Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kenalkan 4 Permainan Tradisional Ini pada si Kecil dan Rasakan Manfaatnya!

Kenalkan 4 Permainan Tradisional Ini pada si Kecil dan Rasakan Manfaatnya!

Bermain merupakan proses belajar si Kecil yang dimulai sejak saat ia lahir ke dunia ini. Memasuki usia satu tahun, si Kecil idealnya sudah memiliki beberapa kemampuan dasar, baik secara fisik maupun kecerdasan. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, Mums dapat mengenalkan pada permainan tradisional yang sarat akan nilai kehidupan dan dapat membantu memaksimalkan periode emas pertumbuhannya.

Sebenarnya, permainan yang ada pada gadget yang Mums miliki juga memiliki manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Namun demikian, untuk menyeimbangkan tumbuh kembang dan merangsang perkembangan kemampuan sosialnya, permainan tradisional diperlukan. Kebanyakan permainan tradisional mengandalkan interaksi dengan teman sebayanya, sehingga dapat melatih si Kecil untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain secara langsung.

Setidaknya ada 4 permainan tradisional yang bisa Mums kenalkan. Berikut daftarnya, lengkap dengan manfaat dan cara bermainnya, simak dan ajarkan pada si Kecil ya Mums!

Engklek

Permainan tradisional yang satu ini sangat awam dimainkan oleh anak perempuan, meski tidak menutup kemungkinan jika si Kecil laki-laki ingin memainkan permainan ini tentunya. Dimainkan pada media dengan beberapa kotakan sebagai tempat berpijak dan satu batu yang digunakan sebagai penanda tempat pertama si Kecil meloncat.

Caranya, si Kecil harus melempar batu ke dalam kotak yang tersedia, kotak dimana tempat batu tersebut mendarat tidak boleh dipijak dan harus dilompati ke kotak selanjutnya. Permainan akan selesai ketika salah satu pemain telah melewati setiap kotak yang tersedia. Manfaat dari permainan ini adalah melatih gerak fisik si Kecil dan memupuk ketangkasan kinetiknya. Selain itu, latihan keseimbangan juga masuk dalam manfaat utama serta membantunya membakar kalori.

Congklak

Adalah jenis permainan tradisional yang dimainkan dengan dua alat utama. Pertama adalah papan dengan beberapa lubang di setiap sisinya (14 lubang kecil dan 2 lubang besar di masing-masing ujungnya), dan biji-bijian sebagai alat bermain. Biji ini opsional dan dapat diganti dengan benda kecil apapun. Permainan ini dimainkan oleh dua orang saja.

Cara memainkannya adalah si Kecil mengambil biji yang ada di satu lubang, kemudian meletakkannya satu per satu ke lubang berikutnya hingga biji yang dipegangnya habis. Jika berhenti pada bagian lubang yang masih terdapat biji, biji tersebut diambil dan dibagikan lagi hingga biji yang berada di sisi masing-masing pemain habis dan tinggal yang ada di lubang besar saja.

Manfaat yang bisa didapatkan adalah dapat melatih otak kiri dan kanan untuk berpikir dan memperkirakan. Selain itu, congklak juga akan melatih si Kecil dalam menyusun strategi untuk mengumpulkan biji sebanyak mungkin. Yang terpenting permainan ini dapat melatih kesabaran si Kecil dan mengenalkannya pada giliran bermain dengan temannya.

Perepet Jengkol

Permainan Perepet Jengkol juga dikenal dengan sebutan Babi Pincang di beberapa daerah di Indonesia. Kini permainan ini sangat jarang dimainkan karena mungkin sudah tidak diminati lagi. Padahal manfaatnya cukup banyak, mulai dari merangsang kreativitas si Kecil serta kemampuan multitasking yang dimilikinya hingga keseimbangan dan motorik si Kecil.

Cara bermainnya adalah dengan berdiri saling membelakangi (biasanya dimainkan oleh 4 orang), lalu saling memegang tangan satu sama lain hingga membentuk lingkaran. Setelah itu, setiap pemain mengaitkan satu kakinya dengan pemain lain hingga setiap pemain tinggal memiliki satu kaki untuk berpijak. Setelah itu, pemain melepaskan pegangan tangannya dan berusaha menjaga keseimbangan sambil menyanyikan lagu yang diberikan oleh pengarah permainan. Sebagai tantangan, pemain bisa melakukannya sambil melompat membentuk lingkaran hingga kelompok tersebut berputar perlahan. Seru bukan Mums?

Egrang

Permainan ini sebenarnya cukup sulit dan berbahaya jika dimainkan oleh anak-anak, mungkin Mums dapat mengenalkannya terlebih dahulu sebelum meminta si Kecil mencobanya. Alat yang digunakan adalah dua batang bambu dengan pijakan yang dibuat 30 cm dari ujung bawah bambu. Nantinya, bambu ini dinaiki oleh pemainnya, dan kemudian si permain berjalan sambil menyeimbangkan tubuhnya.

Manfaat dari permainan ini adalah dapat melatih si Kecil menemukan titik keseimbangan ketika berdiri di egrang yang digunakannya. Si Kecil juga akan terlatih otot bagian tangan, koordinasi anggota tubuh serta kekuatan pijakan. Ketika dimainkan dengan benar, egrang juga dapat memberikan kebahagiaan karena adu cepat yang dilakukan bisa sangat seru dan mengasyikkan. Tapi ingat ya Mums, pastikan untuk selalu mengawasi si Kecil, mengingat permainan ini cukup berbahaya dan perlu kehati-hatian dalam memainkannya.

Permainan tradisional, dalam banyak konteks, dapat memberikan stimulus yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya, Mums juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Lengkapi asupan nutrisi dengan Friso Gold 3 setiap hari. Dengan teknologi Locknutri yang melindungi nutrisi dalam kondisi alami selama proses produksi susu, tanpa pemanasan berlebih, kualitas nutrisi akan terjaga dan lebih mudah diserap tubuh si Kecil. Ini membantu si Kecil kuat dari dalam dan lebih mudah menyerap stimulus yang diberikan padanya.