Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kenali Gejala Disentri Sejak Dini untuk Mencegah Resiko Lebih Besar

Kenali Gejala Disentri Sejak Dini untuk Mencegah Resiko Lebih Besar

Ketika si Kecil sedang buang air besar, pernahkah Mums menemui adanya darah atau lendir pada fesesnya? Jika ya, mungkin saja si Kecil menunjukkan gejala disentri. Memang tidak dapat secara pasti dikatakan demikian, namun tanda tersebut yang muncul pada feses si Kecil biasanya ditimbulkan karena ada gangguan pada sistem pencernaannya akibat penyakit ini.

Disentri sendiri, sedikit mundur ke belakang, merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya peradangan pada bagian usus atau organ pencernaan lain karena terinfeksi bakteri. Bakteri ini secara aktif akan memberikan kerusakan pada organ yang diinfeksi, kemudian menimbulkan luka dan membuat feses si Kecil disertai darah. Tentu saja, ketika hal ini sudah terjadi, Mums harus segera membawanya ke rumah sakit untuk mendapat penanganan intensif.

Untuk dapat mengidentifikasi gejala disentri sebelum terjadi hal lebih jauh yang tidak diinginkan, kenali beberapa gejala yang muncul sebagai tanda bahwa si Kecil terkena disentri.

Gejala Umum

Gejala disentri sangat umum muncul pada rentang waktu 1 hingga 2 hari setelah si Kecil terinfeksi. Gejala ini tidak akan serta merta muncul karena bakteri yang menginfeksi saluran cerna si Kecil memerlukan waktu untuk memberikan dampak atau kerusakan. Selain daripada gejala yang terlihat pada feses si Kecil, ada beberapa gejala lain yang juga muncul.

Ketika terkena disentri, si Kecil akan mengalami demam yang cukup tinggi. Bisa dimaklumi karena demam sendiri merupakan bentuk pertahanan tubuh si Kecil untuk membunuh bakteri atau kuman yang masuk dan mengganggu. Selain itu, pola buang air besar si Kecil akan terganggu dan mengalami diare yang cukup mengganggu.

Gejala lain yang juga muncul adalah rasa mual yang dirasakan si Kecil hingga kram perut. Mungkin jika si Kecil sudah bisa menyampaikan apa yang dirasakannya, akan lebih mudah mendeteksi gejala ini. Namun untuk usia antara 1 hingga 3 tahun, Mums perlu benar-benar mencermati gestur yang ditunjukkan si Kecil dan melihat bagian mana yang dipegangnya ketika ia terus menerus menangis.

Penanganan Pertama

Ketika si Kecil terindikasi terkena disentri, yang perlu Mums pastikan adalah si Kecil tidak kekurangan cairan. Dari gejala yang muncul seperti diare dan feses yang disertai lendir, si Kecil akan kehilangan banyak cairan tubuh. Pastikan agar si Kecil mendapat asupan cairan yang cukup, sehingga tubuhnya dapat terus berupaya memperbaiki kondisi yang sedang terjadi dan tidak dehidrasi.

Disentri dapat berakibat fatal jika kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi. Pada beberapa kasus, kejadian fatal muncul akibat orangtua terlambat mengidentifikasi gejala yang muncul sehingga badan anak mengalami kekurangan cairan. Seperti yang Mums ketahui pula, kekurangan cairan tubuh pada anak ketika tengah mengalami gangguan kesehatan merupakan salah satu hal yang paling dihindari karena dapat membahayakan keselamatan si Kecil.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah memperbanyak jam istirahat si Kecil. Pemberian makanan bernutrisi tinggi serta istirahat adalah cara pemulihan yang sangat baik. Nutrisi yang masuk akan diserap semaksimal mungkin kemudian diolah menjadi antibodi sehingga tubuhnya mampu melawan bakteri yang menginfeksi.

Pencegahan

Karena disentri disebabkan oleh infeksi bakteri, tentu yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan si Kecil. Lingkungan yang bersih dapat menekan resiko terjangkitnya bakteri sehingga si Kecil dapat tetap terjaga kesehatannya. Selain itu jika si Kecil masih menggunakan popok, Mums juga harus selalu memeriksa kebersihan dan mengganti atau mencucinya dengan rutin.

Tentu saja disamping upaya menjaga kebersihan, Mums juga dapat melakukan upaya lain seperti memastikan keterpenuhan kebutuhan nutrisi harian si Kecil. Asupan makanan dan minuman bergizi dapat menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya dalam membentuk daya tahan tubuh dan proses pemulihan si Kecil memerlukan nutrisi yang cukup agar kedua proses berjalan dengan baik.

Cukup istirahat, cukup gerak, kegiatan luar ruang yang cukup, juga menjadi upaya pencegahan baik untuk mencegah berbagai infeksi yang mungkin terjadi. Pada intinya, terapkan pola hidup sehat sejak dini pada si Kecil agar tertanam dan dapat terus dipraktekkan olehnya hingga dewasa.

Sistem cerna yang sehat tidak hanya diperlukan untuk mencegah berbagai penyakit dan infeksi yang mungkin muncul, namun juga dalam rangka mengoptimalkan tumbuh kembang fisik dan kecerdasan si Kecil. Dengan sistem pencernaan yang sehat, nutrisi akan terserap sempurna dan tubuh si Kecil memiliki cukup ‘bahan bakar’ untuk terus tumbuh dan berkembang.

Segera deteksi gejala disentri yang mungkin muncul dan jangan ragu untuk membawanya ke dokter kepercayaan Mums. Untuk membantu Mums mencukupi nutrisi harian si Kecil, berikan juga Friso Gold 3. Dengan teknologi Locknutri, kualitas alami nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini akan membantu si Kecil agar kuat dari dalam sehingga tidak mudah terjangkit virus atau bakteri. Mums juga dapat berkonsultasi dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resminya melalui fitur live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang