar dengan teman-temannya, maka di rumah Mums harus menyediakan diri untuk berada di samping si Kecil sebagai teman belajarnya.

Tidak hanya itu, mendampingi si Kecil juga akan membantunya berkonsentrasi dan meminimalisir gangguan teknis yang mungkin terjadi. Tentu Mums akan lebih ahli mengatasi gangguan teknis seperti internet macet, laptop yang tidak bekerja optimal, dan lain sebagainya.

Mengerjakan Tugas secara Mandiri

Mengerjakan Tugas secara Mandiri

Belajar dari rumah otomatis akan memberikan cukup banyak tugas pada si Kecil sebagai ganti pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Tugas ini tak jarang membuatnya kesulitan, sehingga memerlukan bantuan dari Mums atau orang dewasa lain.

Apakah kemudian artinya Mums harus membantu mengerjakannya? Tidak.

Tugas yang diberikan pada si Kecil tentu sudah disesuaikan dengan kemampuan yang idealnya dimiliki si Kecil. Bukan berarti Mums sama sekali tidak membantunya, hanya saja bantuan yang diberikan harus dibatasi. Bantuan bersifat merangsang dan mendorong kemampuan berpikir si Kecil, agar ia dapat menyelesaikan pekerjaan rumah tersebut secara mandiri.

Efek yang ditimbulkan benar-benar baik, karena dapat memberikan rasa puas pada si Kecil dan meningkatkan rasa percaya diri. Di waktu yang sama, si Kecil juga akan terlatih untuk memiliki sifat pantang menyerah dalam menyelesaikan persoalan.

Gunakan Materi Ajar yang Tepat

Penting untuk Mums selalu mengacu pada materi pembelajaran yang tepat. Setiap sekolah biasanya akan memiliki materi pembelajaran yang sudah ditetapkan, sebagai panduan belajar dari rumah untuk si Kecil.

Materi ini bisa diakses dari tenaga pengajar atau sumber lain yang sudah diverifikasi oleh pihak sekolah. Dengan memiliki materi ajar yang digunakan, maka Mums akan lebih mudah memahami alur belajar yang perlu dijalankan, sehingga si Kecil bisa benar-benar menjalankan pembelajaran dengan baik.

Jika diperlukan materi tambahan lain, pastikan materi yang Mums akses juga materi valid yang bisa digunakan sebagai acuan. Jangan sampai sumber yang digunakan tidak dapat dipertanggungjawabkan validitasnya dan justru merusak ritme belajar si Kecil.

Mengelola Waktu selama Belajar dari Rumah

Mengelola Waktu selama Belajar dari Rumah

Terakhir dan mungkin menjadi salah satu yang terpenting adalah kemampuan Mums untuk mengelola waktu selama si Kecil belajar di rumah. Pekerjaan rumah yang harus Mums selesaikan, waktu belajar si Kecil yang sudah ditetapkan oleh sekolah, serta waktu istirahat dan penggunaan layar (screentime) harus benar-benar dikelola dengan baik.

Ketika pengelolaan waktu tidak dilaksanakan dengan baik, bisa jadi semua kegiatan yang harus dijalankan menjadi berantakan. Pastikan Mums sudah menjadwalkan setiap kegiatan dengan baik (jangan lupa perhitungkan waktu istirahat si Kecil ketika belajar di rumah), dan penggunaan gadget tidak berlebihan.

Baca Juga : Menjaga Konsentrasi dan Fokus saat Belajar Online

Belajar dari rumah membawa pelajaran, tidak hanya untuk si Kecil, namun juga untuk Mums sebagai guru di rumah. Hal ini tentu perlu disikapi dengan bijak agar semua berjalan lancar. Tentu, untuk memaksimalkan penyerapan materi belajar yang sudah diberikan, Mums wajib memberikan asupan nutrisi lengkap dan seimbang. Makanan bergizi serta tambahan Friso Gold 4 sebagai susu formula, bisa jadi kombinasi terbaik. Friso dengan teknologi Locknutri, kualitas nutrisi alami akan terjaga sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Berikan yang terbaik untuknya, dan lihat ia tumbuh dengan maksimal!

Sample Friso Gold

Selamat datang! Apakah Mums ingin mencoba Free Sample dari Friso?

Daftar Sekarang