Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kenalkan Hewan Liar yang Hidup di Gunung, Yuk!

Kenalkan Hewan Liar yang Hidup di Gunung, Yuk!

Mum, seiring bertambahnya usia si Kecil, semakin besar pula rasa penasaran yang ia miliki. Besarnya rasa penasaran tersebut tentu memengaruhi keinginannya untuk belajar banyak hal baru. Oleh sebab itu, yuk asah kemampuannya sejak dini dengan permainan interaktif dan edukatif. Misalnya dengan mengenalkan ragam hewan liar yang hidup di gunung melalui buku bergambar. Kemampuan alami si Kecil untuk meniru apa yang ia lihat dan dengar bisa melatihnya untuk memahami hal-hal yang lebih detail.

Aktivitas Bersama Si Kecil

  1. Hewan-hewan apa yang diketahui si Kecil saat ini? Anjing,kucing, atau kelinci? Kini, Mum bisa mengenalkannya tentang apa hewan-hewan yang tinggal di gunung,contohnya beruang, kucing hutan yang menggemaskan, sampai kambing hutan yang bertanduk panjang.
  2. Untuk mengenalkan hewan-hewan liar yang hidup di gunung, Mum perlu menyiapkan buku bergambar tentang hewan yang bisa didapat di toko buku.
  3. Jika sudah menyiapkan buku bergambar tersebut, Mum bisa memulai aktivitas ini bersama si Kecil di saat ia sedang rileks. Sebelum memulainya, pastikan si Kecil dalam posisi yang nyaman, misalnya sambil duduk di sofa.
  4. Tunjukkan gambar hewan kepadanya dan deskripsikan tentang hewan yang ada di buku tersebut sembari menirukan suara mereka, misalnya beruang tubuhnya besar dan suaranya mengaum.
  5. Mum juga bisa membuat variasi aktivitas dari kegiatan ini. Misalnya, mengucapkan "I love you" dengan suara-suara hewan liar. Dengan begitu, ia akan tergelak ketika mendengarnya.
  6. Berikan deskripsi di setiap gambar, lalu tanyakan kembali padanya. Pastikan si Kecil mendengarkan dengan baik, sehingga ketika gilirannya datang, ia bisa menjelaskan kepada Mum.
  7. Jangan lupa rekam aksi menggemaskannya saat meniru suara hewan ke dalam video ya, Mum.Nanti, sharepengalaman seru Mum bersama si Kecil ini ke Mums lainnya melalui FB page Friso Indonesia atau Twitter @FrisoIDdengan hashtag #FrisoMoments. Cerita Mum pasti bisa menginspirasi mereka!

Info Pendukung Aktivitas

Berikut adalah beberapa hal yang perlu disiapkan untuk memulai aktivitas seru ini:

  1. Buku tentang dunia hewan untuk anak-anak.
  2. Bantal-bantal yang nyaman untuk bersandar.

Manfaat Bagi Mum

Mungkin Mum juga baru pertama kali mengenal hewan liar yang hidup di gunung hingga sedetail ini. Tidak apa-apa kok, Mum. Justru hal ini bisa membuat si Kecil merasa sedang belajar bersama teman terbaiknya. Aktivitas ini juga merupakan kesempatan bagi Mum untuk melatih kemampuan dalam mendeskripsikan sesuatu. Sebab, semakin besarusia si Kecil, maka semakin banyak hal yang akan ia tanyakan dan membutuhkan jawaban detail dari Mum.

Manfaat Bagi Si Kecil

Banyak manfaat yang didapatkan oleh si Kecil melalui aktivitas ini. Pertama, yaitu meningkatkan keterampilan bicara si Kecil melalui sederet kosa kata yang baru ia dengar. Selain itu, kegiatan ini tentu membuka wawasan si Kecil tentang aneka satwa liar di luar sana. Baiknya lagi, aktivitas seru ini juga bisa menstimulasi imajinasinya tentang hal-hal baru yang berlum pernah ia temui.

Info Gizi & Nutrisi

Pada usia 2- 2½ tahun , si Kecil sedang giat-giatnya mempelajari banyak hal baru di sekitarnya. Agar aktivitas belajarnya lebih nyaman, tentunya ia butuh asupan yang kaya gizi. Berikan si Kecil asupan penuh nutrisi yang tidak hanya baik bagi pencernaannya, tetapi juga bagi imunitasnya. Yoghurt sebagai camilan sehat bisa menjadi salah satu pilihan. Ini karena kandungan Prebiotiknya bisa membantu memerangi bakteri ‘jahat’ dalam sistem pencernaan si Kecil.

Selain camilan sehat, penuhi juga kebutuhan nutrisinya sehari-hari dengan rutin memberikan susu pertumbuhan. Susu diperkaya dengan ALA, LA, Nukleotida, Vitamin A, C, dan E, serta Zinc, Zat Besi, dan Selenium. Susu premium yang berasal dari sapi-sapi unggulan tersebut diolah melalui teknologi khusus yang dikontrol oleh para ahli. Konsep ‘Made by Nature, Enhanced by Science’ ini diterapkan dalam setiap proses produksi susu karena Friso ingin memastikan kualitas nutrisi alami susu bisa terus terlindungi sampai ke gelas si Kecil.