Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Kenali 4 Aspek Psikologi Perkembangan Anak, Mums Wajib Tahu!

Kenali 4 Aspek Psikologi Perkembangan Anak, Mums Wajib Tahu!

Saat si Kecil berusia 3-6 tahun, ia sedang berada pada masa keemasan atau yang lebih dikenal dengan istilah The Golden Age. Pada masa keemasan ini, si Kecil akan sangat peka dan sensitif terhadap berbagai rangsangan dan pengaruh dari luar. Ia akan menyerap segala sesuatu yang ada dalam lingkungannya dan yang ada di sekitarnya. Semua hal yang diserap oleh si Kecil tersebut akan memengaruhi perkembangannya secara mental dan kepribadian.

Pada masa The Golden Age, si Kecil akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Di waktu inilah Mums perlu memahami tentang psikologi perkembangan anak. Pemahaman mengenai psikologi perkembangan anak akan membantu Mums mengetahui secara detail perkembangan anak, termasuk bagaimana ia tumbuh, berpikir, dan belajar. Memahami dan mendukung psikologi perkembangan anak secara menyeluruh akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang dan aspek kehidupan sosial si Kecil ke depannya.

Secara umum, ada empat aspek psikologi perkembangan anak yang wajib Mums ketahui. Aspek tersebut meliputi perkembangan motorik, kognitif, sosio-emosional, dan perkembangan bahasa anak. Untuk mengetahui penjelasan masing-masing aspeknya, simak uraiannya di bawah ini.

Perkembangan Motorik

Kenali 4 Aspek Psikologi Perkembangan Anak, Mums Wajib Tahu!

Perkembangan motorik si Kecil berkaitan dengan perkembangan pengendalian jasmani melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf, dan otot-otot yang terkoordinasi. Pada usia 3-6 tahun, si Kecil akan sangat aktif bergerak sehingga sebagian besar aktivitasnya akan menggunakan saraf dan otot-otot pada tubuhnya. Usia tersebut seringkali disebut sebagai usia yang ideal untuk si Kecil belajar keterampilan yang berkaitan dengan motorik seperti menulis, menggambar, melukis, berenang, dan lain sebagainya.

Keterampilan-keterampilan motorik seperti itu dipercaya dapat menimbulkan rasa percaya diri pada si Kecil. Rasa percaya diri ini akan berdampak positif pada kemampuan si Kecil dalam bersosialisasi ke depannya. Secara psikologi perkembangan anak, keterampilan motorik yang baik pada si Kecil akan membantunya memperoleh kemandirian dan mendapatkan penerimaan sosial yang sesuai di lingkungannya.

Perkembangan Kognitif

Kenali 4 Aspek Psikologi Perkembangan Anak, Mums Wajib Tahu!

Aspek selanjutnya pada psikologi perkembangan anak adalah perkembangan kognitif. Usia 3-6 tahun bukan hanya waktu yang tepat untuk mengasah perkembangan motorik, namun juga waktu yang tepat untuk melatih kemampuan kognitifnya. Perkembangan kognitif si Kecil meliputi perkembangan memori, pemecahan masalah, kemampuan berpikir, dan penalaran.

Pada usia 3-6 tahun, perkembangan kognitif si Kecil belum terlalu kompleks. Ia baru memiliki perkembangan yang pesat pada kemampuan bahasa dan memori, namun pemikirannya masih statis, ia belum bisa memanipulasi informasi secara mental dan belum mampu mengambil penalaran terhadap suatu masalah. Untuk mengasah kemampuan berpikir dan penalaran si Kecil, Mums bisa memberikan stimulasi berupa permainan yang mengasah otak seperti puzzle dan lego.

Psikologi Perkembangan Bahasa Anak

Kenali 4 Aspek Psikologi Perkembangan Anak, Mums Wajib Tahu!

Kemampuan berbahasa merupakan aspek psikologi perkembangan anak yang perlu dikuasai si Kecil. Sebab, bahasa merupakan alat komunikasi dalam kehidupan. Di samping itu, bahasa juga merupakan alat komunikasi paling efektif untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain. Kemampuan bahasa yang baik dapat memudahkan si Kecil dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang disekitarnya.

Umumnya, kemampuan berbahasa si Kecil akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Pada usia 3-6 tahun, biasanya si Kecil sudah memiliki kemampuan bahasa yang baik dan benar, terutama dalam pelafalan dan merangkai kalimat. Salah satu stimulasi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan berbahasa si Kecil adalah kegiatan membaca dan menulis. Mums juga bisa memberikan stimulasi dengan permainan menebak kata atau merangkai huruf.

Psikologi Perkembangan Sosial dan Emosional Anak

Kenali 4 Aspek Psikologi Perkembangan Anak, Mums Wajib Tahu!

Saat si Kecil mulai menginjak bangku sekolah, misalnya saat ia memasuki prasekolah di usia 4-6 tahun, biasanya pola perilaku sosial dan emosi si Kecil mulai terlihat. Ia akan mulai menunjukkan sikap kerja sama, kemurahan hati, empati, kemandirian, sikap ramah, hasrat persaingan, dan sebagainya.

Psikologi perkembangan anak pada pola perilaku sosial dan emosi umumnya dipengaruhi oleh kedekatan atau interaksi si Kecil dengan Mums. Kedekatan dan interaksi dengan Mums akan menentukan kemandirian dan pembentukan karakter yang positif pada si Kecil kelak. Si Kecil dengan psikologi perkembangan sosial dan emosional yang baik biasanya lebih sering menunjukkan sikap dan moral yang positif. Ia akan memiliki kecerdasan interpersonal yang bisa membuatnya mudah berbaur dan diterima dalam masyarakat.

Baca Juga:  4 Peran Orang Tua terhadap Anak, Pertumbuhan Fisik dan Mental

Itulah beberapa aspek perkembangan psikologis anak yang wajib Mums ketahui. Dalam hal ini, Mums memiliki peran yang sangat besar dalam mengoptimalkan psikologi perkembangan anak. Selalu memberikan contoh yang baik untuk si Kecil adalah hal yang harus Mums ingat. Terapkan juga kedisiplinan pada si Kecil agar ia memiliki pondasi yang cukup kuat dalam proses pembentukan karakternya kelak.

Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi hariannya dengan makanan bernutrisi agar perkembangan fisik dan motoriknya bisa berjalan optimal. Mums juga bisa memberikan Friso Gold 4 sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi hariannya. Friso Gold 4 kini hadir dengan teknologi Locknutri yang menjaga kualitas alami nutrisi susu sehingga lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh si Kecil, dan membantunya untuk kuat dari dalam. Friso diperkaya dengan beragam nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang si Kecil sehingga ia bisa lebih bebas beraktivitas dan mengeksplorasi hal-hal seru bersama Mums.