Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif
Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai. Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui. Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.
Ketahui 4 Ciri Bayi Sehat [Indikator Fisik & Sosial]

Ketahui 4 Ciri Bayi Sehat [Indikator Fisik & Emosional]

Memiliki bayi sehat dan lucu tentu dambaan setiap orang tua, tidak terkecuali Mums, benar begitu bukan? Bayi sehat, dalam konteks tumbuh kembang sebenarnya dapat dilihat dari beberapa indikator. Memang terdapat beberapa milestone yang bisa Mums jadikan patokan, namun satu yang paling wajar adalah pertambahan berat badan si Kecil.

Meski demikian, indikator bayi sehat yang tumbuh dengan optimal tidak hanya dilihat dari faktor ini saja. Faktor tumbuh kembang fisik secara umum, faktor tumbuh kembang psikis serta kemampuan sosial juga dapat menjadi indikator bahwa bayi benar-benar tumbuh sehat dan sesuai dengan usianya. Lalu apa saja sebenarnya indikator yang dapat menjadi acuan untuk hal ini? Mums bisa menyimak beberapa di bagian selanjutnya.

  1. Peningkatan Berat Badan

    Secara umum, indikator fisik paling nampak dari tumbuh kembang si Kecil yang ideal adalah peningkatan berat badan yang dialami si Kecil. Pada umumnya, acuan untuk melihat tumbuh kembang ideal bayi sehat adalah peningkatan berat badan sebesar 150 hingga 200 gram setiap minggunya pada 6 bulan pertama. Selanjutnya, pada usia 6 hingga 12 bulan, peningkatan berat badan berkisar antara 85 hingga 140 gram setiap minggunya.

    Peningkatan berat badan ini tentunya harus didukung dengan asupan ASI eksklusif dan pemberian MPASI yang tepat. Idealnya, dengan asupan makanan yang baik, berat badan ideal ini akan tercapai dan si Kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terkena gangguan pencernaan atau penyakit.

  2. Ketenangan di Dekat Mums

    Ketika si Kecil baru lahir, intensitasnya menangis idealnya sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena menangis adalah cara si Kecil berkomunikasi dengan orang disekitarnya untuk menyampaikan apa yang ia butuhkan. Untuk menenangkan si Kecil, sentuhan Mums tentu adalah obat paling mujarab. Nah, seiring pertambahan usia si Kecil, ia akan memiliki perkembangan emosional di mana lambat laun akan menyadari dan dapat mengenali sentuhan lembut Mums. Kecenderungannya, semakin bertambah usia si Kecil maka ia akan semakin mudah ditenangkan dengan sentuhan Mums.

    Hal ini karena si Kecil mengalami perkembangan emosional serta peningkatan kualitas ikatan Mums dengan si Kecil. Ketenangan ini juga dapat jadi salah satu indikator si Kecil sehat secara emosional dan mengalami pertumbuhan yang ideal.

  3. Ketertarikan dengan Lingkungan

    Bayi sehat dengan tumbuh kembang ideal juga dapat dilihat dari atensinya pada lingkungan sekitar. Pernahkan Mums melihat si Kecil mulai memperhatikan satu objek secara fokus? Ini menunjukkan si Kecil mulai memiliki peningkatan fokus pada lingkungan sekitarnya. Si Kecil juga biasanya mulai memperhatikan apa yang Mums lakukan atau orang lain lakukan.

    Proses ini menunjukkan si Kecil mulai memiliki ketertarikan dengan lingkungan sekitarnya. Jika dilihat lebih jauh, ketertarikan ini adalah wujud perkembangan kemampuan koordinasi mata si Kecil karena mulai dapat mengontrol arah pandangan dan melihat sesuatu dengan lebih fokus.

  4. Mampu Mengangkat Kepala

    Gerakan mengangkat kepala mungkin untuk orang dewasa merupakan hal mudah. Namun pada bayi, gerakan mengangkat kepala ini merupakan satu progres baik yang menunjukkan bahwa tumbuh kembangnya ideal dan si Kecil sehat. Meski hanya beberapa detik saja, ini sudah bisa jadi tanda bahwa tubuh si Kecil tumbuh dengan baik karena kekuatannya terus meningkat.

    Pada usia 3 bulan, umumnya si Kecil sudah dapat mengangkat kepala lebih lama. Massa otot mulai berkembang dan kekuatannya terus bertambah. Kemampuan mengangkat kepala ini merupakan awal dari kemampuan tengkurap, berguling hingga duduk dan berdiri.

Pendampingan dan Stimulus

Semua tanda bayi sehat di atas dapat dilihat pada si Kecil yang tumbuh ideal dan sesuai dengan usianya. Tentu saja, asupan makanan, perhatian serta kasih sayang dari Mums sangat diperlukan dalam proses ini. Tujuannya sederhana, agar tumbuh kembang si Kecil dapat senantiasa terkontrol dan tepat waktu. Stimulus fisik seperti pijatan misalnya, usapan lembut, pelukan hangat serta suasana tidur yang kondusif dapat menjadi faktor pendukung yang sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si Kecil.

Ketika si Kecil telah menunjukkan beberapa tanda di atas, dapat dipastikan bahwa si Kecil sudah memenuhi kriteria sebagai bayi sehat. Yang diperlukan selanjutnya adalah kontrol yang ketat pada proses tumbuh kembang serta asupan nutrisi, sehingga kebutuhan nutrisi hariannya dapat terus terpenuhi demi tumbuh kembang ideal.

Ciri bayi sehat yang telah diungkapkan di artikel ini merupakan ciri ideal saja. Mungkin si Kecil mengalami sedikit ketidaksamaan pada waktu atau usia seperti yang dijelaskan di atas. Namun Mums tak perlu khawatir, usia tersebut hanya acuan umum saja. Perkembangan dan pertumbuhan si Kecil memiliki lini masanya masing-masing. Pastikan saja bahwa asupan nutrisi dan stimulus yang diberikan sudah sesuai dengan apa yang dokter sarankan. Sisanya, biarkan si Kecil tumbuh alami dan nikmati prosesnya.