Lompat ke isi utama
ASI Eksklusif

Pemberian ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat. Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan merupakan cara optimal untuk memberi makan kepada bayi. Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih.

Nutrisi ibu yang baik membantu mempertahankan persediaan dan kualitas ASI yang memadai.

Pengenalan pemberian susu botol secara tidak benar, sebagian atau seluruhnya, atau makanan dan minuman pelengkap lainnya dapat memberikan dampak negatif pada proses menyusui, yang mungkin tidak dapat dipulihkan lagi.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan pertimbangkan implikasi sosial dan finansial sebelum memutuskan untuk menggunakan pengganti ASI atau jika Anda mengalami kesulitan dalam menyusui.

Ikuti petunjuk penggunaan, persiapan dan penyimpanan pengganti ASI atau makanan dan minuman komplementer lainnya dengan hati-hati karena penggunaan yang tidak tepat atau tidak diperlukan dapat menimbulkan bahaya terhadap kesehatan.

Ketahui 4 Manfaat Yogurt untuk si Kecil Berikut ini Ya Mums!

Ketahui 4 Manfaat Yogurt untuk si Kecil Berikut ini Ya Mums!

Dalam masa tumbuh kembang si Kecil, pendampingan Mums serta asupan nutrisi yang cukup menjadi pilar utama agar prosesnya dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil maksimal. Dalam memilih makanan juga Mums dituntut agar memahami nutrisi dan manfaat yang akan dirasakan oleh si Kecil. Nah, salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan manfaat sangat kaya adalah yogurt. Apa manfaat yogurt? Apa saja nutrisinya? Mums bisa menemukan penjelasannya di artikel ini.

Yogurt merupakan salah satu jenis produk susu sapi yang difermentasi. Produk ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya, serta rasa yang nikmat. Namun demikian demi keamanan si Kecil, yogurt disarankan diberikan setelah si Kecil melewati usia 1 tahun. Hal ini karena sifat asam yang dimiliki yogurt tidak cocok dengan kemampuan organ pencernaan si Kecil yang belum berkembang sempurna.

Jika dilihat manfaat dan kandungannya, mungkin akan lebih nampak jika Mums menyimak beberapa poin berikut ini.

Pertumbuhan Tulang si Kecil

Karena yogurt berasal dari susu sapi, kandungan Kalsium yang dimilikinya juga terbilang cukup besar. Pada perbandingan sederhana, 8 ons yogurt mengandung 400 miligram Kalsium, sedangkan dalam jumlah yang sama, susu hanya mengandung 100 miligram Kalsium. Ini mengapa yogurt juga dapat menjadi salah satu sumber Kalsium yang baik untuk anak-anak.

Kandungan lain yang juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang adalah Vitamin D. jumlah VItamin D yang terkandung juga cukup banyak sehingga dapat membantu Mums memenuhi kebutuhan harian VItamin D si Kecil. Dengan kudapan yang simple dan sehat, Mums dapat memberikan nutrisi yang sangat beragam untuk memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Kandungan Vitamin yang Kaya

Seperti yang diungkapkan sebelumnya yogurt juga memiliki berbagai kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Nutrisi yang terkandung antara lain adalah Kalium, Fosfor, Vitamin B5, Zinc, Yofium, Riboflavin dan Vitamin B12. Nutrisi tersebut akan berperan menjaga sel darah merah dan menjaga kerja sistem saraf pada anak.

Berat Badan Ideal dengan Konsumsi Yogurt Rutin

Karena yogurt dapat membantu melancarkan pencernaan si Kecil, secara langsung hal ini juga akan membantu si Kecil terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan. Dengan pencernaan yang lancar idealnya si Kecil akan mempu menyerap berbagai nutrisi dengan optimal sehingga tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal tanpa harus beresiko meningkatkan berat badan secara signifikan.

Mengandung Prebiotik yang Baik untuk Organ Pencernaan

Salah satu manfaat konsumsi yogurt secara rutin adalah tubuh si Kecil mendapatkan asupan Prebiotik dalam jumlah yang ideal, sehingga dapat berdampak baik pada kesehatan dan fungsi saluran pencernaannya. Seperti Mums ketahui, Prebiotik dapat membantu menjaga jumlah bakteri baik dalam organ pencernaan terjaga dalam titik ideal.

Salah satu fungsi utama bakteri ini adalah untuk menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan sehingga dapat diteruskan ke seluruh tubuh dan menjadi bahan bakar utama tumbuh kembang si Kecil. Ini mengapa, yogurt disarankan untuk menjadi salah satu jenis makanan yang dikonsumsi secara rutin ketika si Kecil berada dalam masa pertumbuhan, mengingat peran bakteri baik yang sangat besar untuk optimalnya tumbuh kembang si Kecil.

Jumlah bakteri baik dalam organ pencernaan harus selalu dijaga karena bakteri baik ini juga berperan untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Dengan kebutuhan Prebiotik yang tercukupi, maka gangguan pencernaan seperti kolik dan diare juga dapat diminimalisir. Hal ini tentu senada dengan optimalisasi masa tumbuh kembang, karena dengan organ pencernaan yang sehat maka tumbuh kembang si kecil juga akan berjalan maksimal.

Dengan banyaknya manfaat yogurt yang bisa didapatkan oleh si Kecil, tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk diberikan pada si Kecil. Selain memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya, yogurt juga terbilang mudah disajikan. Yogurt dapat dinikmati secara langsung atau dengan tambahan beberapa topping, sesuai dengan selera si Kecil.

Nah, dalam memilih produk yogurt yang baik, yang harus dipastikan adalah bahwa yogurt  tersebut tidak mengandung pemanis tambahan atau pewarna tambahan. Bahan kimia tambahan semacam ini dapat memberikan resiko dampak buruk untuk si Kecil, sehingga Mums harus cermat ketika memilih produk yogurt yang akan diberikan pada si Kecil.

Setelah mengetahui manfaat yogurt, tentu Mums sudah mulai mempertimbangkan untuk memasukkan makanan ini ke dalam menu si Kecil bukan? Pemenuhan kebutuhan nutrisi harian si Kecil harus terus dilakukan demi optimalnya tumbuh kembang yang dialaminya. Tentu, pemberian makanan bernutrisi lain juga diperlukan, seperti buah, sayuran, daging, serta ikan dan susu. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi hariannya, Mums dapat memberikan Friso Gold 4. Friso Gold 4 memiliki kandungan nutrisi alami yang terjaga kualitasnya, sehingga mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Dengan metode Single Process, di mana susu hanya melalui satu kali proses pemanasan tanpa suhu yang berlebihan sehingga dapat menjaga kualitas alami nutrisi yang ada di dalamnya.