Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kenali Habitat Hewan Sambil Berkemah di Dalam Rumah

Kenali Habitat Hewan Sambil Berkemah di Dalam Rumah

Wah, si Kecil semakin pintar ya? Saat ini, ia tentu sudah semakin mahir dalam menguasai berbagai keterampilan dasar. Untuk mendukung proses perkembangannya , ayo ajak si Kecil untuk bermain bersama sembari mengenalkannya dengan kehidupan di alam bebas.

Aktivitas Bersama si Kecil

Sebelum memulai, Mum dapat menyiapkan beberapa hal berikut ini:

  1. Cetaklah buku cerita binatang yang sudah kami siapkan dalam Info Pendukung Aktivitas di bawah ini. Jadikan satu setiap lembarnya hingga menjadi buku yang mudah dibawa ya, Mum.
  2. Siapkan juga boneka binatang sesuai yang tertera di dalam buku, atau download dan cetaklah gambar-gambar binatang yang sudah kami sediakan di Info Pendukung Aktivitas.
  3. Setelah selesai mengumpulkan hewan-hewan liar tersebut, sebarkan mereka di sekitar area rumah sesuai panduan yang tertera dalam buku cerita yang sudah Mum cetak, misalnya gajah bisa Mum letakkan di dekat wastafel karena gajah suka berendam dalam kubangan air.

Mari membuat kemah bersamanya! Untuk aktivitas ini, Mum tidak perlu langsung bepergian jauh. Bersama si Kecil, ayo sulap ruang keluarga menjadi area perkemahan dengan cara sebagai berikut:

  1. Mulailah dengan menggeser kursi dan meja di ruang keluarga Mum sehingga tercipta area kosong untuk permainan ini.
  2. Siapkan tenda sederhana (atau bisa juga dengan menyusun kursi dan menggelar kain/sprei di atasnya). Jika memungkinkan, Mum juga bisa menggunakan sleeping bag agar kegiatan kemah ini menjadi lebih menarik.
  3. Supaya suasana hutan terasa nyata, taruhlah beberapa pot tanaman dan bunga di sekeliling area.
  4. Tambahkan juga pernak-pernik lain agar kesan alam bebas semakin terasa di ruangan tersebut. Cobalah untuk menyebarkan dedaunan dan biji pinus di sekeliling tenda.

Setelah usai menyiapkan area perkemahan, ayo lanjutkan aktivitas dengan mengajaknya mencari hewan liar di alam bebas. Mum dapat mengikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama-tama, ajak si Kecil bermain dengan imajinasinya. Di dalam tenda yang sudah Mum bangun, ceritakan kepada si Kecil mengenai habitat hewan-hewan yang terdapat pada buku cerita. Mulailah kaitkan cerita di dalam buku dengan memberikan petunjuk-petunjuk lokasi boneka/mainan yang sudah disebar.
  2. Ajak si Kecil menebak habitat hewan yang dicarinya itu di sekitar rumah, misalnya dengan mengatakan, “Sayang, gajah kan suka berendam dalam kubangan air, jadi kira-kira di mana ya tempat di rumah ini yang ada airnya?”
  3. Hore, si Kecil berhasil menemukan hewannya!
  4. Setelah itu, kenalkan juga kepada si Kecil tentang kehidupan hewan-hewan itu di alam bebas. Ini akan mendorongnya untuk dapat berimajinasi lebih luas lagi.
  5. Mum, jangan lupa untuk meminta Dad merekam kegiatan seru antara Mum dan si Kecil ini ya, kemudian bagikan pada halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments sebagai inspirasi untuk Mum lainnya.

     

Manfaat Bagi Mum

Menurut Lawrence J. Cohen, Ph.D., psikolog dan penulis buku Playful Parenting, bermain bersama si Kecil juga memiliki keuntungan tersendiri bagi orang dewasa. Ketika bermain, Mum kembali terbawa masuk dalam dunia si Kecil, dimana kita dapat bebas mengekspresikan diri sendiri dengan leluasa. Hal ini tentu dapat mengingatkan kembali pada masa kecil kita dulu ya, Mum. Tak hanya itu, bermain bersama juga akan mempererat hubungan dan komunikasi antara Mum dan si Kecil.

Manfaat Bagi si Kecil

Dengan mengajaknya membayangkan alam bebas, permainan ini ikut membantu si Kecil dalam merangsang daya imajinasinya. Selain itu, kegiatan mencari hewan di alam liar ini dapat membuatnya semakin mengenal berbagai jenis hewan yang ada di alam liar serta habitat mereka masing-masing.

Info Gizi & Nutrisi

Bermain kemah-kemahan sambil mencari hewan liar tak hanya seru, tapi juga memberikan berbagai pengetahuan dan pengalaman baru bagi si Kecil. Agar ia dapat terus bermain dengan penuh semangat, saat ini ia membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang supaya kesehatannya dapat terus terjaga. Brokoli dapat menjadi pilihan untuk menjaga kekebalan tubuh si Kecil, dengan kandungan vitamin C yang berlimpah, sayuran ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal serta membantu menghindarkan si Kecil dari penyakit yang biasanya datang saat cuaca sedang tidak menentu seperti flu.

Lalu, bagaimana caranya agar si Kecil mau menyantap sayurannya? Cobalah untuk berkreasi dengan menggunakan saus pasta dan keju cair, sehingga si Kecil semakin tertarik untuk menyantap makanannya. Satu hal yang perlu diingat, usahakan brokoli dimasak tidak terlalu lama agar kandungan gizinya dapat dinikmati secara maksimal.

Kebutuhan nutrisi yang cukup akan membantu proses tumbuh kembang si Kecil. Pastikan Mum rutin memberikan susu pertumbuhan dengan kandungan Nukleotida, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Zinc, Zat Besi, Selenium, dan Kalsium untuk mendukung perkembangan si Kecil saat ini. Friso Gold 4 untuk anak usia 3-12 tahun dapat dijadikan pilihan bagi Mum dan si Kecil. Ini karena, Friso diproses dengan konsep Grass to Glass, yang membuat nutrisi di dalamnya tetap terjaga kualitasnya serta mudah diserap dalam tubuh si Kecil.