Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kenali Perubahan Ibu Hamil pada Trimester Dua

Kenali Perubahan Ibu Hamil pada Trimester Dua

Pada trimester dua, biasanya ibu hamil akanmengalami keadaan yang lebih baik daripada trimester pertama. Tak heran trimester ini disebut sebagai masa bulan madu, karena Mum sudah merasa lebih nyaman. Mum pun tetap membutuhkan makanan bergizi dan susu ibu hamil untuk memperkuat janin di dalam kandungan.

Di usia kehamilan ini ada beberapa perubahan ibu hamil, baik secara fisik maupun emosi, hingga perkembangan janin yang menakjubkan. Oleh karenanya, Mum perlu mengetahui perubahan-perubahan tersebut.

  1. Mual reda dan rahim yang membesar

    Perubahan kondisi ibu hamil di trimester dua biasanya ditandai dengan meredanya rasa mual. Rasa mual berangsur-angsur berkurang dan berhenti sama sekali. Namun, kadang-kadang ada juga ibu hamil yang masih mengalami morning sickness. Mual yang terjadi pada ibu hamil di trimester dua kemungkinan adalah tanda-tandakekurangan Vitamin B6. Jika ini terjadi, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi seputar kesehatan Mum dan tumbuh kembang janin.

    Meski mual sudah reda, mungkin Mum akan merasakan keluhan lain berupa rasa nyeri yang terjadi pada perut.

  2. Perubahan fisik

    Perubahan tubuh ibu hamil mulai tampak padaminggu ke-16. Jangan terkejut apabila Mum mengalami pinggang dan pinggul yangmelebar. Pertambahan ukuran tubuh ini disebabkan karena janin di dalam kandungan juga mengalami pertambahan berat. Pada saat ini Mum sudah memerlukanpakaian khusus ibu hamil. Selain ukuran, Mum juga akan menemukan stretch mark pada kulit tubuh. Stretch mark tersebut berupa garis-garisputih yang akan memudar setelah Mum melahirkan.

  3. Emosi yang tidak stabil

    Kondisi emosi ibu hamil mengalami perubahan yang nyata. Pada saat ini mungkin Mum akan mudah sedih. Biasanya ibu hamil juga mencemaskan keadaan tubuh yang berubah karena kehamilan ini. Untuk mengatasi berbagai emosi negatif, Mum bisa melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Belilah baju hamil yang lucu dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh dan kondisi perut yang membesar. Menghabiskan waktu ke salon untuk merawat rambut juga bisamenjadi aktivitas menyenangkan. Segelas susu ibu hamil pun bisa membantu Mum agar merasa tenang kembali.

  4. Perubahan gairah seks

    Memasuki kehamilan bulan keempat dan kelima, gairah seks Mum biasanya akan mengalami perubahan. Pada masa ini tubuh memproduksi hormon estrogen lebih cepat. Estrogen pada ibu hamil di trimester kedua terproduksi selama hitungan hari dengan jumlah yang sama dengan pada wanita yang tidak sedang hamil.

  5. Pertumbuhan janin

    Di trimester dua, Mum mulai dapat merasakan pertumbuhan janin di dalam perut. Hal ini ditandai dengan adanya tanda-tanda kehidupan berupa detak si Kecil yang mulai terdeteksi. Mum juga akan merasakan gerakan si Kecil di dalam perut. Penasaran, Mum? Tunggu hingga usia janin mencapai 16-20 minggu.

  6. Cemas akan proses melahirkan

    Menjelang trimester tiga, ada beberapa ibu hamil yang mengalami mimpi buruk. Tahukah, Mum? Mimpi buruk pada ibu hamil ini terjadi karena Mum mencemaskan proses kelahiran. Jangan heran ketika nanti Mum akan mengalami bangun tidur dalam keadaan berkeringat dingin karena mungkin mengalami mimpi buruk.

Berbagai perubahan pada tubuh dan emosi ibu hamil memang terkadang kurang menyenangkan. Tapi, ingatlah bahwa sebentar lagi trimester tiga akan datang, dan Mum akan segera meninggalkan masa kehamilan yang menakjubkan. Satu lagi, dukung kebutuhan nutrisi Mum dan janin dengan susu ibu hamil.

Frisomum Gold diperkaya dengan Protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh Mum. Baiknya lagi, Friso diproduksi dengan Single Process, di mana susu tidak dipanaskan secara berlebih, sehingga kualitas nutrisinya tetap terjaga dan mudah diserap tubuh. Dengan begitu, Mum bisa menikmati manfaat nutrisi susu ibu hamil dengan optimal.