Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kenali Berbagai Penyebab Anak Sakit Perut

Ketika si Kecil mengeluh sakit perut, mungkin Mum akan berasumsi jika ia mengalami diare atau kembung. Padahal,sakit perut bisa disebabkan oleh berbagai hal. Nah, berikut informasi lengkapmengenai sakit perut pada si Kecil supaya Mum bisa melakukan pencegahan danpenanganan yang tepat.

Ketika si Kecil mengeluhsakit perut, mungkin Mum akan berasumsi jika ia mengalami diare atau kembung. Padahal, sakit perut bisa disebabkan oleh berbagai hal. Nah, berikut informasi lengkap mengenai sakit perut pada si Kecil supaya Mum bisa melakukan pencegahan dan penanganan yang tepat.Jika si Kecil mengeluh sakit perut saat berada ditempat penitipan atau ketika berada di tempat baru, maka bisa jadi ia mengalami stres. Ya, anak-anak pun bisa mengalami stres seperti halnya pada orang dewasa ketika ia berada di lingkungan yang tak disukainya. Di sisi lain, saat si Kecil mengeluh sakit perut setelah makan, maka bisa jadi ia mengonsumsi kudapan dalam jumlah berlebih.

Stres atau Terlalu Banyak Makan

Jika si Kecil mengeluh sakit perut saat berada ditempat penitipan atau ketika berada di tempat baru, maka bisa jadi ia mengalami stres. Ya, anak-anak pun bisa mengalami stres seperti halnya pada orang dewasaketika ia berada di lingkungan yang tak disukainya. Di sisi lain, saat si Kecil mengeluh sakit perut setelah makan, maka bisa jadi ia mengonsumsi kudapan dalam jumlah berlebih.

Konstipasi

Masalah sakit perut terbanyak yang dialami di masa tumbuh kembang balita adalah konstipasi. Jika Mum menyadari bahwa si Kecil lebih jarang buang air besar dalam beberapa hari terakhir lalu dia sering terlihat rewel, bisa saja ia mengalami konstipasiAda baiknya konsultasikan hal ini kedokter ya, Mum.Biasanya, dokter akan menyarankan agar si Kecil mengonsumsi cukup air putih. Perbanyak juga buah kaya Serat dalam menu hariannya untuk memperlancar kerja pencernaan.

Intestinal Gas

Adanya gas yang terjebak dalam perut si Kecil jugabisa membuatnya merasa sakit perut. Hal ini biasanya disebabkan dari makanan atau kebiasaan tertentu. Mum bisa mencari tahu, makanan apa yang terakhir kali dikonsumsi si Kecil sebelum ia merasa sakit perut. Jika rasa sakit di perut siKecil tak kunjung sembuh, sebaiknya Mum berkonsultasi ke dokter anak.

Flu Perut

Apakah si Kecil mengalami sakit perut yang disertai muntah dan diare? Jika ya, maka ia mungkin mengalami gastroenteritis atau yang banyak dikenal dengan flu perut. Gangguan kesehatan ini bisa menimbulkan hilangnya nafsu makan dan jika terus dibiarkan dapat menyebabkan dehidrasi. Jadi, pastikan si Kecil mengonsumsi cukup air untuk mencegahnyamengalami dehidrasi.

Gejala Kesehatan Lain

Perlu Mum ketahui, banyakgangguan kesehatan lain yang juga menimbulkan gejala sakit perut, misalnya sajaflu. Hal ini dikarenakan lendir yang ada di sistem pernafasannya turun melaluitenggorokan dan bisa menimbulkan rasa sakit di perutnya. Beberapa anak akanmerasa mual dan akhirnya memuntahkan lendir yang ada di sistem pernafasannya.Meski menyebabkan rasa tidak nyaman, namun cara ini akan menghilangkan sakitpada perut si Kecil.

Mabuk kendaraan

Di masa perkembangan anak, beberapa dari mereka umumnya mengalami sakit perut saat naik kendaraan, meski dalam jarak yang sangat dekat. Untuk mengatasinya, Mum bisamengajak si Kecil keluar sejenak dari kendaraan dan menghirup udara segar.Memberikannya beberapa camilan sebelum naik kendaraan juga bisa membantumengurangi gejala mual. Jangan lupa perbanyak konsumsi cairan untuk menjaganyatetap terhidrasi selama dalam perjalanan.

Itulah beberapa penyebab si Kecil sakit perut yang perlu Mum ketahui. Bila sakit perutyang ia alami tak kunjung mereda, maka sebaiknya Mum membawanya ke dokter.Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Satu lagi, bantu penuhi kebutuhan nutrisi harian si Kecil dengan susu anak 1 tahun guna meningkatkan daya tahan tubuhnya dari dalam. Susu Friso Gold 3 yang diperkaya dengan kandungan ALA, LA, Nukleotida,Prebiotik, Vitamin A, C, dan E, Zink, Zat Besi, dan Selenium, merupakan pilihan tepat untuk si Kecil.

Friso diproduksi melalui konsep SingleProcess tanpa pemanasan berlebih, sehingga Nutrisi alaminya tetapterjaga dan lebih mudah dicerna. Friso memang susuanak 1 tahun yang tepat untuk si Kecil tercinta!