Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ketahui 4 Ciri Pencernaan Sehat Si Kecil

Ketahui 4 Ciri Pencernaan Sehat Si Kecil

Pada tubuh manusia, saluran cerna yang sehat akan memberikan output tubuh yang sehat pula. Pada konteks tumbuh kembang anak-anak, pencernaan yang sehat akan memberikan tumbuh kembang yang optimal, baik dari segi fisik maupun kecerdasannya. Mengapa bisa demikian? Sebab setiap nutrisi yang diperlukan si Kecil akan bersumber dari makanan yang dikonsumsinya.
Pola makan yang sehat tersusun dari waktu yang stabil dan komposisi yang seimbang. Kebutuhan setiap nutrisi akan didapatkan dari berbagai jenis makanan. Ketika makanan ini masuk ke dalam tubuh melalui sistem pencernaan, di sini dimulai peran sistem pencernaan tersebut. Penyerapan nutrisi akan berjalan optimal, sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang.
Ketika si Kecil memiliki pencernaan yang sehat, ia tak hanya akan tumbuh dengan optimal Mums, namun si Kecil juga akan memiliki daya tahan tubuh yang baik, mood yang riang serta kemampuan belajar yang maksimal. Ini mengapa penting untuk menjaga kesehatan pencernaan si Kecil dengan menerapkan pola hidup sehat dengan konsumsi makanan yang seimbang.
Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa pencernaan si Kecil dalam kondisi sehat? Berikut terdapat 4 poin yang bisa Mums jadikan acuan. Meski tidak serta merta harus sama persis, namun setidaknya penjelasan di bawah akan memberikan gambaran untuk Mums. Simak selengkapnya ya!

Penyerapan Nutrisi Sempurna

Pencernaan sehat dapat diketahui ketika proses pencernaan nutrisi yang terkandung dalam makanan dapat berjalan dengan optimal. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan yang masuk akan dicerna dan diserap nutrisinya sehingga dapat memenuhi kebutuhan tumbuh kembang si Kecil. Memang hal ini tidak dapat diketahui secara instan, namun perlu beberapa waktu untuk melihatnya.
Asupan nutrisi, baik dari makanan padat maupun makanan cair, memiliki peran masing-masing dalam tumbuh kembang si Kecil, Vitamin A misalnya saja, diperlukan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan organ mata si kecil. Lalu Vitamin C, berperan besar untuk membentuk dan meningkatkan daya tahan tubuh si kecil dari virus dan penyakit.

Pergerakan Makanan yang Baik

Makanan yang akan dicerna akan masuk dari mulut. Setelah dikunyah, maka makanan akan bergerak dari mulut ke kerongkongan, lalu ke bagian usus dan lambung, kemudian baru dibuang. Pada bagian usus ini nutrisi kemudian diserap dan dimanfaatkan untuk keperluan tumbuh kembang si Kecil. Ketika makanan bergerak secara lancar, maka pencernaan sehat sudah dimiliki oleh si Kecil.
Tanda yang paling mudah untuk dilihat dari pergerakan makanan ini adalah si Kecil tidak merasakan mual dan muntah setelah makanan. Artinya, makanan dapat bergerak dengan lancar dan dicerna dengan baik, sehingga tidak ada makanan yang berhenti atau menimbulkan efek buruk pada pencernaannya. Dapat dilihat pula dari frekuensi BAB yang rutin dan feses tidak encer atau terlalu padat.

Kekebalan Tubuh

Ketika makanan dapat diserap sempurna oleh tubuh si Kecil, kekebalan tubuh akan terbangun. Sistem kekebalan tubuh hanya akan kuat jika mendapatkan asupan nutrisi yang juga cukup seperti misalnya Vitamin C. Sistem kekebalan tubuh ini akan berfungsi melawan kuman, virus dan bakteri penyebab penyakit yang ada dilingkungan sekitar.
Tidak hanya itu, kekebalan tubuh si Kecil juga akan berperan besar menjaga kesehatan organ pencernaan dari infeksi bakteri jahat. Ketika nutrisi terserap sempurna, kekebalan akan terbentuk dengan baik, dan si Kecil tidak mudah sakit.

Keseimbangan Mikrobiota

Dalam tubuh si Kecil, terdapat mikrobiota yang hidup dan berkembang. Mikrobiota ini memiliki perannya masing-masing, dan harus selalu terjaga keseimbangannya. Tentu, keseimbangan ini hanya akan didapat dengan pola hidup sehat serta asupan nutrisi yang tercukupi. Ketika terjadi ketidakseimbangan, maka si Kecil akan mengalami penyakit atau gangguan kesehatan.
Memang pada poin terakhir ini Mums tidak dapat melihatnya dengan kasat mata karena semua terjadi di dalam tubuh si Kecil. Namun Mums bisa dengan mudah mengetahui kondisi ini ketika Mums melakukan pemeriksaan kesehatan rutin pada si Kecil. Mums bisa menanyakan langsung pada dokter kepercayaan Mums, dan meminta arahan dengan lengkap untuk menjaga keseimbangan ini.

Terpenuhinya nutrisi yang diperlukan tubuh si Kecil menjadi awal yang baik untuk menjaga kesehatan saluran dan organ pencernaannya. Asupan makanan bergizi, waktu makan teratur serta istirahat dan aktivitas yang seimbang akan memberikan si Kecil semua yang diperlukannya untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal.
Untuk membantu si Kecil memiliki pencernaan sehat, Mums bisa memberikan Friso Gold 3. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap dan didukung teknologi Locknutri, kebutuhan nutrisi hariannya akan terpenuhi dan si Kecil akan kuat dari dalam. Teknologi ini membantu menjaga kualitas alami nutrisi yang ada sehingga lebih mudah dicerna dan diserap tubuh si Kecil. Mums juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Ahli Nutrisi Alami Friso (ANA) pada situs resminya dengan live chat.

Selamat! Mums beruntung berkesempatan mendapatkan Free Sample dari Friso!

Daftar Sekarang