Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Kenalkan Keluarga Besar kepada si Kecil lewat Nyanyian

Mum, apakah si Kecil sudah dekat dengan anggota keluarga lain di rumah? Seiring dengan perjumpaannya setiap hari, Si Kecil biasanya sudah bisa mengenal mereka dengan baik saat ini. Hal ini didukung juga oleh perkembangan kemampuan melihatnya yang membuat ia mampu membedakan wajah anggota keluarga yang ada di sekelilingnya. Oleh sebab itu, inilah saat yang tepat untuk mulai mengenalkan si Kecil dengan keluarga yang lain, seperti Kakek dan Neneknya. Di tengah-tengah acara keluarga nanti, mari ajak mereka semua untuk ikut bernyanyi dan bermain bersama si Kecil.

Aktivitas Bersama si Kecil.

  1. Ajaklah seluruh keluarga besar untuk duduk mengitari si Kecil di tengah. Ini akan memudahkannya untuk dapat memperhatikan wajah masing-masing anggota keluarga. Mum juga dapat menggunakan Tidy-Up Mat sebagai alas duduk sekaligus untuk menandakan posisi si Kecil saat bermain.

  2. Mari bernyanyi! Pasanglah lagu yang sudah Mum siapkan tersebut, lalu nyanyikan bersama sambil bertepuk tangan.

  3. Di tengah-tengah lagu, mintalah anggota keluarga untuk mengangkat tangan setiap kali nama mereka disebutkan dalam lirik lagu sambil mengajak si Kecil untuk berjalan menghampiri mereka untuk memberikan pelukan hangat. Mum, usahanya yang sungguh-sungguh saat mencoba berjalan ini tentu sungguh membanggakan, ya.

  4. Ulanglah lagu ini beberapa kali agar si Kecil dapat menghafal urutan anggota keluarga yang disebutkan dalam lagu.

  5. Si Kecil sudah mampu menebak masing-masing anggota keluarganya, Mum? Mari mengajak ia bercanda sambil mengujinya. Bisikkan kepada Kakek atau Nenek untuk meminta mereka berpura-pura mengangkat tangan meskipun namanya belum disebut. Coba perhatikan, apakah si Kecil bingung atau sudah mengetahui kalau anggota keluarganya itu tidak sama dengan yang disebut dalam lagu?

  6. Saat bermain, ajaklah Dad untuk mengabadikan momen-momen ceria saat si Kecil bernyanyi dan mencoba berjalan. Ini tentu dapat menjadi kenangan indah atas momen tumbuh kembangnya saat ini. Jangan lupa, Mum juga dapat membagikan rekaman aktivitas ini melalui halaman Facebook kami di Friso Indonesia dan twitter @FrisoID dengan menggunakan hashtag #FrisoMoments.


Manfaat Bagi Mum

Melihat usaha si Kecil saat berusaha menebak serta berjalan menghampiri Kakek dan Neneknya tentu merupakan suatu momen yang membanggakan bagi Mum. Aktivitas bermain seperti ini pun menjadi kesempatan yang baik bagi Mum untuk dapat mengamati perkembangan emosional si Kecil yang bisa terlihat melalui gelak tawanya saat berhasil memeluk keluarga serta tangisan kecewanya ketika berdiri dan terjatuh.

Manfaat Bagi si Kecil

Bernyanyi dan bermain bersama keluarga besarnya merupakan sarana yang menyenangkan untuk mengenalkan si Kecil terhadap anggota keluarga yang jarang ditemuinya, sekaligus memperluas lingkungan sosialnya. Kegiatan tersebut juga ikut mendukung perkembangan kemampuannya di masa pertumbuhan ini. Seperti yang diungkapkan oleh Daniel Dwase, editor dari situs Child Development Institute, bernyanyi sambil menari dapat menambah pengetahuan si Kecil terhadap ritme dan bahasa, serta melatih koordinasi antar anggota tubuhnya.

Info Gizi Nutrisi

Aktivitas bermain yang aktif seperti bernyanyi dan menari tentunya membutuhkan energi yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, dibutuhkan asupan energi yang cukup agar si Kecil tidak mudah lelah dalam beraktivitas setiap harinya, salah satunya dari kalori. Di usianya ini, anak usia 1 tahun biasanya membutuhkan 900 kalori/hari yang bisa didapatkannya dari makanan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, dan jagung, Walaupun begitu, Mum sebaiknya tidak memberikan makanan dengan kalori kosong untuknya (makanan berkalori yang tidak memiliki kandungan nutrisi sama sekali).

Selain kalori, protein merupakan sumber energi yang baik bagi si Kecil. Kandungan ini juga bisa Mum temukan dalam susu pertumbuhan seperti Friso Gold 3. Lewat konsep “grass to glass”, proses produksinya pun membuat nutrisi alami yang terkandung di dalamnya menjadi lebih mudah untuk dicerna dan terjaga kualitasnya.